Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Ide Sajian Idul Fitri Istimewa Khas Nusantara Untuk Dicoba Di Rumah

Menu lebaran apa yang senantiasa hadir di rumahmu? Beberapa kuliner yang wajib disuguhkan dikala Hari Raya Idul Fitri yakni opor ayam, sambal goreng kentang, sayur labu, atau rendang daging.


Nah, kalau tahun ini kau ingin merayakannya dengan lebih Istimewa, kami menyiapkan tiga menu idul fitri yang berlawanan. Tiga sajian ini berasal dari hidangan Nusantara yang masih cocok, lho, disajikan bareng ketupat. Apa saja itu? Yuk, kita intip satu per satu!



1. Gulai Ayam Padang, Meriahkan Suasana Lebaran


Semangkuk gulal ayam khas Padang
Gulai Ayam khas Padang yang mampu disajikan ketika Idulfitri. (Foto: MAHI)

Siapa yang tak kenal gurihnya gulai ayam khas Minang? Ya, biasa disuguhkan di rumah makan Padang, gulai ayam ini punya ciri khas berlawanan dengan menu gulai yang lain. Warnanya yang kuning kemerahan juga santannya yang pekat membuatnya sulit ditolak.


Hidangan ini bisa jadi opsi hidangan lebaran yang berbeda di rumahmu. Dengan tekstur yang sedikit lebih kental dari opor ayam, gulai ayam Padang tetap mampu dinikmati bersama ketupat ataupun sambal goreng kentang favoritmu.


Beberapa rempah yang membuatnya berlawanan dengan opor antara lain yakni jintan, asam Jawa, cengkih, dan kayu elok. Rasa gulai ayam Padang juga terasa lebih segar alasannya bau daun jeruk. Intip resep lengkap gulai ayam Padang dan sajikan untuk keluarga tersayang.


2. Opor Ayam, Menu Lebaran Paling Wajib


Semangkuk opor ayam tanpa santan di atas napkin cokelat
Resep legendaris untuk hari raya ini ternyata mampu dibentuk sehat! (Foto: MAHI)

Untukmu pecinta opor, menu ini mampu kita twist menjadi lebih spesial. Jika umumnya opor ayam diolah bareng santan, kali ini kita mengganti santan dengan susu rendah lemak. Teksturnya memang sedikit berlawanan, namun pastinya lebih sehat dan rendah kolesterol.


Susu yang kita gunakan yaitu susu cair atau susu UHT rendah lemak. Cara memasaknya tak jauh berlawanan, kok, dengan opor ayam umumnya. Bedanya, cuma tekstur kuah yang terasa lebih ringan dari opor ayam santan.


Hidangan ini jadi penyelesaian untukmu yang ingin menghemat sajian bersantan di Hari Raya. Simak resep lengkap opor ayam tanpa santan, dan suguhkan dengan ketupat atau nasi hangat.


3. Coto Makassar, Satu yang Khas dari Sulawesi


Coto Makassar siap dinikmati.
Coto Makassar untuk Idulfitri lebih Istimewa. (Foto: MAHI)

Hidangan Nusantara selanjutnya yang mampu kau hidangkan di Hari Raya adalah coto Makassar. Hidangan berkuah pekat ini juga cocok, lho, dimakan bareng ketupat. Bahkan, rasanya mampu lebih legit!


Makanan khas Sulawesi Selatan ini lazimnya menggunanakan daging sapi bagian sandung lamur sehingga tak heran bila lemaknya memperlihatkan tambahan gurih pada kuah. Bahkan, masakan yang juga disebut sebagai coto mangkasara ini juga memakai babat atau jeroan sapi hingga rasanya sangat gurih. Tapi, jika kamu ingin lebih sehat, kau boleh, kok, menggunakan daging sapi khas dalam yang minim lemak.


Untuk menciptakan rasa yang sahih dan Istimewa, kita mampu mengganti santan dengan air tajin atau air beras. Untuk itu rasanya lebih ringan namun tetap gurih. Nah, jika kau ingin resep lebih mudah, simak resep coto Makassar satu ini!


Tiga resep menu Lebaran khas Nusantara di atas memiliki rasa yang istimewa sehingga cocok untuk meramaikan Hari Raya. Hidangkan selagi hangat, ya!