Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Turunkan Berat Tubuh Dengan 6 Cara Berikut Yang Jarang Terpikirkan Sebelumnya

Manusia masa kini gemar berkutat dengan pertanyaan ihwal bagaimana caranya turunkan berat tubuh. Satu urusan yang di zaman dahulu mungkin jarang ditemukan. Di antaranya, ini disebabkan alasannya adalah ketersediaan masakan dan pilihannya yang berlimpah sehingga membuat kita cenderung konsumtif.


Tidak hanya itu, mobilitas penduduk urban umumnya berkutat cuma di balik meja kantor saja sehingga banyak dari kita yang mager alias malas gerak. Walhasil, cara turunkan berat badan lebih berkisar di antara pembatasan makanan ketat atau olahraga yang intens. Tentunya ini sulit dikerjakan pada umumnya orang yang memang sibuk ataupun berat untuk berinvestasi dalam hal-hal semacam itu.


Padahal turunkan berat badan bisa dengan berbagai cara yang bisa ditempuh gampang dan tidak memerlukan banyak pengeluaran. Berikut yakni di antaranya:


1. Kurangi konsumsi gula


Hindari gula bantu turunkan berat badan.
Sulit menolak dessert cantik memang, tapi itulah cara untuk turunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Secara biologis, manusia memang dirancang untuk menyukai rasa anggun. Orang Amerika Serikat bahkan dalam seharinya mampu mengonsumsi gula sebanyak 19 sendok teh. Jauh lebih banyak dibandingkan dengan yang dianjurkan – 6 sendok teh untuk wanita dan 9 sendok teh untuk laki-laki.


Menariknya, ada teori bahwa berdiet gula bisa lebih efektif menurunkan berat badan dibandingkan diet lemak. Tapi intisari keduanya ialah mengajak kita untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat mirip protein rendah lemak, serealia, kacang-kacangan, buah-buahan, serta sayuran. Contohnya yaitu 9 makanan sehat yang wajib dikonsumsi ini.


2. Konsumsilah masakan “sungguhan”


Disebut “sungguhan” adalah sebab masakan yang dimasak sendiri dari nol pasti jauh lebih sehat dibandingkan makanan kemasan. Makanan “sungguhan” biasanya mempunyai kadar serat yang tinggi, dan ini tidak dimiliki oleh produk kemasan seperti frozen pizza ataupun keripik kentang. Serat berfungsi untuk memperlihatkan rasa kenyang dan tentunya baik juga untuk pencernaan.


Soal pilihannya jangan khawatir, terlalu banyak opsi kuliner yang bisa kita konsumsi tapi tetap mempertahankan badan tetap sehat dan ramping. Selain itu, makanlah hanya saat waktu makan tiba dan rasa lapar telah timbul. Dengan demikian pola makan menjadi terstruktur dan kita menyingkir dari camilan-makanan ringan di luar jam makan.


3. Minum air apalagi dahulu


Air adalah satu cara turunkan berat badan.
Minum air sebelum makan mampu membantu turunkan berat badan. (Foto: Shutterstock)

Satu studi mengemukakan bahwa meminum air setengah jam sebelum makan dapat membantu turunkan berat badan hingga 44% dalam waktu 3 bulan. Selain itu, minum air mampu merangsang kerja metabolisme tubuh sampai 30% selama abad sampai 1,5 jam berikutnya. Dengan air, kita juga jadi terdorong untuk tidak menyertakan kalori lebih banyak saat makan sebab perasaan kenyang sudah datang lebih dulu. Ingin lebih sehat lagi? Konsumsi buah juga terlebih dulu sebelum makan.


4. Makan secara perlahan


Di kala masakan ini, kita condong menikmati kuliner secara cepat dan bahkan terlampau banyak. Padahal dengan mengonsumsi makanan secara perlahan mampu menolong kerja pencernaan lebih gampang, menyerap lebih banyak nutrisi, dan membuat kenyang lebih cepat. Teknik makan secara perlahan berasal dari masyarakat Timur Tengah yang menganjurkan bahwa sesuap masakan saja seharusnya dikunyah sampai puluhan kali.


Beberapa studi pertanda bahu-membahu 4,000 orang pria dan wanita paruh baya mengaku bahwa kecepatan makan mereka terlalu tinggi. Ini menyebabkan mereka bertambah berat badannya secara konstan sejak usia 20 tahun. Studi lain juga mengatakan bahwa orang yang terlalu cepat makannya rawan mengalami obesitas 115% dibandingkan yang lebih lambat.


5. Hitung berat tubuh setiap harinya


Timbangan akan bantu turunkan berat badan.
Cek berat badan saban hari biar memotivasimu turunkan berat tubuh. (Foto: Shutterstock)

Secara psikologis pastinya kita akan merasa tidak tenteram kalau mendapati bahwa berat badan naik ketika ditimbang. Maka inilah cara yang unik untuk menjaga diri kita dari mengonsumsi kelebihan kuliner setiap harinya. Sehingga ada aspek motivasi yang mampu membatasi kita untuk semena-mena menikmati camilan ataupun makan terlampau banyak. Meski terdengar sederhana, cara yang satu ini mampu jadi lebih efektif ketimbang berinvestasi banyak untuk olahraga berat ataupun makanan yang berkualitas terlalu tinggi.


6. Tidur lebih awal


Meskipun pekerjaan kadang kala menghalangi kita dari tidur permulaan ataupun menikmati tidur bermutu, tetap sempatkanlah untuk menerima kemewahan yang satu ini. Banyak resiko yang mampu ditimbulkan hanya alasannya adalah mutu tidur rendah ataupun waktu tidur yang tidak mencukupi.


Misalnya saja ada studi yang memperoleh kalau waktu tidur terlalu pendek mampu dikaitkan dengan masalah obesitas. Begitupun kalau disandingkan dengan tidur berkualitas rendah, maka potensial memanggil persoalan jantung, stroke, diabetes, serta depresi. Waktu tidur yang cukup dan berkualitas sebaliknya akan membuat tubuh lebih sehat, memajukan fokus, performa atletis lebih baik, dan membantu interaksi sosial kita. Dengan sendirinya, tidur cukup justru membantu pekerjaan kita sehari-hari.


Ingin mencari cara-cara lainnya agar turunkan berat tubuh? Misalnya saja ada beberapa materi makanan pembatasan makanan yang murah semarak yang mampu disantap ataupun bahkan kacang hijau. Begitupun ada beberapa ilham salad buah untuk simpulan pekan nanti serta teknik masak yang bisa dipelajari agar menciptakan masakan sehat.