Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Jenis Panci Yang Wajib Dimengerti Para Pemula Di Dapur

Seperti yang kita ketahui, ternyata begitu banyak jenis panci yang beredar di pasaran. Ini dikarenakan alat masak yang satu ini mempunyai fungsi yang berlainan-beda. Bagi kamu yang ingin semakin mahir di dapur, wajib hukumnya untuk mengetahui aneka macam macamnya. Selain itu, mungkin inilah saatnya untuk mulai berinvestasi dan memperbesar jumlahnya di dapur.


1. Panci jenis Saucepan


Kamu pasti sangat familiar dengan yang satu ini. Saucepan seringkali disebut selaku panci serbaguna yang mampu digunakan untuk memasak mi instan atau digunakan untuk mengolah masakan materi kuliner yang jumlahnya sedikit. Di dapur-dapur kuliner Barat, saucepan biasa dipakai untuk mengolah masakan saus, kondimen ataupun menu tambahan.


2. Roasting pan


Yang satu ini digunakan sebagai wadah memanggang dalam panggangan. Bahannya yang dibuat dari cast iron atau besi cor sehingga bebannya cukup berat. Pegangan atau kupingnya harus dibentuk dari bahan yang tahan panas sehingga tak meleleh saat dipanggang.


Ayam panggang utuh dimasak dalam panci roast pan
Gunakan roasting pan untuk memanggang daging atau pasta. (Foto: Shutterstock)

3. Frying pan


Wajan berupa datar ini tidak hanya digunakan untuk menggoreng dan menumis. Frying pan juga dipakai dalam teknik memasak pan-fried atau memasak dengan hanya menggunakan sedikit minyak. Gunakan jenis yang satu ini untuk mengolah masakan salmon, steak, dan berbagai bahan lainnya yang dimasak dengan sedikit minyak.


4. Stock pot


Bervolume banyak dan berskala tinggi, panci ini sempurna dipakai untuk mengolah masakan kaldu, sup, atau masakan yang membutuhkan jumlah air yang banyak. Gunakan stock pot untuk menciptakan kuliner sehari-hari mirip semur, bubur, atau sebagai tempat untuk merebus bahan-bahan masakan.


5. Milk pan


Volume milk pan condong kecil dengan bibir panci yang dibuat untuk menuang susu yang telah dipanaskan. Milk pan biasanya berbahan aluminum, stainless steel, atau enamel.


Susu panas yang siap dicampur sereal dimasak dalam panci milk pan
Semangkuk oatmeal yang dimasak dengan susu sangat pas diolah dalam milk pan. (Foto: Shutterstock)

6. Grill pan


Adalah wajan yang digunakan untuk teknik masak grill atau bakar. Kamu bisa menerima tekstur grill dan sensasi smokey tanpa mesti menggunakan alat yang khusus ataupun bara api. Gunakan jenis ini untuk memasak satai, patty burger, ikan bakar, ayam bakar, sayuran, atau aneka olahan daging mirip smoked beef, sosis, dan bakso.


7. Saute pan


Berbeda dengan sauce pan, panci yang satu ini berbentuk datar dan pendek. Sesuai namanya, dia digunakan untuk teknik mengolah masakan saute atau tumis. Selain untuk menumis materi sayuran, saute pan cocok diolah untuk aneka macam masakan yang mudah dimasaknya ataupun tumis-tumisan khas Chinese food jika tidak mempunyai wok.


8. Steamer pan


Atau disebut juga panci kukusan. Dandang adalah istilahnya dalam Bahasa Indonesia sejatinya dipakai untuk mematangkan nasi, mengukus masakan pepes atau lauk yang berbungkus daun. Kue-kudapan manis tradisional juga cocok dimasak menggunakan ini. Di dapur-dapur Eropa, steamer pan banyak dipakai untuk memasak sayuran ataupun lauk yang dikemas dalam baking paper atau aluminum foil.


9. Pressure cooker


Pressure cooker atau disebut juga panci presto yaitu cara tercepat untuk mengempukkan kuliner daging dan membutuhkan waktu usang. Ia memakai uap bertekanan tinggi untuk membuat daging lebih singkat empuk. Gunakan yang satu ini untuk mengolah makanan daging iga, kuliner ayam kampung, serta daging kambing. Contoh masakannya adalah sup iga, soto iga, sup konro, gulai ayam, soto ayam kampung, dan yang lain.


Terakhir, kau juga perlu mengetahui perihal perawatannya, khususnya ketika panci berkerak. Setelah mengenal fungsi-fungsi ini, maka tahap selanjutnya ialah mengenal berbagai materi wajan dan penggunaannya yang sempurna. Semoga berfaedah!