Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Kuliner Unik Indonesia Yang Selalu Bikin Kangen

Bumi Nusantara begitu kaya akan kuliner unik dan rasanya yang tak tergantikan. Inilah yang membuat lidah penikmatnya enggan berpaling pada rasa lain dan akan selalu mengidolakan masakan negerinya sendiri. Saat jauh dari rumah, kita tentunya akan selalu kangen dengan cita rasa setempat yang sangat khas. Tim MAHI mengumpulkan sebagian yang difavoritkan dari terlalu banyak kuliner unik Indonesia yang nyatanya senantiasa dirindukan.


1. Satai Lilit


Keunikan satai lilit terletak pada batang serai yang dipakai selaku pengganti tusuk satai sekaligus pemberi aroma dan rasa serai yang khas. Bicara soal kuliner Bali yang eksotis, satai lilit akan senantiasa hadir sebagai salah satu yang dijagokan. Satai lilit tidak cuma digemari oleh warga asal Bali, tetapi telah menjadi favorit masyarakat Indonesia serta bahkan para turis aneh.


2. Mi Ayam


Sajian mi memang banyak tersedia di mancanegara dengan aneka macam model, namun tak ada yang mampu mengambil alih kelezatan semangkuk mi ayam yang merupakan kuliner unik Indonesia. Mi telur segar dibumbui dengan minyak bawang dan diberi topping daging ayam yang ditumisSulit untuk menolak anjuran mirip ini!


Sebagai salah satu sajian terkenal yang favorit, beberapa daerah mempunyai gaya mengolah masakan mi ayam yang berbeda. Misalnya di tempat Jawa, ayam tumis dimasak dengan bumbu kuning dan diberi kecap elok. Ada juga model kawasan yang dipengaruhi oleh peranakan Tionghoa, daging ayam biasa ditumis dengan bumbu kecap asin. Wah, yang mana ya yang menjadi terfavorit?     


3. Soto


Kepopuleran soto selaku salah satu kuliner khas Nusantara memang sudah tak diragukan lagi. Ini juga yang menjadi argumentasi mengapa soto dipilih sebagai salah satu dari 5 Makanan Nasional Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Beberapa acuan soto yang populer yaitu Soto Betawi, Soto Lamongan, Coto Makassar, dan Soto Medan.


4. Sup Buntut


Tidak siapa saja mampu mengolah masakan sup buntut enak. Ini juga yang menjadikan alasan mengapa penikmatnya senantiasa mengkonsumsi sup buntut di rumah makan atau kedai makanan favorit. Sup buntut yang sedap lazimnya kuahnya tak terlalu berlemak tetapi kaya akan rasa buntut daging sapi yang gurih dengan bumbu dan rempah yang pas.


kuliner unik
Rebus kaldu sop sebanyak dua kali biar lemaknya berkurang. (Foto Shutterstock)

5. Nasi Kuning


Dikenal selaku kuliner perayaan dan juga menu sarapan dengan beberapa lauk pelengkap, nasi kuning yakni kuliner yang membutuhkan antisipasi yang cukup panjang. Masing-masing kawasan di Indonesia yang mempunyai ciri khas nasi kuning yang berlawanan, utamanya dari lauk atau pelengkapnya. Salah satu contoh adalah nasi kuning Bandung yang khas dengan sambal oncom, atau nasi kuning khas Gorontalo dan Manado yang disajikan dengan telur rebus dan sambal roa. Unik!


6. Bakso Kuah


Siapa yang tak suka dengan semangkuk bakso kuah panas? Bakso adalah opsi yang tak pernah salah dan selalu sedap dimakan kapan saja. Demi membuat semangkuk kuah bakso yang sedap, penjualbakso mesti merebus tulang atau dengkul sapi selama berjam-jam dalam panci yang besar dan dalam.


7. Rujak


Salad buah model Indonesia ini memakai variasi buah khas alam tropis seperti nanas, mangga, jambu air, mentimun, pepaya, dan ubi merah. Jika ketimbang salad buah di negara lain, tentunya rujak sangatlah unik. Belum lagi cocolannya yang bercita rasa pedas dan bagus. Segar!


kuliner unik
Selain rujak tumbuk, ada juga rujak serut. (Foto: Shutterstock)

8. Rawon


Sup daging asal Jawa Timur ini memang sangat khas dengan warna gelap berkat perlindungan keluwak. Selain rawon klasik dengan materi daging sapi bab sandung lamur, rawon juga terkenal dari racikan kuah kaldu dengkul sapi. Jangan lupa dengan telur asinnya bila ingin rasanya ingin lebih istimewa.


9. Rendang


Bukan cuma digemari oleh penduduk Indonesia, keharuman nama rendang juga menobatkannya selaku salah satu kuliner terenak di dunia model CNN. Saking fanatiknya orang Indonesia terhadap rendang, masakan khas Sumatera Barat ini kerap berkeliling dunia sebagai bekal atau buah tangan.


10. Pempek


Kuah cuko yang asam dan pedas selaku cocolan pempek ikan jadi jawaban mengapa pempek ialah salah satu makanan Indonesia yang unik dan bikin kangen. Meski kedai makanan atau rumah makan Indonesia di luar negeri menyajikan pempek, nyatanya kenikmatan jajan pempek di tanah air akan senantiasa lebih sedap. Setuju, kan?