Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Camilan Kontemporer Yang Bisa Jadi Sobat Minum Kopi

Berbagai kudapan kekinian yang sekarang terkenal sejatinya terinspirasi dari masakan tradisional. Bagi kamu yang suka ngopi, mungkin pernah memperoleh beberapa menu ini di kedai kopi favoritmu. Modifikasi menumenu tradisional memang sedang ramai dijadikan menu andalan di kedai makanan pola hidup dan kafetaria kekinian.


Kamu bisa menyajikan beberapa menu snack yang terinspirasi dari sajian tradisional populer ini selaku pendamping kopi hangat atau es kopi susu kesukaanmu.


1. Cireng Keju Sambal Kecap, camilan kontemporer yang terkenal


Siapa yang tak suka dengan tekstur kenyal dan rasa gurih dari cireng. Jajanan khas Bandung yang identik dengan tukang gorengan ini dimodifikasi dengan sentuhan keju dan sambal kecap a la Bango Kecap Manis. Sajikan cireng keju sambal kecap dikala hangat agar teksturnya tak lekas alot.


Cireng sambal kecap, sebuah camilan kekinian.
Menu gorengan klasik cireng sekarang menjadi ilham banyak kudapan kontemporer. (Foto: MAHI)

Simak resep lengkap Cireng Keju Sambal Kecap.


2. Cilok Bumbu Kacang


Bumbu kacang yang menyelimuti cilok sungguh tak manis untuk ditolak. Cilok sangat pas untuk mendampingi kamu menikmati segelas es kopi susu. Cara membuatnya mudah-mudah susah, tapi untuk kamu yang jadi fans nomor satunya pasti bakal penasaran untuk mencobanya di rumah.


Simak resep lengkap Cilok Bumbu Kacang.


3. Tahu Jeletot


Tahu jeletot yakni tahu isi yang disertakan cabe rawit ulek ke dalam bahan isiannya. Cocok sekali untuk kau yang menyayangi rasa pedas. Jika ingin menciptakan tahu jeletot dalam porsi banyak, minimalisir takaran cabe sehingga mampu juga dirasakan temanmu yang tak mampu dengan rasa terlalu pedas.


Simak resep lengkap Tahu Jeletot.


4. Ote-Ote Udang


Atau diketahui dengan sebutan bakwan udang. Terkesan sukar, padahal sebenarnya gampang sekali menciptakan bentuk ote-ote udang yang lingkaran dan rapi. Panaskan sendok sayur terlebih dulu dalam minyak panas, lalu sendokkan gabungan dan lepaskan secara perlahan saat menggoreng. Ingin lebih inovatif? Kamu mampu mengubah udang dengan materi lain seperti kepingan cumi, crabstick (surimi), atau kerang.


Simak resep lengkap Ote-ote Udang.


5. Tempe Mendoan


Saking banyaknya yang menggemari tempe salut tepung yang digoreng tidak sampai garing ini, banyak restoran atau kafe mendatangkan sajian ini sebagai kudapan minum teh atau kopi. Tempe berlapisan tepung berbumbu yang tebal dengan cocolan kecap pedas ini memang bikin ketagihan meski sesudah menyantapnya tangan niscaya takkan luput dari minyak. Nikmati tempe ini dikala masih hangat biar kian mantap.


Tempe mendoan bumbu kecap, salah satu camilan kekinian.
Goreng tempe setengah matang lalu angkat dan suguhkan dengan sambal kecap. (Foto: MAHI)

Simak resep lengkap Tempe Mendoan.


6. Martabak Telur


Walau telah berbagai variasi martabak, namun martabak gurih atau martabak telur tetap punya banyak penggemar. Resep martabak telur a la MAHI ini membuat kau tak perlu berlama-lama di dapur demi menciptakan adonan kulit. Cukup gunakan kulit lumpia atau martabak siap pakai yang banyak tersedia di pasaran.


Simak resep lengkap Martabak Telur.




Nah, kini saatnya kamu menjajal sendiri mengolah makanan banyak sekali camilan di atas sebagai hidangan sedap bareng keluarga di sore hari. Yuk, masak!