Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Membuat Rempeyek Yang Tipis, Garing, Dan Renyah

Rempeyek atau peyek populer dihidangkan bareng nasi pecel. Namun, rempeyek tak cuma punya orang Jawa. Peyek mampu ditemukan di aneka macam tempat, mulai dari Riau, Medan, Banyuwangi, sampai Padang. Memang, beda tempat, beda pula ciri khasnya.


Gorengan berbahan dasar tepung ini mampu dipadukan dengan aneka macam protein, mulai dari kacang-kacangan, ikan teri, hingga udang. Jenis yang paling sering didapatkan yakni peyek kacang. Selain itu, kerenyahan peyek juga jadi daya tariknya. Semakin tipis, garing, renyah, dan gurih, kian sempurna sajiannya.


Jika kamu tertantang untuk menciptakan sendiri peyek di rumah, ada beberapa tips yang mampu dikerjakan supaya teksturnya tepat. Apa saja itu? Berikut tiga poin penting dalam pembuatan rempeyek, mulai dari pengolahan campuran, teknik penggorengan, dan penyimpanannya.


1. Pengolahan gabungan


Adonan sungguh memengaruhi tekstur simpulan hidangan gorengan. Misalnya saja dimulai dari komposisi tepung. Bahan dasar rempeyek yaitu tepung beras, namun kamu mampu membubuhkan sedikit tepung sagu atau tepung tapioka untuk hasil yang lebih renyah. Pilihlah tepung berkualitas terbaik, serta pastikan tepung bebas tidak apek dan ayak terlebih dahulu.


Campurkan dengan air atau santan juga bumbu mirip bawang putih, ketumbar, kemiri, kencur, dan daun bawang. Kemudian, aduk campuran sampai merata. Adonan jangan dibentuk terlalu pekat, semestinya lebih cair supaya tekstur rempeyek tipis dan renyah. Nah, soal cara menggorengnya, yuk kita lihat kiat kedua!


2. Teknik menggoreng rempeyek


Rempeyek kacang sedang digoreng di atas minyak panas.
Cara menggoreng rempeyek memengaruhi hasil kesudahannya. (Foto: Shutterstock)

Nah, alasannya adalah gabungan cukup cair, teknik menggoreng tidak mampu sembarangan. Pertama, kamu harus memiliki wajan cekung anti lengket supaya proses penggorengan jadi lebih mudah. Satu jenis bahan wajan yang ideal yaitu cast iron, tetapi dengan wajan umumnya juga masih memungkinkan. Kemudian, jangan memasukkan adonan pribadi ke dalam rendaman minyak karena akan hancur seperti kremesan.


Sendok adonan lalu tuangkan dibagian pinggir wajan. Atur isian peyek biar menyebar sempurna. Lalu siram-siram minyak di atasnya. Gunakan api sedang, semoga peyek tidak mudah gosong dengan mengering dengan sempurna.


Jika telah mengering, gres kita mampu lepaskan dari permukaan wajan dan biarkan mengambang di rendaman minyak goreng. Angkat dan tiriskan minyak apalagi dahulu sebelum dimasukkan ke dalam toples atau plastik pembungkus.


3. Pengemasan rempeyek


Satu piring nasi pecel lengkap dengan sayuran, tempe, dan rempeyek.
Peyek sering disuguhkan bersama nasi pecel. (Foto: Shutterstock)

Setelah rempeyek ditiriskan dan tidak panas, baru kita siapkan wadah untuk mengemasnya. Jika kau menciptakan peyek untuk sajian keluarga, kamu bisa menyiapkan toples kedap udara – baik yang dibuat dari beling atau plastik. Masukkan bantalan berbentuktisu di bawah toples, kemudian tutup wadah dengan rapat.


Kamu juga mampu menyimpannya dalam plastik bening yang steril. Gunakan alat press plastic atau vacuum sealer semoga udara tidak mudah masuk. Cara yang satu ini cocok diseleksi untukmu yang ingin berjualan rempeyek atau menyimpannya dalam waktu yang lebih usang.


Dengan tiga poin penting semoga rempeyek buatanmu bertekstur renyah, tipis, dan gurih. Lihat juga video cara menciptakan peyek untuk lebih lanjutnya. Sajikan hidangan tradisional yang nikmat untuk keluarga!