Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Supaya Bawang Goreng Renyah, Ikuti Caranya Berikut Ini!

Bawang goreng ialah materi perhiasan yang begitu penting. Bayangkan bubur ayam, nasi uduk, ataupun satai tanpa kehadiran bawang merah goreng. Ya, tentu masih bisa dicicipi namun begitu terasa kekurangannya tanpa kehadiran mereka. Bagi para penggemarnya, tentu kurang puas rasanya saat menemukan bila bawang goreng terasa gosong ataupun tidak renyah. Nah, berikut adalah tips singkat dari Chef agar bawang goreng renyah dapat tersaji dengan manisnya di atas meja makan rumah setiap harinya.


bawang goreng renyah
Rasanya kurang saat bubur ayam tersaji tanpa kehadiran bawang goreng. (Foto: Shutterstock)

Pertama, bawang merah harus diiris halus sesempurna mungkin. Bermodalkan potongan yang sama besarnya, maka hasil penggorengan akan lebih merata. Meskipun proses ini cukup mengkonsumsi waktu, anggap saja ini sebagai sebuah latihan yang bagus bagimu supaya kecepatan serta ketepatan memotongmu makin baik dari waktu ke waktu. Selalu ada segi yang menguntungkan dari apa-apa yang dipelajari di dapur setiap harinya.


Kedua, taruh semua bawang merah yang telah diiris dalam satu wadah dan tuangkan air panas ke dalamnya. Aduk hingga merata.


Ketiga, bumbui dengan garam secukupnya. Tujuannya pasti biar bawang goreng nanti memiliki rasa yang tidak dingin ataupun pahit. Kembali aduk biar merata dan tiriskan.


bawang goreng renyah
Bawang merah Indonesia diketahui dengan istilah shallot atau small onion. (Foto: Shutterstock)

Keempat, panaskan wajan dan minyak yang agak banyak. Goreng bawang hingga keemasan. Perhatikan pertumbuhan warnanya selama proses penggorengan biar bawang tidak menjadi gosong.


Selanjutnya, bawang goreng renyah siap disajikan sebagai taburan aneka macam masakan kesukaanmu di rumah. Bahkan jikalau kamu bepergian jauh dan meninggalkan rumah agak usang, pastikan menenteng sebungkus semoga tidak homesick – selain pastinya Bango Kecap Manis.


Selamat menjajal !