Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hidangan Sahur Sehat Dan Nikmat Semoga Puasa Makin Semangat

Sahur jadi momen penting untuk menjaga kebugaran badan selama berpuasa. Tentunya kita mesti menentukan menu sahur sehat yang menyanggupi keperluan gizi harian mulai dari protein, karbohidrat, dan serat.


Kali ini tim MAHI berbagi lima resep sajian sahur sehat yang mudah diikuti. Kita bisa mempersiapkan makanan sahur dari satu malam sebelumnya, supaya saat dini hari tak perlu repot masak dari nol lagi. Menu apa saja yang bisa kita pilih? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini!


1. Ayam panggang ketumbar, istimewa dikala sahur



Untuk menyanggupi kebutuhan protein, kita mampu menghidangkan olahan ayam. Kali ini, kami mengusulkan resep ayam panggang ketumbar. Ayam panggang ketumbar ini tidak melalui proses deep fried yang lazimnya menyerap minyak terlampau banyak.


Namun meski begitu, kita memakai sedikit minyak sayur untuk menumis bumbu sebelum proses ungkep. Ganti dengan minyak canola supaya lebih sehat. Agar semakin simpel, ungkep ayam apalagi dahulu di malam hari. Jadi, saat dini hari kita cuma tinggal memanaskannya di wajan antilengket atau di oven.


2. Sayur bening daun kelor, sajian sahur sehat


Penuhi keperluan serat dan vitamin dengan daun kelor yang digadang-gadang masuk ke dalam daftar superfood. Dari sekian banyak cara untuk mengolah daun kelor atau moringa ini, sayur bening jadi salah satu hidangan paling praktis. Kaprikornus, menu ini cocok diolah di waktu sahur.


Kita bisa menyertakan labu siam dan jagung yang sudah dipipil untuk memperkaya hidangan sayur bening ini. Rasa yang ringan dan segar bisa membuatmu tetap berselera meski harus makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba resep sayur daun kelor ini!


3. Capcay kuah udang, kaya akan nutrisi


Sepiring capcay kuah yang hangat.
Capcay kuah udang yang lezat dan sehat. (Foto: Shutterstock)

Menu sayuran lainnya yang mampu kita olah adalah resep capcay kuah udang. Seperti yang sudah kita pahami, bahwa capcay terdiri dari beragam jenis sayuran yang kaya serat. Sebut saja wortel, kembang kol, buncis, sampai brokoli.


Agar rasanya makin spesial, kita mampu tambahkan protein hewani ke dalamnya. Salah satunya yakni udang. Makanan maritim ini juga relatif cepat matang, jadi kondusif untuk dimasak dalam waktu singkat. Simak resep capcay kuah udang untuk ciptakan sajian sahur sehat sarat nutrisi.


4. Sapo tahu tiga jamur, begitu menghangatkan


Sapo tahu dengan tiga varian jamur yang yummy. (Foto: MAHI)

Kandungan protein juga bisa kita peroleh dari tahu. Salah satu sajian yang jadi favorit tim MAHI adalah resep sapo tahu jamur. Dalam resep ini, kita tambahkan bermacam-macam jenis jamur yang kaya nutrisi dan macam-macam sayuran lainnya.


Madu tak hanya memperlihatkan tekstur kental yang membuat makanan ini kian nikmat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi baik untuk badan. Sajikan sapo tahu jamur hangat di tengah meja makan, semoga anggota keluarga semakin semangat sahur.


5. Nasi tim merah, karbohidrat yang dibutuhkan


Salah satu keperluan tubuh yang tak kalah penting pastinya karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat dapat menunjukkan energi untuk kita selama berpuasa. Namun, tentukan untuk memilih karbohidrat kompleks yang tinggi serat sehingga membuat kita kenyang lebih usang.


Adalah nasi merah yang jadi contohnya. Ada banyak cara mengolah nasi merah biar tidak terasa cuek, salah satunya yakni mengolahnya jadi nasi tim. Lihat resep nasi tim merah yang pernah kami ulas sebelumnya. Dengan tekstur yang lembut, olahan ini juga tidak akan membuatmu perutmu terkejut saat makan di waktu dini hari. Yuk, kita coba!


Agar tidak cepat haus, hindari penambahan garam yang berlebihan. Seimbangkan nutrisi dalam makananmu supaya puasa semakin tanpa kendala!