Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Cara Menggoreng Ayam Sesuai Dengan Resepnya

Dari sejumlah kuliner ayam goreng yang paling difavoritkan seperti ayam goreng lengkuas, ayam goreng kremes, atau ayam goreng cabai garam, semua punya belakang layar cara menggoreng ayam yang berbeda. Kunci keberhasilannya dimulai dari proses antisipasi hingga menggoreng yang punya trik tersendiri. Supaya kau andal soal masakan ayam yang digoreng, kiat berikut ini dijamin mampu menolong keterampilan kamu di dapur.


Ayam goreng yang diungkep


Ungkep daging ayam dengan menggunakan sedikit air atau bahkan tanpa sama sekali karena daging ayam sendiri telah mengandung banyak air. Menggunakan air terlalu banyak akan menciptakan rasa gurih daging menyusut. Beri waktu bagi bumbu ungkep untuk meresap setidaknya berjam-jam atau bahkan semalaman dalam kulkas agar lebih mantap.


Jangan terlalu lama mengolah makanan daging pada proses mengungkep, apalagi jikalau kau memakai daging ayam negeri yang akan condong lebih singkat matang. Terlalu usang pada proses ungkep akan membuat daging lebih cepat hancur. Ini juga berlaku kalau kau terlalu sering mengaduk daging ayam.


Proses menggoreng dengan durasi dan besar api yang tepat juga menentukan tekstur dan warna yang tepat. Agar tekstur daging ayam tidak keras, hindari menggorengnya terlalu usang. Gunakan api besar untuk menjadikannya garing dan berwarna cokelat keemasan. Proses mengungkep telah menjadikannya matang, jadi kau tak perlu menggorengnya terlalu usang.


cara menggoreng ayam
Sebelum digoreng, biarkan bumbu meresap apalagi dahulu. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng berbalur tepung


Bumbui daging ayam dengan bumbu perendam. Jika kau masih pemula, pilih daging ayam yang tak terlalu besar dengan bagian daging sekitar 8-12 potong per ekor. Potongan daging yang lebih kecil akan menolong daging ayam matang lebih cepat. Kesalahan menggoreng ayam goreng tepung lazimnya yakni bab dalam yang belum matang, sementara bab luarnya sudah berwarna cokelat gelap.


Beda dengan proses menggoreng ayam ungkep yang hanya sebentar saja, cara menggoreng ayam balur tepung yang benar memerlukan ‘permainan’ api  yang tepat supaya matang merata dan lapisan tepung garing. Di tengah proses menggoreng, kecilkan api semoga bagian terdalam daging matang tepat. Setelah daging hampir matang, besarkan api sebentar untuk menciptakan tekstur kulit dan tepung menjadi renyah.


cara menggoreng ayam
Bersihkan minyak yang kotor sebab tepung sebelum menggoreng ayam goreng tepung yang gres. (Foto: Shutterstock)

Ayam goreng kremes


Yang paling tricky saat menggoreng ayam goreng kremes adalah tepung kremes yang digunakan. Gunakan air es untuk menciptakan adonan tepung supaya hasil kremesan garing. Jika suhu campuran telah tidak dingin, tambahkan es serut. Hati-hati saat menggoreng kremesan alasannya adalah minyak panas akan meletup-letup. Untuk semua jenis ayam goreng, pastikan kamu memakai minyak banyak atau komposisi minyak yang merendam daging ayam supaya daging matang merata.