Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuliner Sederhana Jadi Lebih Sehat Dengan Teknik Masak Berikut Ini

Ingin dietmu sukses dengan kuliner sederhana? Kamu butuh gosip seputar teknik masak yang akan membantumu menciptakan masakan sehat dengan cara yang mudah. Menariknya, beberapa teknik ini akan membuatmu meminimalkan pemakaian minyak untuk keperluan mengolah masakan. Selain lebih sehat, teknik-teknik mengolah makanan ini juga praktis dan sempurna untuk banyak sekali jenis masakan.


Yuk, intip apa saja teknik kuliner sehat untuk membuat masakan sederhana ini:


Blanching atau blansir


Yaitu mencelupkan materi ke dalam air mendidih sampai tingkat kematangan yang dikehendaki. Kemudian bahan diangkat kemudian dicelupkan ke dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan.


Blansir mampu kamu praktikkan untuk memasak sayuran, daging ayam, seafood, dan kacang-kacangan. Misalnya: sayuran tumis, grilled vegetables (teknik ini dipakai untuk sayuran yang perlu dimatangkan apalagi dahulu),  dan sayuran untuk steak.


Kamu juga bisa menciptakan stok sayuran rebus ini lalu dibekukan dalam freezer untuk persediaan sayuran matang disaat kau buru-buru. Tinggal dipanaskan dengan cara ditumis atau di-grill. Mudah!


Masakan sederhana berupa plecing kangkung dengan sambal pedas khas Lombok.
Masakan sederhana yang sehat mirip plecing kangkung diproses dengan cara diblansir. (Foto: Shutterstock)

Roasting


Atau memanggang masakan dalam oven. Sangat pas kalau kamu menerapkannya untuk daging ayam utuh atau potongan dan juga daging sapi. Meski begitu, kau juga mampu menyuguhkan sayuran dan karbohidrat memakai teknik masak ini. Misalnya saja roasted potato atau kentang panggang, labu-labuan, dan umbi-umbian.


Ayam dan kentang yang dipanggang dalam oven, satu contoh makanan sederhana.
Ayam panggang yang sungguh sederhana tetapi sedap ini cocok untuk sajian dietmu. (Foto: Shutterstock)

Pan frying


Pan frying yaitu teknik menggoreng dengan minyak sedikit dan biasanya dilaksanakan dalam wajan datar. Memasak dengan menggunakan teknik ini dilaksanakan supaya menerima tekstur garing pada permukaan bahan. Misalnya saja pan-fried salmon, pan-fried vegetables (sungguh sering dipakai untuk memasak zucchini, terung, bawang bombay, wortel, dan yang lain), steak ikan, dan dada ayam.


Steaming atau kukus


Agar tidak jenuh dengan memakai dedaunan selaku pembungkus, kamu dapat mengukus makanan dengan memakai baking paper atau kertas roti dan aluminum foil. Supaya lebih beraroma, kamu bisa menambahkan bawang putih serta daun aromatik seperti rosemary, thyme, atau kuman. Jika ingin nuansa tradisional, tentunya kamu membutuhkan serai, lengkuas, daun salam, serta daun jeruk.


Masakan sederhana sayuran kukus dalam bamboo steamer.
Selain ditumis, kau juga mampu memasak sayur dengan cara dikukus. (Foto: Shutterstock)

Grilling


Inilah saatnya kamu membeli grill pan atau wajan grill. Wajan ini akan sangat menolong mendukung planning pola hidup sehatmu. Masakan mirip ikan, daging ayam, daging sapi, atau seafood pastinya tak kalah enak bila dibakar. Jangan lupa dibumbui terlebih dahulu, ya!


Dengan berbekal teknik masak di atas, kamu bisa berkreasi dengan beragam sajian. Coba juga resep Ikan Bakar Bumbu Rujak, Ayam Bakar Ketumbar Jeruk Nipis, atau Gado Gado Surabaya selaku permulaannya. Selain itu, kalau ingin sesekali menjajal mengolah makanan dengan teknik deep-frying, jangan lupa juga perhatikan langkah-langkahnya biar jadinya tepat. Selamat mengolah makanan!