Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Membersihkan Kulkas Rumahmu Untuk Mempertahankan Kesehatan Keluarga

Langkah-langkah cara membersihkan kulkas penting untuk diketahui semoga prosesnya berlangsung maksimal. Selain itu, aktivitas ini yaitu jadwal penting yang harus berkala dilaksanakan. Ini dikarenakan kulkas menyimpan makanan yang kita santap saban hari. Apa balasannya kalau kulkas kita kotor dan menyimpan banyak bakteri? Tentunya akan berisiko kepada kesehatan kita. Menjaga kebersihan kulkas berati mempertahankan kesehatan keluarga di rumah.


Namun, tak sedikit dari para ibu di rumah yang masih gundah dengan cara menyedot kulkas. Ada beberapa langkah krusial yang sering dilewatkan. Bagaimana cara merawat dan membersihkan kulkas dengan benar? Simak tindakan sederhana membersihkan kulkas berikut ini.


1. Melepaskan stop kontak


Hal pertama yang mesti dilakukan sebelum menguras kulkas ialah melepas stop kontak. Setiap kulkas memiliki daya pendingin yang berbeda-beda dikala listrik mati. Namun, usahakan proses pembersihan kulkas tidak lebih dari dua jam biar kesejukan masakan tetap terjaga. Maka dari itu rencanakan apalagi dahulu penjadwalan pembersihan kulkas di rumah semoga dapat dijalankan secara konsentrasi.


2. Mengeluarkan semua masakan dan minuman


Agar masakan tetap bersih, seharusnya seluruh kuliner dikeluarkan dari kulkas. Untuk itu, langkah cara membersihkan kulkas yang ini seharusnya dikerjakan sebelum belanja bulanan atau ketika dalam keadaan kosong. Jika membersihkan kulkas dalam keadaan penuh makanan, prosesnya akan menyantap waktu lebih usang. Ada pula resiko beberapa bahan makanan menurun kualitasnya karena terlalu terekspos suhu wajar selama pembersihan.


3. Melepaskan laci dan rak kulkas


Cara membersihkan bagian rak kulkas.
Lepaskan terlebih dahulu bab rak kulkas semoga tidak rusak dikala dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Untuk membuat lebih mudah proses pencucian kulkas, bagian rak atau laci seharusnya dilepas. Tidak semua kulkas mempunyai bab rak yang mudah untuk dilepas, untuk itu, lakukan dengan hati-hati agar tidak ada gesekan atau kerusakan.


4. Rendam bab laci dan rak yang sudah dilepaskan


Sebelum mengelap bagian dalam kulkas, rak dan laci yang sudah dilepas sebelumnya seharusnya direndam dalam air hangat. Tambahkan cairan pembersih seperti pencuci piring anti bakteri atau bahan alami mirip gabungan baking soda. Setelah direndam dan dibersihkan dengan spons pencuci piring, bilas hingga bersih dengan hati-hati.


5. Mengelap bab dalam kulkas


Cara membersihkan bagian dalam kulkas.
Bagian dalam kulkas yang tidak bisa dilepas perlu juga untuk dibersihkan. (Foto: Shutterstock)

Hindari pemakaian deterjen untuk mengelap bagian dalam kulkas. Kita mampu menggunakan adonan air hangat dengan baking soda sebagai cairan pembersih. Jika ada noda membandel, ambil satu atau dua sendok teh baking soda kemudian sikat menggunakan sikat gigi dengan halus sampai noda menghilang.


6. Tidak memakai air panas di bagian freezer


Cara membersihkan kulkas dengan bunga es.
Biarkan bunga es cair apalagi dahulu sebelum membersihkan kulkas. (Foto: Shutterstock)

Melelehkan bunga es di freezer dengan air hangat yaitu pandangan baru yang buruk alasannya akan menghancurkan kulkas. Jika ada bunga es di freezer, seharusnya biarkan mencair dengan suhu ruang apalagi dahulu. Inilah pentingnya penyusunan rencana biar materi makanan yang tersisa di kulkas tidak menurun kualitasnya. Bahkan lebih baik dijalankan jikalau dilakukan sebelum belanja bulanan.


7. Memasukkan kembali masakan sehabis kulkas dingin


Setelah kulkas higienis, jangan eksklusif memasukkan makanan ke dalamnya. Nyalakan kembali listriknya, dan biarkan kulkas mendingin dalam beberapa dikala. Setelah cuek, masukkan kembali kuliner dengan rapi.


8. Segarkan dengan perasan lemon


Agar kulkas tetap segar, kita bisa menuangkan perasan lemon di wadah terbuka lalu menyimpan di beberapa bagian kulkas. Ganti perasan lemon setiap dua hari sekali untuk hasil maksimal.




Setelah akhir dengan cara membersihkan kulkas, waktunya juga membersihkan aneka macam peralatan dapur yang lain. Simak cara membersihkan cobek batu, bak cucian piring, sampai kerak pada panci-panci di Masak Apa Hari Ini!