Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Resep Makanan Ringan Sederhana Yang Mampu Dibentuk Di Rumah

Hari ini di rumah aja? Agar tidak bosan, kamu mampu hidangkan kudapan sederhana dengan bahan-materi yang gampang dicari – bahkan telah tersedia stoknya di kulkasmu. Sebut saja bahan masakan dasar seperti tahu, telur, dan tepung terigu. Biasanya bahan kuliner ini masuk ke daftar belanja bulanan para ibu.


Camilan sederhana berikut ini bisa dihidangkan di sore hari bareng teh atau kopi hangat. Namun, ada beberapa resep yang juga cocok lho disuguhkan selaku sajian pendamping ketika makan siang. Yuk, kita intip satu persatu resepnya!


1. Resep tahu crispy, yang sedang terkenal


Renyahnya tahu crispy mampu membuatmu lebih semangat bekerja di rumah. Tak perlu jajan di luar, tahu kriuk renyah yang lagi beken ini bisa kok kamu buat sendiri di rumah. Jenis tahu yang kita perlukan ialah tahu pong atau tahu Sumedang yang bab kulitnya agak tebal. Selanjutnya tinggal kita siapkan tepung terigu dan Royco Kaldu Ayam supaya rasanya makin spesial.


Simak resep tahu crispy, dan cocol dengan saus sambal!


2. Resep bakwan, makanan ringan sederhana sejuta umat


Hasil masak resep bakwan jagung dengan garnish di atasnya.
Aneka resep bakwan yang mampu dicoba di rumah. (Foto: Shutterstock)

Tak lengkap rasanya bila ngomongin kudapan, tanpa bakwan. Gorengan tradisional ini telah melegenda rasanya. Ada banyak jenis bakwan yang bisa kau coba, mulai dari bakwan sayur, bakwan tahu, sampai bakwan jagung. Kamu bisa memilih protein mana yang paling kamu suka. Intip aneka resep bakwan dan hidangkan bersama sambal kecap yang nikmat.


3. Resep cilok, favorit dari kota Bandung


Tantang dirimu untuk menciptakan cilok sendiri di rumah. Jajanan yang sering ada di pinggir jalan ini, mampu kamu olah dengan model lebih lezat dan lebih bersih tentunya. Bahan utamanya adalah tepung tapioka dan tepung terigu. Agar lebih nikmat, kamu mampu menyertakan air kaldu ayam ke dalam olahan cilok. Tak sabar ingin menikmatinya? Yuk, simak resep cilok ini!


4. Resep cireng keju, makanan ringan dengan twist baru


Selain cilok, penganan yang sering bikin kangen ialah cireng. Cireng yang berarti “aci digoreng” ini menggunakan 100% tepung tapioka, tanpa tambahan tepung terigu. Hal ini yang menjadikannya sangat kenyal. Nah, agar makin spesial kita tambahkan keju dalam adonannya. Penasaran mirip apa rasanya? Intip resep cireng keju ini.



5. Resep jamur crispy, ingin tambah terus


Resep kudapan sederhana berikutnya bisa kita olah menggunakan jamur. Agar rasanya lebih Istimewa dari kue di luar, kita racik saus padang selaku paduannya. Kerenyahan jamur crispy dengan saus pedas ini bakal bikin kita lebih betah di rumah. Yuk, kita intip resep jamur crispy ini. Oh ya, jamur crispy juga bisa jadi hidangan pendamping makan siangmu.


6. Resep tahu pletok, paling memanjakan


tahu pletok telah tersaji
Resep tahu pletok yang mampu dicoba di rumah. (Foto: MAHI)

Camilan tradisional yang tak boleh kita lewatkan, salah satunya yakni tahu pletok. Sajian ini adalah campuran dari tahu kuning dan gabungan aci yang nikmat. Kaprikornus cocok nih buat kamu yang suka cireng atau cimol. Cara membuatnya juga tidak rumis. Simak resep tahu pletok ini ya. Disajikan sore hari saat hujan, pastinya akan susah ditolak!


7. Resep seblak, senantiasa saja kondang


Sajian dari Tanah Pasundan ini juga mampu kamu coba di rumah. Camilan berbahan dasar kerupuk bawang ini punya rasa yang khas dari kencur. Nah, kau mampu berinovasi menambahkan topping-nya. Mulai dari ceker ayam, bakso, sosis, sampai makaroni, cocok lho dimasukkan ke dalam seblak. Atur level pedas sesuai keinginanmu ya. Simak resep seblak kuah khas Sunda supaya situasi di rumah lebih hangat.


8. Resep churros, cakwe a la Spanyol


Resep churros keju dengan lumuran cokelat.
Selain dengan gula putih, resep churros keju juga cocok tersaji dengan lelehan cokelat. (Foto: MAHI)

Lebih suka kuliner elok? Kamu bisa kok menciptakan resep kudapan sederhana ala Eropa tanpa banyak upaya. Salah satunya dengan mengolah resep churros satu ini. Bahan dasarnya ialah tepung terigu. Bedanya, kita tambahkan gula dan topping cokelat yang yummy. Kamu juga boleh menyertakan topping lain seperti keju atau ice cream.


Dari delapan resep di atas, mana yang paling menarik perhatianmu? Yuk, kita langsung ke dapur dan meracik sendiri camilan yummy di rumah.