Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kiat Masak Ikan Patin Untuk Kamu Coba Di Rumah

Sudah pernah menjajal ikan patin yang terkenal enak dan kaya akan protein? Ikan patin memang sangat cocok diolah menjadi ikan bakar, sup, ataupun dimasak di dalam bambu. Bagi yang sudah meniatkan menjajal namun masih saja ragu, mari simak dulu beragam diam-diam masak ikan patin berikut ini.


1. Kenali Cara Mengolahnya


Bicara soal ikan patin, lazimnya banyak yang kurang sreg akhir adanya aroma tanah yang besar lengan berkuasa. Melihat bagaimana para profesional melakukan pekerjaan , lazimnya persoalan mirip ini mampu dihilangkan dengan penggunaan rempah yang berkarakter besar lengan berkuasa. Misalnya saja bunga kecombrang yang belakangan sedang menjadi tren. Selain tentunya ada aspek penyeleksian ikan yang bagus serta pengolahannya yang sempurna sehingga menyebabkan ikan patin lebih lezat.


Ikan patin ialah salah satu ikan air tawar yang memiliki daging dan lemak yang tebal. Nah, rupanya bab lemak ini mampu dimanfaatkan untuk hal lainnya – contohnya kalau kita belum berniat masak ikan patin eksklusif setelah membelinya. Bila ikan disimpan dengan cara yang tepat, maka kesegarannya dapat terjaga dan lain bila kebalikannya. Untuk menyiasatinya hal ini, lemak ikan patin yang sudah diiris dapat dilumuri ke seluruh permukaan ikan. Bungkus ikan dengan plastik dan simpan di dalam freezer, maka lemak ikan patin akan berfungsi sebagai pengawet alami.


2. Membuat Ikan Patin Bakar


masak ikan patin
Tidak punya daun pisang? Tidak duduk perkara! Kamu bisa menggunakan sisiknya sebagai alas. (Foto: Shutterstock)

Seperti layaknya ikan bakar tradisional yang lain, ikan patin juga cocok dibumbui terlebih dahulu kemudian sebelum lalu dibakar baik dengan daun pisang. Nah, satu kiat simpel bagi kamu yang ingin menempuh cara ini yakni mengenai olesan yang bisa dipraktekkan pada permukaan ikannya. Selain sesuai dengan tema tradisional dan untuk mempertahankan rasa, sebaiknya ikan tidak diolesi secara asal pilih dengan memakai contohnya mentega.


Alih-alih, seharusnya kau mampu memakai minyak bawang. Selain rasanya yang lebih netral, minyak bawang justru memberikan sedikit rasa aromatik yang menawan. Terakhir, jika tidak memakai daun pisang, kau juga bisa menggunakan sisik ikan selaku gantinya semoga ikan tidak terlampau terekspos dengan panas berlebih. Sisik lalu mampu kau bersihkan setelah proses masak ikan patin final.


3. Ikan Patin dan Sambal Tempoyak


masak ikan patin
Eksotis dan jarang didapatkan di pulau Jawa. Tempoyak Ikan Patin ini terperinci memiliki rasa yang khas. (Foto: Shutterstock)

Penggunaan tempoyak atau fermentasi buah durian yang enak menjadikan ikan patin seolah lebih eksotis. Lebih populer di beberapa bagian Sumatra dan juga Kalimantan, sambal tempoyak menjadi kekhasan tersendiri yang cocok dipadukan dengan banyak protein.


Bagi kamu yang ingin berguru mengolah tempoyak sendiri, tentukan untuk menentukan durian yang tepat apalagi dahulu. Durian setempat dianggap lebih cocok untuk dimasak dibandingkan durian yang lebih mahal mirip durian monthong sebab kandungan gas dan air yang lebih sedikit. Agar terfermentasi sempurna, durian cukup diberi garam dan ditutup rapat dalam wadah selama tujuh hari dan disimpan pada suhu ruangan.


Penggunaan sambal tempoyak mampu juga dipadukan dengan ikan-ikan yang lain mirip ikan teri, ikan mas, dan ikan mujair. Kalau yang ingin tidak repot, jaman now sambal tempoyak bisa dipesan secara online. Bagi yang tinggal di Jakarta, dapat bertandang ke kota terdekatnya yaitu Lampung untuk mencobanya.


4. Membuat Sup Ikan Patin


masak ikan patin
Sup Ikan Patin ini segar dan sedikit asam sebab memakai belimbing wuluh. (Foto: Shutterstock)

Salah satu olahan ikan patin yang paling banyak disukai penduduk ialah sup ikan patin. Rasa bagus, asam, dan pedas menciptakan sajian ini membuatmata eksklusif melek. Saat memasak sup ikan patin, sebaiknya jangan sering-sering dicampur. Selain itu, kamu juga harus mengamati besarnya api yang digunakan. Ini bertujuan semoga ikan tidak cepat hancur dagingnya.


Bicara soal sup ikan patin, sebenarnya tidak terlalu susah untuk membuatnya. Pastikan saja apalagi dahulu ikan patin yang didapat mesti segar dan berkualitas. Selanjutnya sup bening ini mampu dibentuk dengan mencampurkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, tomat, cabe rawit dan keriting, serta belimbing wuluh untuk rasa segar. Kaldunya bisa dibentuk secara mudah menggunakan Royco Kaldu Ayam. Setelah diolah dengan baik, sup ikan patin cocok dihidangkan dengan nasi putih hangat dan suplemen sambal untuk rasa yang lebih menggoda.


Tidak sukar bukan mengolah ikan patin? Ikan berkarakter unik ini ternyata bisa dimasak dengan banyak sekali cara dan kini ialah giliranmu untuk mencobanya di rumah. Selamat memasak!