Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Membeli Dan Cara Masak Salmon Yang Tepat Supaya Nutrisinya Terjaga

Siapa yang tak kenal salmon? Jenis ikan ini terkenal sebab kandungannya yang padat gizi. Ia mengandung omega-3, omega-6, vitamin D, dan masih banyak lagi nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Namun, supaya nutrisinya terjaga, kita perlu memerhatikan bagaimana cara masak salmon yang bagus.


Salmon mampu dimasak dengan banyak sekali cara, mulai dari dipanggang, dibakar, direbus, sampai digoreng. Dagingnya condong lebih singkat matang dibanding ikan lainnya, sehingga kita tak perlu berlama-usang mengolahnya. Nah, sebelum kita mempelajari cara masak salmon yang sempurna, kita juga perlu tahu bagaimana cara memilih salmon di pasar maupun supermarket.


Cara memilih ikan salmon


Salmon yang disajikan di pasar maupun supermarket ada beragam jenis. Ada yang berupa salmon segar dalam bentuk utuh, filet berukuran penuh, ataupun filet dalam ukuran lebih kecil. Salmon juga banyak dijual dalam bentuk frozen, bahkan kalengan.


Memilih salmon dalam kondisi segar memang lebih baik. Namun, sering kali kita juga tidak mampu memastikan kesejukan salmon dan telah berapa lama beliau berada di supermarket. Untuk menentukan kesegarannya, setidaknya kita bisa menyaksikan dari beberapa sisi.


Filet ikan salmon ditaburi bubuk rempah di atas talenan putih.
Salmon berwarna oranye cerah membuktikan kesegarannya. (Foto: Shutterstock)

Pertama, lihat bagian kulitnya. Salmon yang masih segar mempunyai kulit yang mengkilat. Kedua, daging salmon yang segar ditandai oleh warna oranye dan cerah merata. Selanjutnya, bila kamu membeli ikan salmon yang sudah dikemas, pastikan tidak ada banyak tetesan air di dalamnya. Karena itu membuktikan salmon sudah menurun kesegarannya.


Meski begitu, membeli salmon frozen atau salmon kalengan tidak bermakna jelek. Beberapa produsen mengemas salmon dalam kondisi segar kemudian membekukannya. Hal ini mampu menjaga nutrisinya dalam rentang waktu yang cukup lama.


Kamu juga mampu membeli salmon fillet dalam ukuran sarat atau ukuran besar. Potong-potong bab salmon sesuai keperluan, dan sisanya mampu kau simpan di freezer. Dengan pengemasan yang bagus, salmon bisa tahan di freezer hingga dua bulan.


Cara masak salmon


Selanjutnya, kita perlu memerhatikan cara masak salmon yang benar biar nutrisinya tidak hilang. Secara umum, mengolah masakan salmon cukup mudah, tidak seperti mengolah ikan mujair atau ikan mas. Dagingnya juga cepat matang.


Sebelum diolah, tentukan salmon tidak dalam keadaan beku. Jadi, jika kau mengambilnya dari freezer, diamkan dahulu salmon beberapa dikala sampai suhunya mencapai suhu ruang. Agar nutrisinya lebih tersadar, pilih cara masak yang tidak menciptakan kalori dalam salmon bertambah. Salah satu cara masak salmon terbaik ialah dengan memanggangnya tanpa minyak berlebih. Kita mampu membalut rempah terlebih dahulu di seluruh permukaan salmon, agar rasanya lebih yummy.


Dua potong salmon panggang dengan garpu dan lemon di sampingnya
Sajian salmon panggang dengan kematangan yang pas. (Foto: Shutterstock)

Hal lain yang perlu diamati adalah dikala memanggang salmon di atas wajan. Simpan salmon dengan bagian kulit di bawah. Dengan begitu panas akan meresap dengan lebih baik ke dalam bagian dagingnya yang lembut. Tekan-tekan daging dengan spatula secara perlahan biar kulitnya tidak mengkerut.


Untuk kepingan salmon yang tidak terlampau besar, kau bisa memasaknya di atas wajan dalam waktu sekitar 3 -5 menit saja. Namun, bila kau memanggangnya di panggangan, kau butuh waktu sekitar 10-30 menit tergantung suhu dan ukuran salmon. Dengan tingkat kematangan yang tepat, nutrisi salmon akan lebih tersadar.


Nah, ada banyak pilihan resep untuk membuat salmon. Kamu bisa mengolahnya menjadi onigiri, salmon steak, sampai salmon curry. Lihat aneka resep salmon ini dan suguhkan untuk keluarga tercinta!