Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berencana Piknik Ke Seoul? Nikmati Gurihnya 7 Penganan Korea Yang Populer Ini!

Popularitas jajanan Korea kian merajalela di kelompok anak muda jaman kini. Kini, semakin banyak kedai makanan yang menjajakan aneka macam camilan yang lezat dari Negeri Ginseng di Jakarta. Bahkan bertambah banyak juga materi-materi kuliner dari Korea yang masuk ke Indonesia dan memungkinkan kita untuk menjadikannya di rumah. Tapi khusus untuk yang ingin berlibur ke sana, jangan lupa untuk menikmati banyak sekali panganan seru berikut ini!


1. Tteok-bokki


topokki, jajanan korea yang tersaji di atas wajan
Topokki adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jajanan Korea ini lazimdisebut juga sebagai topokki, camilan yang satu ini mampu jadi yakni yang paling terkenal di dunia. Rasa kenyal dari tepung beras yang dikukus dan dibentuk seukuran jari ini memang membuatnagih. Versi paling terkenalnya yaitu yang diolah bersama saus gochujang yang kental dan pedas. Namun selain versi ini, topokki juga mampu dipadankan dengan daging iga, seafood, saus kedelai manis, sampai pastinya – mi instan!


2. Odeng


Tersedia dari warung kaki lima sampai restoran, kuliner yang setipe dengan otak-otak ikan ini tersaji berkuah dan dikonsumsi memakai tusuk satai. Bahan aslinya yaitu daging ikan putih yang digiling dan diolah dengan adonan tepung, gula, dan sayur. Secara penamaan, masakan ini mampu jadi terinspirasi dari oden milik Jepang. Hanya saja model Jepangnya bisa menggunakan berbagai sayuran dan protein. Nama asli model Korea-nya sendiri yaitu eomuk.


3. Gimbap


Memiliki nama terkenal lainnya yang disebut kimbap. Makanan ini begitu seperti dengan maki khas Jepang. Gimbap bisa disuguhkan sendiri atau tergolong dalam satu set sajian khas Korea. Makanan ini juga sangat sesuai selaku sajian bekal ke sekolah ataupun kantor. Isiannya sendiri bisa begitu beragam. Dimulai dari danmuji atau daikon (asinan lobak putih), daging, crab cake, telur, hingga kimchi, bulgogi, dan berbagi macam lainnya.


4. Korean Fried Chicken


ayam goreng jadi ciri khas jajanan korea yang sukses di mancanegara
Ayam goreng khas Korea menjangkau popularitas tidak hanya di Amerika Serikat, namun juga Asia Tenggara! (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng khas Korea ini berlawanan dengan versi Amerika Serikat yang telah lebih dahulu kita kenal baik. Menariknya, ayam goreng Korea ini sempat membuat gempar Negeri Paman Sam bertahun-tahun yang lalu. Perbedaannya ialah rasa garing yang tiba dari proses penggorengan dua kali, sehingga ini membuatnya tidak terlalu berminyak. Selain itu, ayam goreng ini dilumuri saus anggun rasa manis pedas gochujang atau rasa anggun gurih ganjang.


5. Mandu


Awalnya pangsit khas Korea ini merupakan masakan para darah biru. Sekarang, mandu mampu didapatkan dimana-mana dan memiliki terlalu banyak varian. Menariknya, mandu tidak hanya dikukus, namun juga ada yang digoreng dan direbus. Jjin-mandu misalnya dikukus memakai wadah bambu, pyeonsu berupa persegi panjang dan diisikan sayuran, atau saengchi-mandu diisikan daging unggas, daging sapi, dan tofu. Begitu banyak yang mampu dicoba!


6. Pajeon


pajeon, jajanan korea yang populer
Pajeon senantiasa tampil menggiurkan! (Foto: Shutterstock)

Bisa dibilang pajeon ini yaitu martabak telurnya Korea. Terbuat dari adonan yang terdiri dari telur, tepung terigu serta tepung beras, dan yang wajib adalah bawang daun. Kata “pa” dalam Bahasa Korea yaitu bawang daun alias scallion. Yang membedakan pajeon yang satu dengan yang lainnya ialah suplemen bahan berbentukdaging sapi, kimchi, atau berbagai jenis bahan boga bahari.


7. Jajangmyeon


jajangmyeon, jajanan korea yang terkenal
Mie dengan saus hitam manis gurih ini begitu khas! (Foto: Shutterstock)

Terinspirasi dari kuliner mi khas China yang terkenal di Incheon pada permulaan periode ke 20, kini versi Korea-nya disebut dengan istilah jajangmyeon dan sudah mendunia. Yang unik dari kuliner mi ini yaitu sausnya yang disebut chunjang. Saus ini terbuat dari pasta kacang yang elok lalu ditambahkan kecap asin, daging, serta materi boga bahari ataupun sayur-sayuran. Ketika tersaji, jajangmyeon dilengkapi juga dengan bagian ketimun, telur, bawang daun, serta rebung.


Masih terlalu banyak kue Korea lainnya yang mampu ditemukan. Setidaknya untuk yang pertama kali ke sana, jajanan-penganan ini wajib untuk dicoba. Tidak tabah menunggu tamat tahun? Maka cobalah mengolah masakan resep Bubur Ayam Bulgogi yang khas kreasi dari Masak Apa Hari Ini. Sebelum ke sana, pelajari juga 6 Kebiasaan Makan Orang Korea yang patut ditiru oleh kita.


Selamat berlibur di tamat tahun ini!