Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Berhasil Cara Menciptakan Donat Kentang Yang Empuk

Di tengah maraknya tren donat yang silih berubah, perkara cara menciptakan donat kentang tentunya senantiasa dicari-cari oleh para penggemarnya. Sama halnya seperti donat kampung, donat kentang juga disukai sebab cita rasanya yang sederhana dengan tekstur yang empuk dan fluffy.


Proses dan cara menciptakan donat kentang sama halnya mirip donat biasa, hanya sebagian komposisi tepung terigu digantikan dengan kentang yang sudah dikukus dan ditumbuk halus. Jika ingin lebih mudah, kau juga mampu memakai potato flakes siap pakai yang bisa kamu dapat di pasaran.


Berikut adalah beberapa langkah yang perlu kamu amati dikala membuat donat kentang.


1. Perbandingan gabungan kentang dengan tepung


Cara membuat donat yang empuk adalah dengan perbandingan tepung yang tepat.
Bentuk donat yang mengembang tepat dan empuk yaitu yang senantiasa dicari-cari. (Foto: Shutterstock)

Gunakan perbandingan kentang dengan komposisi 1:1/2 dan 1:2/3 dengan tepung terigu dalam adonan donat. Misal kamu mampu memakai perbandingan 500 g tepung terigu protein tinggi dengan 250 g kentang kukus yang telah dihaluskan. Fungsi kentang halus dalam gabungan yaitu untuk memberi tekstur donat yang lebih empuk, padat, namun lembut.


2. Proses fermentasi yang pas


Dalam membuat campuran donat, beberapa resep menggunakan proses fermentasi berkali-kali. Fungsinya yakni untuk menghasilkan adonan donat yang lebih ringan. Kamu bisa menguji coba beberapa resep dengan proses fermentasi berlainan sampai mendapat tekstur donat yang cocok dengan seleramu.


3. Gunakan minyak goreng padat


Cara membuat donat kentang dengan minyak goreng padat.
Contoh penggunaan minyak goreng padat untuk menggoreng donat. (Foto: Shutterstock)

Disebut juga deep frying fat, atau lemak padat yang biasa dipakai di industri kuliner untuk menggoreng donat, ayam goreng, atau hidangan serba gorengan. Kelebihan dari minyak goreng padat ini ialah hasil gorengan tidak menyerap minyak dan lebih tahan panas dibanding minyak goreng biasa. Jika memakai minyak goreng biasa, kamu semestinya memakai minyak goreng yang masih baru semoga cita rasa donat lebih lezat dan bacin.


4. Perhatikan suhu minyak panas


Hindari menggoreng donat dengan suhu yang terlalu tinggi. Minyak yang terlalu panas akan membuat permukaan donat gelap atau cenderung gosong sementara  Temperatur yang tepat untuk menggoreng donat yakni 185° C sampai 190° C. Dengan suhu ini, kau dapat menggoreng donat sekitar 2 menit.


Nah, semoga dengan empat langkah ini, kau akan lebih bisa menguasai cara membuat donat kentang dengan tekstur yang tepat dan juga sesuai seleramu. Pastikan juga untuk senantiasa cek beberapa tips berhasil yang lain dari Masak Apa Hari Ini seperti cara menciptakan campuran pempek anti gagal, cara menciptakan nasi goreng kontemporer, sampai menciptakan daging BBQ yang sedap. Jangan lupa mampir juga ke bab resep untuk mempersiapkan jadwal memasakmu di tamat pekan ini!