Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Cara Menciptakan Omelet Prancis Berikut Ini!

Omelet Prancis berlainan dari pada umumnya omelet yang kita sering jumpai dalam keseharian kita. Tekstur luarnya yang mulus dan isi omeletnya yang masih lembut dan tidak padat merupakan keistimewaan dari jenis omelet yang satu ini. Yang satu ini memang membutuhkan sedikit keterampilan lebih dalam menjadikannya, tetapi jangan khawatir karena MAHI akan mengembangkan langkah demi langkah dalam menjadikannya!


Konon, omelet khas Prancis ini ialah cobaan tersendiri bagi para koki yang ingin bekerja di kedai makanan-kedai makanan terkemuka di negeri kuliner tersebut semenjak zaman dulu. Para pemilik kedai makanan ataupun chef seniornya akan bisa untuk menganggap keterampilan masak seseorang hanya menurut keterampilannya dalam menciptakan omelet yang unik ini. Ketika lulus, karir di dunia mengolah masakan yang sangat dihormati di negeri itu seolah menjadi jaminan tersendiri untuk kala depannya.


Omelet Prancis tersaji saat makan pagi.
Tipikal sobat sejati omelet Prancis yakni roti serta jus ataupun kopi dan teh. (Foto: Shutterstock)

Kembali ke cara membuatnya, berikut yakni tindakan yang perlu kamu ketahui untuk menjadikannya:


Gunakan wajan yang sempurna dan mulus


Beruntung di masa kini kita bisa memakai wajan teflon mulus untuk menciptakan omelet Prancis dibandingkan zaman dulu yakni dengan wajan besi karbon. Tujuan dari mulusnya wajan ini adalah agar permukaan yang mulus dari omelet dapat tersadar dengan baik. Selain itu, gunakan wajan berskala sedang yang dapat memuat setidaknya tiga butir telur untuk menciptakan omelet jenis ini.


Siapkan garpu plastik


Satu poin menarik dari kiat dan trik dalam membuat omelet Prancis ini yakni penggunaan garpu plastik. Rupanya kaitannya adalah demi menjaga permukaan wajan itu sendiri. Penggunaan sendok logam diyakini mampu merusak permukaan wajan dalam jangka waktu panjang. Mengapa demikian? Itu dikarenakan adanya proses pengadukan telur dikala memasak omelet Prancis. Tentunya materi plastik yang lebih lunak akan membuat lebih mudah proses tersebut sekaligus mempertahankan mutu wajan.


Proses mengolah masakan omelet Prancis


Pertama-tama, aduk tiga butir telur ayam segar dalam mangkuk sampai merata. Usahakan semoga permukaan telur yang telah diaduk tidak menyisihkan sedikitpun putih telur. Ini akan memengaruhi hasil selesai dari omelet. Selanjutnya bubuhi garam apalagi dulu. Ini dimaksudkan supaya telur dapat mempertahankan kelembapannya serta menjadikannya lembut.


Selanjutnya panaskan wajan dengan memakai api sedang. Lelehkan satu potong mentega atau seperlunya untuk memasak omelet berukuran tiga butir telur sekaligus. Goyangkan wajan agar mentega memenuhi seluruh permukaan wajan dan tentukan semoga mentega tidak hangus alasannya api yang terlalu besar.


Kemudian, tuangkan telur ayam yang sudah diaduk dan segera aduk dengan cepat, konstan dan mengikuti bentuk bulat. Gunakan tangan kiri untuk menggoyangkan terus wajan sembari mengikuti gerakan ajun yang mengaduk telur. Pastikan biar pinggiran telur yang lazimnya masak terlebih dulu untuk ditarik ke tengah semoga tidak gosong. Berhentilah mengolah masakan dikala telur telah berganti teksturnya menjadi mulai padat tetapi tetap lembut dan tidak meraih konsistensi scrambled eggs. 


Omelet Prancis tersaji di atas piring hitam.
Omelet Prancis membalut tepat isiannya yang masih lembut dengan permukaannya yang matang. (Foto: Shutterstock)

Berikut ini yakni tahapan vital dimana kita membutuhkan keterampilan yang mampu kita asah seiring berjalannya waktu. Angkat pegangan wajan ke atas dengan memakai satu tangan dan arahkan isi wajan menuju ke bawah. Secara perlahan, gunakan garpu plastik untuk melipat telur bertahap ke arah bawah. Sambut dengan melipat bab bawah telur supaya omelet mampu tertutup sepenuhnya. Setelah rapi, sajikan di atas piring dan permukaan yang mulus mengarah ke atas untuk penyajian terbaik.


Cukup menantang, bukan? Sekarang giliranmu untuk mencobanya di rumah. Pastikan juga untuk mencoba banyak sekali olahan telur yang lain dari Masak Apa Hari Ini mirip Opor Telur Kuning, Tahu Telur, ataupun Telur Dadar Padang. Begitupun untuk teknik-teknik kekinian yang lain mirip kiat dan trik membuat poached egg, scrambled eggssampai telur mata sapi yang tepat. Selamat mencoba!