Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ragam Material Wajan Anti Lengket Yang Perlu Kamu Ketahui

Kamu niscaya akan lebih menentukan wajan anti lengket ketimbang membeli wajan berbahan aluminium atau stainless steel yang beresiko membuat bahan masakan menempel pada wajan. Bahan alat masak anti lengket politetrafluoroetilena (PFE) atau yang terkenal disebut Teflon – bahwasanya ialah suatu merek jualan dan umumnya jadi pilihan pertama pada umumnya orang bila bicara soal wajan anti lengket.


Menambah perbendaharaan kita akan materi makanan ataupun alat-alat masak pasti sangat penting, terlebih bagi mereka yang doyan memasak. Untuk itulah Chef ingin menyebarkan jenis-jenis material wajan lainnya yang akan berguna bagi perkembanganmu nanti sebagai pecinta masak di dapur. Berikut adalah daftarnya.


Marble


Beberapa tahun belakangan lapisan marble populer di industri alat masak selaku lapisan anti lengket. Marble bukan cuma digunakan selaku material wajan anti lengket, tetapi juga selaku lapisan grill pan dan panci. Sejak diperkenalkan, variasi lapisan marble kini banyak dibuat dengan aneka macam versi dan warna.


wajan anti lengket berisi ayam panggang yang siap dihidangkan
Pilih wajan marble pan yang sesuai dengan kebutuhan kamu. (Foto: Shutterstock)

Cast iron atau besi cor


Trik semoga materi kuliner tidak lengket pada wajan cast iron adalah wajan mesti betul-betul panas ketika materi akan dimasak. Material ini memang condong jarang digunakan di dapur rumahan karna wajan berbahan cast iron condong mahal dan berat. Material besi cor memang lebih usang menghantarkan panas, tetapi mampu mempertahankan suhu panas lebih lama.


Hard anodized


Bahan ini belakangan menjadi terkenal sebagai lapisan anti lengket pada alat masak. Warnanya hitam, bertekstur halus dan mudah menghantarkan panas. Lapisan ini cukup populer dipakai beberapa merek alat masak selaku pilihan baru bagi pengguna material politetrafluoroetilena (PFE).


Ceramic


Wajan warna-warni dengan lapisan ceramic warna putih cenderung menarik para ibu muda yang ingin memiliki alat dapur yang gaya. Alat masak yang diberi lapisan keramik ini sebetulnya ialah alat masak berbahan logam yang diberi lapisan keramik, atau tanah liat yang dibakar pada suhu tinggi.


wajan anti lengket
Ingin dapurmu terlihat gaya? Pilih wajan berlapis keramik dengan warna warni genit. (Foto: Shutterstock)

Setelah memilih material wajan yang cocok dengan kebutuhanmu dan menggunakannya sepenuh hati, tentu kita juga tidak boleh lupa untuk merawatnya. Salah jikalau kita berpikir tak perlu merawat alat masak. Alat masak seperti wajan pun wajib dirawat dengan cara pemakaian hingga pembersihan yang sempurna. Berikut ialah tindakan gampang yang mampu kamu tempuh di rumah:



  1. Gunakan sutil atau spatula berbahan kayu atau yang tidak berpotensi menggores wajan.

  2. Hindari eksklusif mencuci wajan atau menyiramnya dengan air dalam kondisi baru saja diangkat dari kompor. Berikan waktu beberapa ketika sampai tidak panas semoga tidak menghancurkan wajan alasannya adalah pergeseran suhu yang drastis.

  3. Cuci wajan anti lengket dengan spons busa yang lembut. Hindari mencuci dengan sabut pencuci bergairah terlebih yang berbahan kawat semoga alat masakmu tidak tergores.


Resep masakan