Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Resep Minuman Sehat Untuk Menjaga Imun Tubuh

Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati. Peribahasa tersebut sungguh pas rasanya untuk keadaan sekarang ini, di mana beragam penyakit tiba silih berganti. Penyakit akan cenderung mudah menular, apalagi jikalau kita tak punya sistem imun yang bagus. Selain rajin mencuci tangan, kita mampu mencegahnya dengan mengonsumsi minuman sehat.


Tak perlu jauh-jauh, kita bisa mempergunakan bahan makanan di dapur. Rempah mirip jahe dan kunyit mempunyai kandungan anti-inflamasi yang mampu membantu melawan radikal bebas. Kelebihan Indonesia yaitu kekayaan rempah dan rimpang yang bisa kau manfaatkan selaku obat herbal harian. Tidak hanya untuk pemulihan, rempah-rempah ini juga akan menolong menyehatkan tubuh setiap harinya.


Selain diaplikasikan dalam sajian makanan, rempah-rempah ini juga bisa menjadi unsur penting dalam bermacam-macam menu minuman tradisional. Sudah diketahui semenjak usang jika Indonesia juga punya macam-macam ramuan sehat yang umum disediakan oleh para “mbok jamu” keliling. Dari beras kencur hingga jahe. Seperti dokter, lazimnya kita menanyakan nasihat mereka soal kondisi kesehatan kita. Tak lama jamu disiapkan dan tersaji hangat. Wah, rasanya tubuh menjadi lebih segar!


Kali ini kamu bisa juga kok menciptakan beberapa racikan minuman sehat di rumah. Yuk, simak apa saja resepnya berikut ini!


1. Wedang Jahe, mengembangkan daya tahan badan


Sudah bukan kabar baru bila jahe sering digunakan untuk mencegah bermacam-macam keluhan, seperti masuk angin sampai rematik. Sementara kunyit mengandung kurkumin yang juga bisa menolong badan melawan bakteri jahat.


Racikan jahe dan kunyit sudah usang diandalkan sebagai racikan obat herbal dari nenek moyang dan mampu membantu memajukan tata cara imun tubuh. Cara membuat minuman sehat ini bekerjsama sederhana. Berikut ialah resepnya.


Satu gelas sari jahe dengan potongan jahe di belakangnya.
Jahe dan kunyit jadi racikan sempurna untuk menjaga tubuhmu. (Foto: Shutterstock)

Bahan:

2 ruas jahe

3 cm kunyit

1 batang serai

2 sdm madu (atau lebih, jika ingin lebih manis)

300 ml air


Cara Membuat:



  1. Geprek jahe dan batang serai. Kemudian iris-iris kunyit.

  2. Rebus air sampai mendidih, masukkan jahe, serai, dan kunyit. Diamkan selama 10 menit.

  3. Matikan api, masukkan madu dan aduk.

  4. Tuangkan ke dalam cangkir, minum selagi hangat.


2. Teh Lemon Madu, minuman sehat menyegarkan


Selain jahe, lemon juga punya berfungsi selaku anti inflamasi. Kandungan vitamin C pada lemon dipercaya dapat memperkuat tata cara imun badan. Lemon juga mengandung saponin yang berfungsi melawan mikroba.


Memadukan lemon dan madu tak cuma berfungsi membuat rasanya lebih yummy. Madu berfungsi sebagai anti kuman dan anti jamur. Berikut adalah cara gampang menciptakan racikan minuman sehat dari madu dan lemon.


Bahan:

250 ml air hangat

1 sdm perasan lemon

1 kantung teh hijau

1 sdm madu (atau lebih bila ingin lebih manis)


Cara Membuat:



  1. Siapkan gelas berisi air hangat. Masukkan teh hijau.

  2. Tuangkan perasan lemon dan madu, aduk sampai tercampur rata.

  3. Minum selagi hangat.


3. Green Smoothie, sehat dan kontemporer


Satu gelas kaca jus bayam dengan sedotan hitam.
Jus sayuran juga mampu jadi opsi minuman sehat untuk menjaga imun badan. (Foto: Shutterstock)

Untukmu penyuka smoothie, kamu mampu menciptakan jus sayur yang terdiri dari bayam dan nanas. Bayam mengandung klorofil yang dipercaya dapat menghalangi kanker. Vitamin K pada bayam juga mampu menguatkan tulang.


Nanas juga mengandung anti inflamasi, enzim, vitamin, dan mineral yang mendukung kekebalan tubuh. Dalam riset yang dikeluarkan International Journal of Experimental and Clinical Pathophysiology and Drug Research di Jerman tahun 2004, anak kecil yang punya penyakit sinus berkurang gejalanya setelah mengonsumsi bromalin secara tertarur. Kandungan bromalin ini juga didapatkan pada nanas.


Rasa cantik dari nanas juga menetralisir rasa bayam yang cenderung pahit dikala dijus. Berikut cara menciptakan minuman sehat untukmu.


Bahan:

1 ikat bayam

400 gr nanas (lebih enak bila dipotong dan disimpan di freezer apalagi dahulu)

200 ml air

madu (optional)

½ sdt chia seed


Cara Membuat:



  1. Masukkan bayam, nanas, air ke dalam blender.

  2. Lumatkan semua bahan.

  3. Tuangkan ke dalam gelas. Tambahkan es watu semoga lebih segar.

  4. Taburkan chia seed di atasnya.


Dengan tiga resep ini biar upaya kita untuk menjaga kesehatan sehari-sehari menjadi lebih mudah. Selamat menjajal !