Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Inspirasi Kuliner Dari Jamur Enoki Untuk Sajian Sehari-Hari

Penyuka jamur crispy telah niscaya sudah biasa dengan jamur enoki atau jamur tiram. Kedua jenis jamur ini adalah yang paling sering dipakai untuk membuat jamur crispy atau jamur goreng tepung. Jamur ini berwarna putih dengan bentuk panjang dan tipis. Di supermarket, jamur enoki dijual dalam plastik kemasan kecil.


Cara mengolah masakan jamur enoki di bermacam-macam sajian


Jika umumnya cuma digoreng dengan tepung, berikut yakni beberapa inspirasi kuliner yang lain yang bisa kau coba:


1. Jamur enoki gulung


Siapkan 200 g daging sapi yang dipotong sungguh tipis, kau bisa mendapatkan daging dengan irisan tipis di dalam bungkus daging yang bertuliskan shabu-shabu. Gulung jamur dengan lembaran daging sapi. Sebelum digulung, bumbui daging dengan Royco Kaldu Sapi secara merata. Masak bersama sedikit minyak. Sesudahnya kau mampu menyiramnya dengan saus kesukaan, contohnya saus teriyaki, saus lada hitam, atau saus asam anggun.


2. Mie rebus atau mie goreng


Suka menghidangkan mie rebus atau mie goreng selaku menu darurat? Tambahkan jamur ke dalam tumisan mie atau mie rebus. Jamur ini juga bisa dipakai sebagai substitusi atau sayuran yang umum terdapat pada mi rebus seperti sawi hijau atau kol.


Mie rebus dengan jamur enoki.
Masukkan enoki sesaat sebelum mie kuah diangkat. (Foto: Shutterstock)

3. Omelet enoki


Masukkan jamur bareng bumbu tumis yang terdiri dari 1 siung bawang putih cincang, 1 sdm bawang bombay, dan 1 buah cabai iris. Tambahkan Royco Kaldu Ayam, masukkan 3 buah telur ayam kocok yang telah dicampur bersama sedikit garam dan merica. Masak omelet dengan tingkat kematangan sesuai selera.


4. Tumis tiga jamur


Padukan jamur ini bersama dua jenis jamur yang lain, mirip jamur tiram, jamur shimeji, jamur portobello, atau jamur merang. Tumis bareng bawang putih, Royco Bumbu Siap Pakai Ayam Bumbu Rujak, dan bawang bombay iris. Simak resep lengkap capcay jamur berikut!


5. Jamur enoki lada garam


Prosesnya seperti mirip halnya membuatnya jamur crispy dengan tepung yang dibumbui Royco Kaldu Ayam. Tiriskan. Panaskan minyak, tumis bawang putih, bawang daun, cabe iris, dan garam. Angkat. Taburi ke atas jamur goreng tepung.


Pilih jamur enoki yang batangnya masih menempel pada akar.
Jamur enoki segar, siap untuk dimasak. (Foto: Shutterstock)

Sebagai kiat, pilih jamur yang masih segar ditandai dengan warnanya putih dengan batang masih menempel pada akar. Karena jamur-jamuran segar condong tak tahan lama, semestinya secepatnya gunakan jamur enoki setelah kau membelinya. Yuk, kita masak!