Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Kiat Menciptakan Bekal Anak Untuk Menambah Nafsu Makannya

Bekal anak yang kaya nutrisi wajib terdiri dari karbohidrat, protein, sayuran, dan lemak. Dalam merencanakan bekal anak yang komplit, selain soal waktu memasak, ibu juga dituntut kreatif supaya momen membuka bekal makanannya selalu menjadi kejutan menggembirakan baginya.


Presentasi yang menawan jadi kunci kesuksesan semoga anak senang dan doyan melahap bekalnya. Sebagai ilham, ibu mampu mengolah salah satu atau dua jenis hidangannya dengan permainan warna atau bentuk-bentuk makanan yang bermacam-macam supaya nafsu makannya bertambah.


Karbohidrat


Ada beberapa cara menyajikan sumber karbohidrat supaya menjadi penampilan yang berlainan dari biasanya. Contohnya ialah selaku berikut:


Nasi goreng tomat: Warna merah dari nasi goreng tomat akan memikat si kecil. Hiasi dengan irisan telur dadar   di atasnya.


Nasi gulung: Sendokkan nasi ke atas lembaran nori. Gulung, lalu potong-potong. Ibu juga mampu mengisinya dengan irisan sayuran dan daging.


Nasi uduk ungu: Buat nasi uduk ungu dengan mengambil warna ungu alami dari bunga telang.


Protein


Tahu – tempe: Buat tempe orek atau tahu nugget yang dicetak dalam beberapa bentuk.  Misalnya mirip bentuk binatang, aksara huruf, atau bentuk lainnya yang menciptakan si kecil lebih terpesona.


Ikan goreng: Iris-iris ikan menjadi kotak kecil, kemudian goreng dengan adonan tepung.


Ayam panggang: Pilih kepingan daging ayam yang menjadi hobi si kecil. Misalnya paha bawah atau sayap.


bekal anak
Nugget bentuk dinosaurus. (Foto: Shutterstock)

Sayuran


Jika karbohidrat dan protein telah dibentuk mempesona, supaya tak terlalu repot, menu sayuran bisa dibentuk sepraktis mungkin. Misalnya adonan sayuran campur yang ditumis, mirip wortel, jagung pipil, dan buncis mampu ditumis. Sayuran juga mampu diolah bersama bahan protein lain, misalnya telur.


Contoh kuliner yang mampu dibentuk yaitu seperti: Tumis Buncis Telur, Cah Ayam Jamur, atau Daging Sapi Brokoli.


Lemak


Ibu mampu menentukan lemak berbahan daging, ikan, telur, atau olahan hewani mirip keju dan mentega. Selang seling jenis lauk dan cara memasaknya semoga si kecil tak lekas jenuh.


Contoh hidangannya ialah Steak Daging Saus Tomat dan Ayam Goreng Saus Mentega.


Selain materi-materi di atas, ibu juga mampu menyiapkan hidangan sepinggan atau one dish meal, menu ini ialah hidangan simpel yang sudah mengandung semua kebutuhannya. Dalam seporsi bekal sudah mengandung karbohidrat, lauk, dan sayuran.


Misalnya saja seperti Nasi Goreng Daging Giling Sayuran, Pangsit Kuah, Nasi Bakar Ayam, atau Mie Goreng Ayam Sayuran.




Hal-Hal Lain yang Perlu Dipersiapkan


Untuk menyajikan penyajian bekal anak yang menggemaskan, ibu butuh pinjaman alat-alat ini untuk memudahkan prosesnya, mirip:



  1. Cetakan nasi aneka bentuk


Banyak tersedia di pasaran, umumnya cetakan ini digunakan untuk membuat bento anak.


bekal anak
Cetakan kelinci ini mampu digunakan untuk nasi, telur, atau nugget. (Foto: Shuterstock)

2. Cetakan kudapan manis kering atau cetakan kukis


Cetakan berbahan logam, silikon, atau plastik berupa hewan atau buah-buahan ini bisa didapat di toko materi kue.


3. Pisau kecil


Pisau yang berbilah tajam dan tipis ini mampu dipakai untuk membentuk sayuran dan menu lain dengan rapih dan bagus.


4. Gunting


Biasanya dipakai untuk membentuk atau memangkas bahan yang teksturnya tipis. Misalnya nori, dedaunan, dan yang lain.


5. Pinset


Untuk menciptakan bento yang rincian, biasanya para pembuat bento memperkuat huruf makanannya dengan santunan pinset sebab ukuran bahannya kecil. Misalnya untuk memberi mata, rambut, atau hidung, dan lainnya.


Bagaimana dengan permintaan-seruan tadi untuk menciptakan bekal anak jadi lebih seru? Jangan lupa kunjungi resep-resep lain untuk mencari pandangan baru lainnya. Semoga bermanfaat!