Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ikuti Cara Masak 5 Sajian Ini Dengan Hanya Memakai Rice Cooker

Cara masak beberapa menu terkenal seperti semur, nasi kebuli, sup, bubur, bahkan nasi goreng bahwasanya mampu dikerjakan dengan hanya memakai rice cooker. Hidangan manis mirip cake pun kini mampu diolah menggunakan rice cooker. Ingin tahu bagaimana cara mengolah makanan dalam rice cooker?


Beberapa rice cooker yang datang dengan teknologi digital sekarang makin memudahkan kau yang ingin memasak tanpa memakai kompor.  Dilengkapi dengan fitur pelengkap, kamu mampu mengolah masakan berbagai macam masakan mirip nasi berbumbu, bubur dan variasinya, sup, hingga soto. Meski begitu kau tak perlu cemas alasannya adalah alat elektronika penanak nasi yang kamu punya pun bisa digunakan untuk mengolah makanan menu lain selain nasi.


1. Semur


Semur yang menggunakan materi baku yang cenderung usang proses memasaknya mirip semur daging yang berasal dari Pontianak, daging kambing, iga, tentu akan lebih merenggangkan jika bisa dibiarkan matang dalam rice cooker. Dengan memakai alat ini, tak perlu mengendalikan api sesekali demi menangkal terjadi kuliner gosong. Untuk menghasilkan bumbu yang harum, tumis apalagi dulu bumbu di atas wajan hingga harum, lalu aduk rata bareng daging. Pindahkan dan masak bareng air dan materi yang lain dalam rice cooker hingga matang.


Cara masak sup dalam rice cooker.
Gunakan rice cooker untuk mengolah masakan selaku pengganti kompor dan panci. (Foto: Shutterstock)

2. Cara masak nasi kebuli


Masukkan bumbu nasi kebuli bersama daging yang telah ditumis bareng ke dalam rice cooker. Tambahkan air, aduk rata. Masak dalam rice cooker hingga matang. Resep yang sangat sesuai untuk bulan puasa tahun ini!


3. Bubur


Kamu mampu mengolah masakan bubur ayam atau bubur kacang cuma dengan rice cooker. Masukkan beras atau kacang-kacangan bareng air sesuai kebutuhan. Masak hingga menjadi bubur.


Memasak bubur ayam di rice cooker.
Mulai sekarang, kau mampu mengolah masakan bubur dalam rice cooker. (Foto: Shutterstock)

4. Nasi goreng


Masak nasi seperti lazimdalam rice cooker. Aduk rata bersama Royco bumbu nasi goreng kesukaanmu seperti Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Rendang, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng, Royco Bumbu Komplit Nasi Goreng Pedas, atau Royco Bumbu Siap Pakai Nasi Goreng Cabe Hijau. Untuk bahan embel-embel mirip telur dadar juga mampu kau masak secara terpisah dalam rice cooker dengan cara yang sama mirip di dalam wajan. Hanya saja setelah memasukkan telur, tutup rice cooker dan biarkan sampai telur matang.


5. Sup atau Soto


Masukkan bahan mentah, air, dan bumbu yang telah ditumis hingga matang. Namun bila kamu ingin mengoptimalkan fungsi rice cooker karena sedang kekurangan bahan bakar gas, kamu bisa memanaskan wadahnya, kemudian tumis bumbu soto hingga harum. Kemudian masukkan semua bahan, dan masak sampai matang.


Untuk sup, masukkan materi baku daging dan bumbu ke dalam rice cooker. Masak hingga nyaris matang. Masukkan materi sayuran, masak sampai sayuran matang.




Nah, gampang kan, cara masak menggunakan rice cooker? Ternyata alat dapur eletronik penanak nasi ini juga mampu berfungsi selaku alat masak yang serbaguna.