Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaatkan Berbagai Olahan Dari Bawang Putih Berikut Ini

Bawang putih dan fleksibilitasnya dalam dunia masak memasak sangatlah hebat. Milyaran orang di dunia menggemari rasanya yang begitu kaya, tetapi tetap saja kadang-kadang materi ini disalahartikan selaku sumber bacin ekspresi. Tapi ketahuilah bahu-membahu jenis bawang yang satu ini sungguh tidak tergantikan oleh apapun!


Nasi goreng khas Jepang dengan bawang putih.
Nasi goreng bawang putih, khas penutup makan seru teppanyaki! (Foto: Shutterstock)

Bayangkan ayam bakar dengan yang aromatik dan ditemani oleh bawang putih dan aneka macam herba lainnya. Atau bayangkan juga nasi goreng bawang putih yang menjadi menu pamungkas dikala kita menikmati teppanyaki. Apalagi ada ribuan resep tumisan lainnya dari seluruh dunia yang membutuhkan bahan ahli ini. Maka dari itu kenalilah materi ini secara keseluruhan, alasannya adalah materi yang satu ini mampu kita manfaatkan dalam aneka macam bentuknya!


1. Bawang putih utuh


Tak perlulah kita senantiasa mencincang bawang ini sampai halus. Karena selain menyibukkan, bisa jadi kita terluka dibuatnya. Padahal penggunaan bahan ini bisa dengan cara bermacam-macam. Misalnya saja dalam bentuk satu siung utuh, kita bisa menggunakannya untuk mengolah masakan semur ataupun saus. Bila diolah usang, maka bawang akan luruh dengan sendirinya.


Contoh yang lain seperti yang kita lihat di tukang nasi goreng. Bawang putih cuma dimemarkan dengan spatula dan siap untuk diolah dalam menu tumisan. Kemudian untuk yang diparut, kita mampu menggunakannya selaku  dressing untuk salad. Sementara untuk yang dipotong saja, maka pergunakanlah untuk menggoreng. Sungguh fleksibel!


2. Bawang putih goreng


Inilah beliau inovasi terbaik umat insan untuk dunia kuliner! Bawang putih yang dipotong tipis dan digoreng renyah memiliki cita rasa yang luar biasa. Gunakan yang satu ini sebagai bahan taburan untuk sup ataupun macaroni. Ingin tahu cara yang lebih baik? Goreng sejenak bareng minyak agar menjadi aromatik dan jadikan minyak tersebut selaku salah satu bahan untuk saus ataupun untuk membuat nasi goreng bawang putih yang super enak!


3. Bawang putih abu


Bawang putih yang sudah dikeringkan dan digiling memang begitu ajib, tapi tentu tidak ada yang mengalahkan rasa dari bentuknya yang orisinil. Gunakan versi ini dalam keadaan tertentu saja, contohnya saat sedang membuat popcorn atau untuk membuat marinasi daging dalam bentuk abu. Secara prinsip, bumbu yang dikeringkan akan menyusut kekuatan rasanya seiring berjalannya waktu. Makara bagi kau yang punya bumbu bubuknya teronggok begitu saja sekian lama, maka Chef berwasiat pada kalain untuk secepatnya mempergunakannya!


4. Garlic confit


Garlic confit yang dibuat dari bawang putih.
Garlic confit bisa tersaji untuk menemani sajian steak yang akan memperbesar kelezatannya! (Foto: Shutterstock)

Nah, inilah yang paling kontemporer. Kalau kita sering melihatnya hanya di restoran, padahal bantu-membantu mudah kok untuk dibuat di rumah. Caranya cukup dengan mempersiapkan sekian belas siung bawang putih yang direndam bareng minyak zaitun serta daun thyme, rosemary, dan bay leaf segar dalam baki oven. Kemudian panggang selama kurang lebih satu jam hingga bawang putih menjadi lembut. Gunakan yang satu ini untuk menciptakan garlic bread, campuran kentang tumbuk, ataupun sobat makan steak.


5. Bawang putih yang telah bertunas


Bisa jadi jikalau telah cukup berumur atau tidak disimpan secara baik maka akan bermunculanlah tunas-tunas hijau darinya. Sebetulnya ini masih aman untuk dipakai, hanya saja rasanya sudah menjadi lebih pahit. Bisa saja kamu menggunakannya, namun pastikan untuk memotong tunas-tunas ini apalagi dahulu. Kalau aku? Lebih baik beli yang gres saja!


Bagaimana tips-tips Chef soal materi ini? Pastinya harus lebih membuatmu antusiasdalam mengolah makanan. Jangan lupa untuk senantiasa cek aneka macam resep dan postingan yang telah saya bagi di Masak Apa Hari Ini. Begitupun sekian banyak produk yang pastinya bakal membantumu untuk memasak. Sampai ketemu di cerita yang lain soal masakan!