Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dibuang Sayang, Ampas Kopi Ternyata Banyak Manfaatnya

Ampas kopi yang dihasilkan dari secangkir kopi sabung di rumah umumnya akan dibuang begitu saja. Kebiasaan ini bakal kita ubah jika saja mengetahui bahwa ampas kopi banyak manfaatnya. Beragam manfaat dari ampas kopi dimulai dari untuk keelokan kulit hingga kebersihan rumah.


Memanfaatkan residu kopi juga dapat membantu menghemat sampah. Bahkan, dengan menggunakan bahan alami ini, kita mampu meminimalisir budget rumah tangga. Penasaran apa saja manfaatnya yang mampu kita dapatkan? Yuk, intip ulasan berikut ini!


1. Ampas kopi menetralisir anyir kulkas


Karena aromanya yang khas dan besar lengan berkuasa, maka tak aneh jikalau bau kopi mampu mengalahkan macam-macam bacin. Termasuk di antaranya yakni wangi tak sedap di kulkas.


Segera ambil ampas kopi sesudah menyeduhnya, lalu simpan di dalam wadah kaca atau keramik. Simpan di kulkas selama satu hari dan wanginya akan membuat kulkas lebih segar. Selain kulkas, kita juga bisa menghilangkan bacin tak sedap pada wastafel atau kamar mandi. Pastikan untuk melakukannya di saat kulkas tidak berisi materi-bahan segar sebab baunya akan bercampur.


2. Membersihkan alat dapur


Ampas kopi dapat digunakan untuk membersihkan alat dapur.
Ampas kopi mampu dimanfaatkan sebagai alternatif produk kebersihan. (Foto: Shutterstock)

Selain wanginya yang kuat, teksturnya yang sedikit bergairah juga dapat membantu membersihkan noda membandel pada alat dapur. Gunakan materi alami berwarna pekat ini selaku alternatif sabun basuh untuk menetralisir kerak pada wajan atau panci.


Bau amis pada wajan penggorengan juga mampu diminimalisir dengan penggunaan residu kopi. Simpanlah pada tempat tertutup biar mampu digunakan di saat-waktu.


3. Menyuburkan tanah


Ampas kopi digunakan sebagai pupuk tanaman.
Tidak hanya pupuk umumnya, ampas kopi juga dapat menyuburkan tanah. (Foto: Shutterstock)

Dalam kopi, rupanya terdapat potassium, tembaga, dan fosfor serta magnesium yang mampu menutrisi tanah. Inilah sebabnya ia dapat dipakai sebagai alternatif pupuk.


Namun caranya yakni dengan mengeringkan ampas kopi terlebih dulu. Setelah itu, bubuk yang telah kering ditaburkan ke atas tanah tempat tanaman bertumbuh. Selain selaku alternatif pupuk, kopi juga diyakini dapat mencegah datangnya hama.


4. Mengatur kelembapan kulit wajah


Manfaat kopi di dunia keayuan juga telah diketahui usang. Kopi banyak dijadikan materi perawatan muka mulai dari masker, scrub, dan sabun pembersih. Kandungan vitamin C dan antioksidan dari kopi rupanya baik untuk kesehatan kulit. Menurut observasi University of Lisbon, kopi dapat menolong mengatur buatan minyak dalam kulit sekaligus menghidrasi kulit.


Salah satu cara yg terkenal ialah dengan mempergunakan ampas kopi yang gres diseduh, lalu aplikasikan selaku masker paras . Diamkan hingga 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.


5. Menguatkan dan memperbaiki warna rambut


Selain untuk kecantikan wajah, ampas kopi juga dapat bermanfaat untuk rambut. Perawatan rambut dengan kopi telah ada semenjak peradaban antik di Mesir. Kandungan kafein pada kopi mampu mendorong perkembangan rambut untuk mengatasi kebotakan, terutama untuk kaum pria.


Warna kopi yang pekat juga cocok untukmu yang ingin menjaga warna rambut tetap gelap dan mengkilap. Caranya yaitu dengan mengoleskan ampas kopi yang masih segar pada rambut sehabis dikeramas. Diamkan selama kurang lebih 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.