Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aneka Resep Soto Ayam Dari Bermacam-Macam Kota, Banjar Hingga Banyumas

Begitu beragamnya hidangan soto ayam di Indonesia. Beda daerah, beda pula ciri khasnya. Meski sama-sama memakai materi dasar ayam, aneka soto dari Banjar sampai Banyumas mempunyai abjad yang berlainan.


Ada soto yang memakai santan, ada pula yang bening. Misalnya saja soto Lamongan yang warna kuning dari kunyitnya begitu pekat. Ada pula soto Banjar yang nikmat dihidangkan dengan ayam kampung. Rasa yang bervariasi ini bisa kamu coba di rumah.


Berikut ialah pilihan resep soto untukmu. Yuk, kita ke dapur!


1. Soto Banjar


Soto ayam bening yang berasal dari Kalimantan Selatan ini memiliki racikan rempah yang besar lengan berkuasa. Bumbu wajib yang menjadikannya berlainan adalah pekak, pala, dan cengkih. Kuahnya inilah yang membuatnya berlawanan.


Seperti soto kebanyakan, ayam pada soto Banjar diolah terpisah. Agar lebih mantap, gunakan ayam kampung atau ayam pejantan. Jangan lupa lengkapi soto Banjar dengan perkedel dan ketupat. Yuk, simak resep soto Banjar dari Masak Apa Hari Ini!


2. Soto Kudus


Soto kudus lengkap tersaji dengan telur dan taoge.
Saat musim hujan menghampiri, hangatkan diri dengan semangkuk soto Kudus yummy! (Foto: MAHI)

Soto Kudus juga tak boleh dilewatkan. Soto ayam bening tanpa santan ini juga kaya akan rempah, tetapi terasa lebih light dibandingkan soto Banjar. Soto Kudus juga enak disuguhkan bersama kecap manis.


Sayuran wajib pada soto ini yakni taoge. Selain itu, soto Kudus juga dihidangkan dengan sate-satean mirip sate usus, ati ampela, sampai telur puyuh. Ayo, coba resep soto Kudus ini di rumah!


3. Soto Ayam Lamongan


Soto lamongan dalam mangkok putih dengan sate ati ampela dan perkedel di sampingnya.
Soto Lamongan yaitu salah satu yang paling populer di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Soto Ayam Lamongan adalah yang paling populer. Akrab disebut selaku soto ayam Surabaya atau soto Ambengan ini kerap hadir selaku kuliner kaki lima. Kuah kuning menjadi ciri khas soto ini sebab kunyit, kemiri, dan bawang putih yang punya cita rasa besar lengan berkuasa.


Irisan kol, tomat, dan bihun melengkapi nikmatnya soto ayam Lamongan. Begitupun dengan koya yang yang dibuat dari kerupuk udang debu, menjadikannya menjadi favorit banyak orang. Tantang dirimu untuk membuatnya sendiri di rumah. Intip resep soto Lamongan ini dan sajikan untuk keluarga tersayang.


4. Soto Banyumas


Soto asal Banyumas juga sering disebut sroto Sokaraja. Istilah sroto memang nama lain dari soto. Penyebutan ini mirip dengan coto Makassar yang juga masuk ke dalam jenis soto. Soto Banyumas juga masuk ke dalam jenis soto ayam bening tanpa santan yang kuahnya kaya akan rempah. Ciri khas bumbunya ialah pala dan ketumbar.


Sajian ini bisa disuguhkan dengan daging ayam ataupun daging sapi. Dalam satu porsi soto Banyumas, kita bisa mendapati campuran taoge dan kerupuk cantir atau kerupuk bawang berwarna merah. Buat versimu sendiri dengan resep soto Banyumas berikut ini!


5. Soto Bongko


Jika kau lebih menggemari soto ayam santan, cobalah membuat soto Bongko khas Sumedang. Sajian soto ini sekilas mirip ketupat sayur. Soto Bongko berisikan lontong, tauge, dan tahu goreng. Ada pula yang menyajikannya dengan cuilan ayam.


Bumbu halus pada soto ini cukup kaya, mulai dari kemiri, kunyit, pala, lengkuas, sampai cabai. Hadirnya daun jeruk juga membuat soto ayam santan ini tetap terasa segar. Ikuti resep soto Bongko untuk sarapan keluargamu,


Namanya soto ayam, pastilah memakai bahan-bahan yang gampang didapatkan sehari-harinya. Yuk, kita masak soto di rumah hari ini!