Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Makanan Khas Betawi Yang Perlu Kamu Coba Sekarang

Jakarta diketahui sebagai melting pot untuk berbagai kuliner daerah dan dari seluruh dunia. Namun sayang beribu sayang ketika masakan asli Betawi seolah mulai terlalaikan. Padahal begitu banyak yang mampu dibanggakan dari masakan orisinil Jakarta ini. Dalam rangka menyambut perhelatan olahraga paling besar di Asia, yuk kita populerkan kembali aneka macam masakan khas Betawi dalam keseharian kita!


1. Ketoprak


Bersaing ketat secara popularitas dengan kupat tahu ataupun lontong balap adalah masakan kebanggaan orang Jakarta – ketoprak! Masakan yang terdiri dari campuran ketupat, taoge, tahu goreng, dan ketimun ini lalu dicampurkan dengan bumbu kacang yang yummy dan kecap bagus. Ah sangat sajian sarapan untuk para juara!


2. Ketupat Sayur


Pesaing terberat ketoprak, bubur ayam, dan nasi uduk di pagi hari tiada lain tiada bukan yaitu ketupat sayur. Kuah santan yang gurih pedas tersaji ciamik dengan imbuhan kol, kacang panjang, dan juga nangka muda. Yang kemudian menghiasi adalah ketupat serta telur rebus. Kembali, ini ialah sarapan untuk para juara! Kalau ingin coba memasaknya, ayo simak ketupat sayur model istimewanya berikut ini.



3. Kerak Telor


Makanan khas Betawi selalu akan berhubungan dengan hidangan legendaris yang satu ini. Meski tidak gampang lagi menemukannya di setiap jalanan ibukota, kerak telor umumnya akan muncul di kawasan-tempat dan program tertentu. Misalkan saja di kawasan Kemayoran ataupun Senayan. Kerak telor sendiri yaitu perpaduan istimewa antara beras ketan, telur ayam, ebi, serta serundeng dan aneka macam bumbu yang lain. Penampilannya yang unik begitu membedakannya dengan masakan Indonesia lainnya.


4. Semur Daging Betawi


Makanan dengan rempah-rempah kompleks dan mempunyai rasa gurih, anggun, dan bergizi – itulah kehebatan orang Betawi saat menciptakan semur dagingnya yang begitu yummy. Cocok dipadu padankan dengan nasi putih, nasi uduk, ataupun nasi ulam; semur daging yang merupakan makanan khas Betawi yang dilarang terlupakan warisannya. Untuk yang satu ini, wajib untuk menyimak cara menjadikannya berikut ini!



5. Soto Betawi


Masakan satu inilah yang menyebabkan masakan Betawi super beken. Soto bersantan ini bisa terdiri dari berbagai bab sapi, dari daging sampai beragam jerohan. Meskipun lebih banyak dicari untuk makan siang ataupun malam, namun soto Betawi ternyata sedap dirasakan sebagai sarapan. Salah satu cara menjadikannya lebih sehat yakni dengan mengganti santan menjadi susu, serta pastinya daging sapi yang lebih sedikit lemak.


6. Gabus Pucung


Siapa bilang masakan Betawi tidak memedulikan yang namanya keluak? Buktinya gabus pucung ialah salah satu masakan yang khas sebab penggunaan keluaknya. Sesuai namanya, tentu yang digunakan adalah ikan gabus. Semuanya tersaji dalam kuah keluak berwarna hitam berpadu dengan rempah-rempah yang pedas dan sedap. Pastikan untuk mencoba membuatnya di rumah!



7. Nasi Ulam


Ini dia jagonya kuliner nasi dari Betawi. Meski nama nasi uduk lebih populer, namun ada percampuran budaya menawan pada kuliner nasi ulam. Nasi putih tersaji dengan serpihan ketimun dan kemangi. Kemudian dalam satu menu kita mampu menentukan antara semur tahu, telur, ataupun kentang. Tambahannya terdapat dendeng sapi, cumi asin, telur dadar, dan banyak pilihan lain. Sungguh suatu sajian sarapan yang hebat meskipun cuma didapatkan di beberapa penjuru ibukota saja dikala ini.


8. Nasi Bakar Semur Betawi


Nasi ketan bercampur santan yang dinanak sampai matang tentu telah gurih demikian adanya. Bagaimana bila disandingkan dengan semur daging gaya Betawi dan disatukan dalam balutan daun pisang? Nasi ini lalu dibakar dan tersaji hangat untuk makan siang ataupun makan malam. Wah perpaduan modern ini tentu menawan untuk dicoba, bukan? Simak resepnya berikut ini!



9. Nasi Uduk


Yang satu ini paling disuka semua untuk makan pagi. Nasi yang menjadi gurih sebab dimasak santan ini umumnya dipadukan dengan orek tempe serta bihun. Selebihnya banyak pendamping menarik mirip sambal goreng kentang, telur dadar, jengkol, semur, gorengan, dan lain-lain. Yang khas ialah penggunaan sambal kacang. Pastikan jangan ketinggalan yang satu itu!