Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Teknik Mengolah Makanan Yang Dipakai Para Chef Profesional Dan Penting Untuk Juga Kamu Kuasai

Teknik mengolah makanan apa yang sering kamu aplikasikan di dapur? Menggoreng, atau merebus? Ada banyak teknik masak kuliner yang bisa digunakan. Para chef profesional menggunakan istilah khusus untuk menamainya. Setiap teknik mempunyai perbedaan yang cukup detail. Contohnya saja, teknik merebus yang terbagi menjadi beberapa macam, mirip simmering dan boiling. Apa ya perbedaannya?


Secara garis besar, teknik masak terbagi menjadi tiga, yakni memasak dengan konveksi air, mengolah makanan dengan konveksi minyak, dan mengolah makanan dengan panas kering (dry heat). Di antara bermacam-macam jenis teknik mengolah makanan yang sering dipakai para chef profesional, setidaknya ada 7 teknik masak yang populer dan penting untuk para ibu kuasai di rumah. Apa saja itu?


1. Teknik Memasak Boiling


Teknik mengolah makanan yang satu ini sungguh populer. Boiling yakni merebus makanan menggunakan cairan seperti air, kaldu ayam, ataupun santan. Prosesnya dimulai saat air dipanaskan meraih suhu 100 derajat Celcius. Makanan yang direbus akan cepat matang dalam suhu tersebut. Panas mampu disertakan dengan menutup panci sehingga uap air tertahan dan menyebabkan panas. Teknik ini sering dipakai untuk mengolah masakan sup.


2. Teknik Memasak Simmering


Simmering ialah teknik memasak dengan cara merebus seperti boiling, namun dengan suhu yang dijaga semoga tetap stabil di bawah 100 derajat Celcius dan di atas suhu poaching. Caranya yakni dengan mengecilkan api saat air mulai mendidih. Biasanya teknik ini dilakukan untuk menerima saripati seperti kaldu dari bagian tulang daging.


3. Teknik Memasak Poaching


Teknik memasak poaching telur.
Poached egg sekarang makin populer di Indonesia, meskipun cara memasaknya cukup menantang. (Foto: Shutterstock)

Mirip dengan boiling, poaching yakni teknik merebus dengan volume air yang tidak terlalu penuh cuma setinggi masakan yang direbus saja. Proses poaching berjalan lebih lambat sebab membutuhkan suhu yang lebih rendah ialah 92 – 96 derajat celcius. Contoh masakan yang diolah dengan teknik poaching yaitu poached egg dan banyak sekali protein yang lain. Banyak pula cara mengolah makanan telur dengan gaya terbaru yang lain.


4. Teknik Memasak Braising


Braising juga ialah teknik masak yang cukup populer dipakai oleh chef profesional. Ini yakni teknik mengolah makanan kuliner dengan sedikit air mendidih. Bedanya, sebelum mematangkan kuliner dengan air rebusan, kuliner harus diolah terlebih dulu. Biasanya para chef mengkremasi atau memanggang bahan masakan terlebih dahulu hingga warnanya kecokelatan kemudian dibumbui atau dimarinasi. Baru lalu diolah kembali menggunakan sedikit air dalam wajan yang tertutup sehingga bumbu meresap sempurna.


5. Teknik Memasak Steaming


Teknik memasak steaming pada sayuran.
Steaming sayuran semakin diminati alasannya sehat dan menjaga kandungan nutrisinya. (Foto: Shutterstock)

Istilah steaming pasti telah tidak asing di pendengaran kita. Ya, steaming adalah teknik mengukus masakan. Steaming memakai uap air panas untuk mematangkan makanan tanpa ada sentuhan eksklusif dengan air. Teknik ini banyak dipakai untuk masak kuliner makanan ringan dim sum.


6. Teknik Memasak Sautéing


Sauté adalah proses menggoreng kuliner dengan sedikit minyak. Biasanya sautéing memakai wajan datar. Dibutuhkan suhu yang sungguh panas untuk menyempurnakan proses ini. Biasanya kuliner mesti dimarinasi apalagi dulu sebelum diolah dengan teknik ini. Proses penggorengan juga cukup sebentar, hanya hingga makanan berganti sampai kecokelatan.


7. Teknik Memasak Deep Frying


Berbeda dengan sauté, deep frying memerlukan minyak yang banyak dengan bentuk wajan yang lebih dalam. Sebelum memasukkan masakan, tentukan minyak telah betul-betul panas. Biasanya, teknik masakan ini dipakai untuk makanan yang memerlukan kematangan yang rata mirip kentang goreng.


8. Teknik Memasak Baking


Teknik memasak baking kue.
Membuat kue alias baking kini menjadi kian populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Selain mengolah makanan dengan air dan minyak, ada pula teknik mengolah makanan dengan cuma menggunakan energi panas. Salah satu cara yang kita kenal ialah dengan menggunakan panggangan. Baking yakni salah satu teknik masak yang menggunakan energi panas dan sangat terkenal dipakai untuk membuat kue.




Yuk, kenali juga lebih spesifik soal bermacam-macam cara mengolah makanan di atas tadi! Misalnya seperti cara memasak deep frying dengan hasil sempurna yang mampu kamu terapkan contohnya untuk membuat donat kentang. Masak kuliner apapun jadi lebih mudah dikala kita tahu tekniknya.