Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menetralisir Anyir Pada Kulkas Dengan Cara Alami

Apakah simpulan-selesai ini kulkas di rumah baunya mulai terasa mengganggu? Jika terlalu penuh dan sering digunakan untuk menyimpan aneka macam materi kuliner khususnya yang berbau tajam, kulkas akan mengeluarkan amis tidak sedap dan mampu menghipnotis kualitas materi makanan lain yang ada di dalamnya. Bagaimana caranya tanpa mesti menggunakan materi pembersih kimia? Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara menghilangkan bacin pada kulkas dengan cara alami. 


1. Cuka Putih


cara menghilangkan bau pada kulkas
Cuka putih yaitu sobat karib untuk menetralisir amis wangi sampai noda membandel. (Foto: Shutterstock)

Jika sebelumnya kita mengenal cuka selaku bahan makanan, sekarang kita tahu fungsi lainnya selaku penghilang amis. Siapa sangka jikalau kondimen dengan rasa tajam ini ampuh menetralisir bacin tidak sedap dan membasmi basil penyebab wangi?


Cara menggunakannya cukup dengan menuangkan cuka ke mangkuk atau gelas dan letakkan di dalam kulkas. Diamkan selama semalam sarat tanpa membuka pintu kulkas sekalipun. Keesokan harinya kulkas akan terbebas dari bacin amis atau busuk kurang sedap.


Karena memiliki banyak faedah dan harganya yang terjangkau, alhasil wajib mempunyai cadangan cuka di rumah. Noda membandel di dalam kulkas juga bisa disulap menjadi bersih dengan menggunakan campuran cuka putih dan air hangat. Ingat, selalu kenakan sarung tangan plastik atau karet dikala tengah membersihkan.


2. Vanilla


cara menghilangkan bau pada kulkas
Bersihkan kulkas apalagi dahulu sebelum memakai parfum vanilla ini. (Foto: Shutterstock)

Aroma vanilla atau vanili ternyata menjinjing kesan relaksasi — seperti fungsinya dengan parfum aromaterapi mirip lavender atau daun pandan. Tidak hanya itu, aroma vanilla juga cocok untuk mengakibatkan ruangan bahkan kulkas menjadi anyir.


Caranya cukup dengan menaruh beberapa buah bola kapas yang sudah direndam dengan ekstrak vanili selama sehari atau dua hari. Karena bacin vanili tidak ‘agresif’, maka tidak usah cemas jika wanginya mensugesti makanan yang ada di dalam kulkas.


Kurang suka dengan bacin vanili? Bisa juga menggantinya dengan minyak esensial mirip peppermint, lemon, pandan, atau jeruk. 


3. Buah Lemon


cara menghilangkan bau pada kulkas
Si buah yang menyimpan banyak faedah. Dari membuat minuman segar hingga menghilangkan wangi apek kulkas. (Foto: Shutterstock)

Para chef dari seluruh dunia wajib memiliki bahan masakan yang satu ini. Lemon bisa dikatakan senantiasa menjadi ‘anak kesayangan’ bagi mereka yang hobi memasak dan menghabiskan waktu di dapur. Lemon cocok digunakan saat mengolah kuliner bahari yang condong bau. Begitu pun dikala mengolah masakan seperti pencuci mulut yang berkalori tinggi, lemon akan membantu menyeimbangkan rasa dan menjadikannya lebih ‘ringan’.


Untuk masalah bersih-higienis, buah yang satu ini juga menjadi andalan semua orang. Cara menetralisir busuk pada kulkas dengan lemon adalah dengan merendam handuk di dalam air perasan jeruk lemon dan lap permukaan kulkas yang kotor. Sim salabim! Kulkas akan terlihat lebih bersih dan segar alasannya anyir lemon.


4. Jus Tomat


cara menghilangkan bau pada kulkas
Bukan tubuh kita saja yang mampu menerima manfaat dari jus tomat. Minuman kaya vitamin C ini juga baik untuk kulkas! (Foto: Shutterstock)

Cara menghilangkan amis pada kulkas berikutnya yakni dengan menggunakan jus tomat. Mengkonsumsi minuman ini diketahui mampu memberikan ‘suntikan’ vitamin A dan C biar tubuh lebih fit. Selain rasanya yang penuh umami dan lezat, jus tomat ternyata mampu berfungsi sebagai ‘double agent’ yang ampuh membersihkan dan menyerap bacin tidak sedap pada kulkas.


Caranya yaitu dengan menuangkan sedikit jus tomat pada spons dan gosok pada bagian yang kotor ataupun bau. Kemudian bersihkan bagian tersebut dengan spons bersih yang sudah direndam dengan air sabun hangat. Bilas dengan kain basah dan biarkan permukaan kering.


Sebelum higienis-bersih, tentukan kulkas kosong terlebih dahulu. Setelahnya, kulkas mesti diangin-anginkan terlebih dahulu hingga betul-betul kering sebelum dinyalakan kembali. Hal ini penting untuk menangkal hadirnya lumut atau jamur.


5. Arang


cara menghilangkan bau pada kulkas
SI hitam keling yang umum kita pakai untuk memanggang ini ternyata punya fungsi lain sebagai penghilang anyir. (Foto: Shutterstock)

Si hitam keling yang satu ini ternyata memiliki ‘sihir’ yang mampu menghilangkan bacin apek atau busuk bacin dari dalam kulkas. Dibandingkan dengan materi pembersih yang lain, membersihkan menggunakan arang memang memerlukan waktu yang lebih panjang


Namun metode ini cocok untuk kita yang hendak meninggalkan rumah selama tamat pekan. Kenapa? Agar bacin busuk dari kulkas mampu hilang sepenuhnya, Caranya ialah dengan menempatkan cuilan-bagian arang di berbagai sudut di kulkas. Tutup dan beberapa hari lalu kulkas akan bebas dari anyir!