Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk, Pahami 5 Olahan Kentang Yang Jadi Sahabatnya Steak!

Buat yang hobi makan steak, tentu saja tahu jika kuliner daging yang satu ini punya banyak pendampingnya. Satu yang paling utama ialah olahan kentang. Tak cuma digoreng, rupanya kentang bisa dikreasikan macam-macam semoga masakan secara keseluruhan tampil lebih menawan. Selain itu, kentang juga punya peranan penting untuk saling mengisi dengan daging steak agar cita rasa makin menggiurkan.


Pada peluang kali ini, aku ingin mengajak kamu berkenalan dengan macam-macam olahan kentang di luar sana. Dengan mengetahuinya, mungkin saja mampu memperbesar khazanah resep di rumah semoga kreasi di dapur semakin beragam. Yuk, kita simak satu per satu!


1. French fries, olahan kentang paling terkenal


Inilah dia yang paling kondang di antara seluruhnya. Apalagi alasannya adalah bila bukan gampang untuk diolah ataupun dicari di swalayan. Bumbui sedikit dengan garam saja telah selangit rasanya, bukan? French fries, atau chips bila orang Inggris menyebutnya, hadir di segala kesempatan. Tak cuma sebagai sahabat untuk steak, French fries juga hadir walau cuma dipadankan dengan sosis maupun disantap pribadi.


Meskipun terlihat sama, rupanya French fries juga tampil dengan berbagai bentuk. Misalnya crinkle-cut fries yang tampil bergelombang ataupun shoestring fries yang tampil lebih tipis. Kemudian ada curly fries yang bentuknya keriting membulat, hingga waffle fries ataupun potato wedges dengan kulitnya untuk rasa lebih lezat.


2. Mashed potato, punya sejarah paling panjang


Dikenal karena teksturnya yang lembut dan bisa menyerap bermacam bumbu dan saus. Tak kurang dari susu, mentega, garam, dan merica terkandung di dalamnya. Selebihnya dikala disajikan, kentang tumbuk mampu disiram dengan gravy atau mushroom sauce bareng steak. Meskipun kentang goreng ialah yang paling terkenal, rupanya mashed potato punya sejarah yang lebih panjang. Dahulunya masyarakat Peru adalah yang pertama memasaknya dengan cara demikian. Kemudian saat kentang dibawa ke Eropa oleh para kolonialis, maka masyarakat benua tersebut mulai menggarapnya dengan cara demikian ataupun sekadar direbus.


3. Lyonnaise potatoes, yang tampil paling elegan


Semangkuk berisi olahan kentang Lyonnaise Potato.
Satu yang khas dari Prancis ini punya rasa enak dan glamor. (Foto: Shutterstock)

Sesuai namanya, yang satu ini berasal dari kota Lyon di Prancis. Pertama, kentang diiris dulu seperti berbentuk medali lalu diolah setengah matang sebelum masuk ke wajan untuk dipanggang. Proses mengolah makanan di wajan menggunakan materi-materi seperti bawang, mentega, serta peterseli. Hasilnya yakni kentang dengan cita rasa yang mewah dan cocok dipadukan dengan steak.


4. Hash brown, “masakan rakyat” yang lezat


Hash brown dalam wajan tersaji dengan sosis, tomat, jamur, kacang, dan telur.
Hash brown cocok juga disuguhkan dengan hidangan brunch mirip English breakfast. (Foto: Shutterstock)

Nah, yang satu ini niscaya telah tidak aneh lagi. Diinspirasi dari kuliner kentang yang dinamakan rosti dari Swiss, hash brown memakai kentang yang telah dicacah-cacah sebelum dimasak di atas wajan. Cacahan kentang ini memerlukan bahan penyatu mirip telur ataupun minyak. Terkadang hash brown bisa dipadukan dengan daging ataupun sayuran, dan menciptakan olahan kentang dengan citarasa yang gurih memanjakan.


Sama seperti French fries, hash brown juga memiliki olahan yang mirip dan dinamakan tater tots dengan bentuk tabung-tabung kecil. Awalnya tater tots diciptakan oleh industri kentang goreng dengan mempergunakan sisa belahan kentang. Hingga sekarang tater tots biasanya erat dicicipi oleh anak-anak pada utamanya.


5. Baked potato, satu opsi yang sehat


Tiga buah baked potato tersaji di atas talenan.
Baked potato bisa dikreasikan dengan banyak sekali saus dan topping. (Foto: Shutterstock)

Kemudian ada juga yang disebut baked potato. Kentang yang dipanggang dalam oven ini tampil utuh dengan kulitnya. Setelah dipanggang, kulit bagian atasnya dibuka sehingga kita bisa mencicipinya dari bab tersebut. Kemudian kentang sedikit dibedah dan mampu dilumuri saus steak, keju, ataupun sayur dan daging. Di Amerika Utara, restoran steak lazimnya menawarkan opsi olahan kentang yang satu ini.


Bagaimana dengan lima olahan kentang yang telah kusebutkan di atas? Sebetulnya masih ada banyak yang bisa ditemukan dari seluruh dunia. Intinya, steak daging sapi umumataupun wagyu dan kentang yaitu sahabat sejati. Apapun bentuknya seolah mereka diciptakan untuk satu sama lain. Wah, jadi ingin makan steak malam ini, ya!