Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simak Tindakan Mudah Menciptakan Telur Mata Sapi

Telur mata sapi sepertinya terlihat sederhana, tetapi ternyata ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan dalam proses memasaknya. Namun pasti ini tidak serta merta menjadikannya sebuah resep yang menyusahkan. Yuk, kita simak langkah-langkah berikut ini semoga kesannya sempurna!


Telur mata sapi tersaji di atas dua piring.
Telur mata sapi yang senantiasa tampil cemerlang! (Foto: Shutterstock)

Gunakan wajan teflon atau wajan besi tempa


Pertama-tama yang perlu dilaksanakan ialah melelehkan satu potong saja mentega atau margarin di atas api sedang. Putar-putar wajan agar lelehan mentega menyanggupi seluruh penjuru dari wajan. Tidak usang, segera kita siapkan telur ayam segar untuk proses masak selanjutnya.


Proses penggorengan telur mata sapi


Pecahkan telur dan perlahan jatuhkan ke atas permukaan wajan. Biarkan sejenak sampai putih telur mulai berbentuk, kemudian kemudian bumbui dengan garam secukupnya. Selanjutnya, masak hingga putih telur semakin padat, tetapi kuning telur masih dalam keadaan terjaga.


Jangan gunakan spatula untuk mengaduk-ngaduknya dikala menciptakan telur mata sapi. Bila mau, goyang-goyangkan wajan supaya mentega atau margarin terlumuri pada seluruh bab bawah telur. Sajikan!


Beragam hidangan telur lainnya


Sudah banyak banyak sekali cara mengolah telur yang pernah dibagikan di Masak Apa Hari Ini. Protein murah semarak dan bernutrisi ini memang sungguh fleksibel diolah dalam bentuk apapun ataupun dipadukan dengan aneka macam sajian. Misalnya saja Cara Membuat Telur Balado, Sate Telur Gulung, hingga Cumi Bakar yang diisikan tahu dan telur.


Bagi yang hobi dengan olahan telur bergaya Barat, tentu tidak boleh ketinggalan dengan aneka macam tips masak telur mirip soft boiled egg, scrambled eggs, hingga poached egg yang waktu itu sudah pernah tampil di MAHI.


Telur mata sapi tersaji dengan roti bakar.
Sarapan ringan dan bernutrisi dengan telur mata sapi, roti bakar dan salad. (Foto: Shutterstock)

Sudah semakin familiar pasti dengan istilah-istilahnya, bukan? Kesemuanya ini cocok disajikan sebagai bintang utama makan pagi ataupun brunch di simpulan pekan. Padukan paling mudahnya dengan sosis, salad sederhana, serta pastinya roti bakar. Ingin bereksperimen dengan materi-bahan yang lain? Padukan saja, niscaya akibatnya cocok dengan olahan telur terbaru ini.


Kalau begitu, kini adalah waktunya yang tepat berbagi cara menciptakan telur mata sapi yang sangat populer ini. Pastikan balasannya lebih maksimal dengan tindakan simpel tadi. Selamat mencoba, sahabat MAHI!