Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasak Bakwan Jagung Biar Tidak Gampang Benyek

Di antara banyak hidangan pendamping, bakwan jagung masuk ke dalam daftar favorit. Gorengan berbahan dasar jagung ini memang punya rasa yang gurih. Cocok disandingkan dengan ragam masakan, mirip ayam goreng atau tumis sayuran. Agar teksturnya tepat, ada beberapa cara mengolah makanan bakwan yang mampu kita kerjakan.


Meski terkesan sederhana, membuat bakwan jagung memang cukup menantang. Jika salah langkah, bakwan jagung akan mudah benyek, berminyak, atau bantet. Untuk menyingkir dari hal tersebut, ada beberapa cara mengolah masakan bakwan yang mampu kamu ikuti. Berikut ulasannya.


1. Cara memasak bakwan dengan mencampurkan terigu


Terigu yang dipakai untuk menciptakan bakwan memegang peranan penting. Campurkan tepung terigu protein sedang bareng tepung beras dengan perbandingannya kurang lebih 4:1. Makara jika tepung terigunya 200 gram, gunakan 50 gram tepung beras.


Tepung terigu protein sedang akan meminimalkan kemungkinan bantet alasannya mengandung lebih rendah gluten. Sedangkan tepung beras akan mempertahankan kerenyahan bakwan lebih lama dibanding tepung terigu.


2. Menggunakan putih telur


Telur memang menambah cita rasa gurih pada bakwan jagung. Namun, menyertakan telur akan menciptakan teksturnya mudah lembek. Jika ingin merekatkan campuran dengan telur, pilih putih telurnya saja.


Kuning telur mengandung lemak dan kolesterol lebih tinggi dibandingkan bab putihnya. Hal inilah yang menjadikan bakwan cenderung lebih cepat benyek.


Beberapa bakwan jagung di atas piring kayu dengan sambal.
Bakwan jagung yang renyah bisa dijadikan kudapan atau sajian pendamping makan siang. (Foto: Shutterstock)

3. Tidak menambahkan air


Kamu juga boleh kok menyingkir dari penambahan air pada campuran. Jangan takut, jagung memang akan mengeluarkan air secara alami. Jumlahnya cukup untuk membuat adonan tercampur rata.


Jika ingin menyertakan air, gunakan air es saja. Air hambar akan menghasilkan adonan yang lebih kering saat digoreng. Penggunaan air es tidak hanya diperuntukkan untuk bakwan jagung saja, namun juga bakwan sayur hingga tempura.


4. Menggunakan teknik deep frying


Selain merencanakan adonan, teknik memasak adalah langkah selanjutnya yang perlu diamati. Agar seluruh permukaan bakwan matang tepat, masaklah dengan sistem deep frying. Gunakan wajan yang bagian tengahnya cekung sehingga menampung banyak minyak.


Goreng bakwan dengan api sedang. Biarkan seluruh permukaannya terendam minyak secara merata. Pastikan minyak dalam kondisi panas ketika memasukkan adonan bakwan ke dalam penggorengan.


5. Masukkan sayuran secara sedikit demi sedikit


Jagung yang sudah terkupas.
Selain jagung, kita juga mampu membuat bakwan tahu dan bakwan sayur. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah makanan bakwan selanjutnya yang perlu diamati yaitu langkah memasukkan sayuran dan mengaduknya. Sebelum memasukkan sayuran, kita siapkan gabungan tepung apalagi dulu. Campurkan tepung, air es, dan putih telur lalu aduk. Nah, pengadukannya jangan terlalu kuat ya karena dapat membuat gluten aktif sehingga tekstur tamat bakwan jadi lembek.


Baru sesudah itu, kita tambahkan sayuran sedikit demi sedikit lalu aduk kembali. Sayuran ditambahkan ketika kita akan menggoreng bakwan supaya teksturnya masih kriuk.


Lima cara mengolah makanan bakwan di atas bisa kau coba untuk menghidangkan tekstur bakwan jagung terbaik. Lihat resep lengkap membuat bakwan jagung, dan coba juga resep bakwan tahu yang lezat ini!