Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah Daun Pepaya Semoga Tak Pahit

Di antara banyak menu berbahan dasar sayur di Indonesia, daun pepaya adalah pilihan yang mempesona. Meskipun demikian, olahan daun pepaya seringkali jadi tantangan alasannya adalah cita rasa yang pahit. Inilah yang kadang menjadikan kita memilih untuk menyingkir dari mempergunakan daun pepaya yang kaya nutrisi.


Dari sisi nutrisi, ada kandungan vitamin A, B1, C, serta protein maupun kalsium. Untuk menyiasatinya rasa ragu-ragu ini, ada kok ragam cara mengolah daun pepaya semoga tidak pahit yang mampu kita coba sendiri.


Cara mengolah daun pepaya supaya tidak pahit


Persiapkan diri dengan menentukan menu yang sempurna dan membeli bahan-bahan yang segar. Selanjutnya, gunakan beberapa bahan yang mudah ditemukan, mulai dari garam hingga asam jawa. Saat sukses, maka ragam resep daun pepaya pun jadi lebih lezat.


Yuk, kita intip 5 triknya berikut ini!


1. Meremas daun pepaya dengan garam


Untuk menghilangkan rasa pahitnya, jadikan garam selaku kunciannya. Caranya tidak terlalu susah, cukup remas daun papaya menggunakan garam secukupnya.


Remas-remas daun pepaya dengan lembut sehingga teksturnya tidak hancur. Diamkan selama sekitar lima menit sampai garam meresap. Gunakan daun pepaya di banyak masakan Manado ataupun gulai daun pepaya khas Padang yang enak rasanya.


2. Menggunakan kapur sirih


Selain garam, kapur sirih juga bisa jadi bagian dari cara mengolah daun pepaya biar tidak pahit. Kapur sirih memang tidak mudah didapatkan, tetapi kita bisa mendapatkannya di pasar tradisional. Harganya juga terjangkau.


Cara menggunakannya tak berbeda dengan garam. Remas-remas daun pepaya dengan kapur sirih dan tentukan daunnya tidak hancur. Tunggu sekitar lima menit sebelum daun pepaya diolah dengan resep berikutnya.


3. Rebus dengan asam jawa


Dua buah asam jawa yang masih melekat dengan daunnya sebagai cara mengolah daun pepaya agar tidak pahit.
Asam jawa sebagai alternatif penghilang rasa pahit dari daun pepaya. (Foto: Shutterstock)

Cara mengolah daun pepaya semoga tidak pahit juga mampu menggunakan asam jawa. Bahan yang umum dipakai dalam masakan Indonesia ini tidak cuma menghilangkan rasa pahitnya, namun memperkaya aromanya.


Rebus daun pepaya apalagi dahulu sebelum ditumis. Masukkan sekitar lima biji asam jawa pada air rebusannya. Tunggu sebentar sampai daun matang, baru sesudahnya, kita olah sesuai resep yang diharapkan.


4. Rebus dengan daun jambu


Beberapa lembar daun jambu di atas piring kayu.
Rasa pahit daun pepaya dapat dikurangi dengan daun jambu. (Foto: Shutterstock)

Trik berikutnya yakni dengan memakai daun jambu. Kandungan fenolik (tannin) pada daun ini dapat mengikat alkaloid pada daun pepaya sehingga mampu menghilangkan rasa pahitnya. Pertama, remas-remas daun pepaya dengan daun jambu. Kembali tentukan daunnya tidak hancur. Kemudian, rebus daun pepaya dan daun jambu secara berbarengan. Tak perlu menanti lama, angkat daun pepaya dan tiriskan.


Selain daun jambu, kita juga bisa menggunakan daun singkong. Cara mengolahnya sama persis dengan daun jambu. Perbandingannya ialah satu berbanding dua, adalah satu daun pepaya dua daun jambu dalam satu panci.


5. Rebus berkali-kali


Tak punya bahan-materi di atas? Cara mengolah daun pepaya semoga tidak pahit yang terakhir adalah dengan merebus daun pepaya berkali-kali tanpa suplemen apapun. Bagaimana caranya?


Pertama, masukkan daun pepaya pada rebusan pertama, angkat dan tiriskan. Ganti airnya, lalu rebus kembali daun pepaya. Begitu seterusnya hingga daun pepaya lebih empuk dan matang. Rasa pahit daun pepaya akan larut dalam air dan terbuang.


Satu kelebihan yang lain dari buah pepaya, daunnya juga mengandung enzim papain untuk melancarkan tata cara pencernaan. Kandungan seratnya juga dapat menolong menurunkan lemak dan kolesterol. Menjadikan daun pepaya untuk menu dietmu pun bisa jadi wangsit yang bagus!