Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Resep Sate Istimewa Untuk Meriahkan Hari Raya

Menu Lebaran identik dengan kedatangan masakan-kuliner berbahan dasar daging. Terlebih dikala Idul Adha nanti, beragam olahan daging kambing dan daging sapi menjadi favoritnya. Namun tidak langsung untuk Idul Adha, pastinya Idul Fitri juga tidak ketinggalan persoalan kuliner yummy. Di samping opor, gulai, ataupun tengkleng, ada juga bermacam-macam resep sate yang wajib untuk kau coba.


Yuk, kita simak empat resep sate terpilih untuk hari raya beserta video cara membuatnya!



1. Resep Sate Rembiga


Sate rembiga khas Lombok tersaji di atas piring hitam.
Sate manis pedas yang sungguh menggiurkan? Datangnya dari Lombok! (Foto: Shutterstock)

Menu ikonik khas Lombok ini diketahui alasannya adalah rasanya yang berempah dan pedas. Kalau kita mendapatkan banyak sate yang memakai daging ayam, sate rembiga wajib menggunakan daging sapi. Popularitasnya sekarang telah menanjak meskipun belum banyak yang menyajikannya di Jakarta. Maklum, ayam taliwang umumnya yang jadi incaran jikalau urusannya masakan khas Lombok. Namun, bukan memiliki arti kau tidak mampu menjadikannya di rumah untuk Lebaran nanti. Yuk, simak resep lengkap sate rembiga!


2. Resep Sate Lilit


Sate lilit siap dinikmati.
Pencinta makanan Bali dihentikan ketinggalan mengolah makanan yang satu ini! (Foto: MAHI)

Yang satu ini terbilang unik untuk kultur kuliner sate yang letak geografisnya dihimpit antara Pulau Jawa dan Lombok. Ya, sate lilit justru memakai ikan sebagai materi dasarnya. Mengapa saya menganjurkan sate lilit? Tentunya bagi mereka yang merayakan Idulfitri di Pulau Bali bakalan tetap nyambung. Selain enak rasanya, tentunya seru kalau kita bisa menggarap alternatif sate yang tidak memakai daging merah. Simak resep lengkap sate lilit dari MAHI, ya!


3. Resep Sate Maranggi


sate maranggi
Sate sapi yang sungguh kondang dari Purwakarta ini terasa legit, lezat, dan begitu glamor. (Foto: MAHI)

Jagoannya Tatar Sunda adalah sate maranggi khas Purwakarta. Kalau satu kurun nanti mampu melancong ke kota ini, akan banyak menemukan kedai dan kedai makanan yang menjajakan sate ini. Bahkan beberapa di antaranya siap dengan kedatangan ratusan tamu sekaligus! Nah, mumpung di rumah aja, bagaimana kalau membuatnya sendiri? Cari tahu resep lengkap sate maranggi, yuk!


4. Resep Sate Taichan


Sate taichan tersaji di atas piring hitam.
Sate taichan yang pedas dan gurih meresap. Menggiurkan! (Foto: MAHI)

Untuk yang ini, niscaya sudah banyak yang mengenalnya. Sate ayam yang sempat booming ini populer sebab rasa pedas segarnya. Sama mirip sate lilit, pastinya daging ayam juga ialah alternatif seru dibandingkan daging merah. Selain karena gampang untuk dimasak, resep lengkap sate taichan yang satu ini juga bakalan mudah untuk kau ikuti. Pastikan untuk mencobanya, ya!


Bagaimana dengan keempat resep tadi? Rata-rata tidak sukar untuk dibuat, kok. Pastikan saja biar bumbu marinasi menyerap dengan baik ke dalam daging dan itu diraih dengan sedikit investasi waktu. Selebihnya kau cuma perlu sedikit berepot-repot membersihkan grill pan sesudah mengolah masakan. Karena tidak sering juga kita merencanakan sajian bakar-bakaran, tentunya saat Lebaran jadi momen yang pas, bukan? Selamat mencoba!