Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Kiat Kuliner Ini Akan Membuatmu Terlihat Seperti Chef!

Kamu menggemari steak daging yang smokey dan garing di luar namun moist dan juicy di dalamnya? Atau bagaimana bila membuat adonan bumbu ayam goreng tepung yang gurih dan hasil akhirnya yang tebal tepungnya namun tetap matang di dalamnya? Kamu butuh kiat masakan yang membuat hidanganmu tampakseolah sebuah karya dari seorang chef. Begitu juga dengan beberapa masalah di dapur yang sering kali membuatmu malas kembali memasak.


Ini beberapa tips masakan yang penting kau pahami:


1. Kulit salmon pan-fried crispy


Sama halnya mirip steak daging, tentukan wajan benar-benar panas sebelum meletakkan salmon. Beri 1 sendok makan minyak, letakkan salmon dengan kulit menghadap ke wajan. Masak sampai kulit salmon kecokelatan dan garing, lalu balikkan. Masak kembali permukaan salmon di satu sisinya hingga pori-pori permukaannya terkunci ditandai dengan pergeseran warna. Kecilkan api, masak sampai salmon matang sesuai tingkat kematangan yang diharapkan. Hindari mengolah makanan terlalu lama supaya masih mendapat daging salmon yang juicy.


tips masakan
Kulit salmon yang garing bikin ketagihan. (Foto: Shutterstock)

2. Masakan keasinan


Kamu pasti sebal jikalau masakanmu keasinan. Cobalah kiat yang satu ini!


Masukkan penggalan kentang ke dalam masakan. Biarkan kentang menyerap rasa asin yang berlebihan di dalam kuah kuliner. Angkat saat telah matang, keluarkan kentang.


3. Steak moist di bab dalam dan garing di luar


Pastikan wajan anti lengket atau grilling pan betul-betul panas sebelum menaruh steak. Masak hingga kecokelatan di kedua sisinya. Kemudian kecilkan api, masak sampai tingkat kematangannya sesuai yang kamu kehendaki. Suhu tinggi di awal proses pemasakan akan mengunci permukaan daging sehingga sari daging tidak keluar dan akan membuat bagian dalam steak tidak kering.


4. Pilih pisau multifungsi


Pisau ialah sahabat chef di dapur. Pilih jenis pisau yang sempurna yang akan membantumu dalam kecepatan dan kerapihan dari bentuk setiap penggalan. Selain bilah pisau wajib tajam, gunakan pisau dengan bilah lebar di bagian pangkal pisau.


Pilih pisau tipe vegetable knifechef’s knife atau deba knife (ungkapan bentuk pisau Jepang) yang punya bilah lebar di pangkal pisau. Bilah yang lebar ini menciptakan proses memangkas, mengiris, dan mencincang lebih tenteram dan menolong masa proses pengutamaan memotong bahan sayuran atau daging.


tips masakan
Pilih pisau yang tepat untuk teman di dapur. (Foto: Shutterstock)

5. Memasak bubur nasi dengan cepat dan gampang


Memasak bubur cenderung lebih lama alasannya beras memerlukan waktu matang dan pecah yang usang dalam suhu panas. Cara tercepat yaitu dengan merendam beras semalaman terlebih dulu. Cara ini efektif membuat beras lebih cepat matang menjadi bubur.


Ingin lebih praktis tanpa mesti repot mengolah makanan di kompor? Ini cocok bagi kamu yang ingin sarapan bubur ayam kampung di pagi hari. Masak bubur dalam semalam sebelumnya dengan memasukkan semua bahan bubur ke dalam rice cooker atau slow cooker. Paginya bubur sudah siap saji tanpa perlu repot.