Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Lagi Masakan Khas Jakarta Yang Layak Kau Coba Di Rumah!

Kalau ingin tau dengan masakan khas Jakarta, alias kuliner khas Betawi, pastinya Masak Apa Hari Ini punya koleksi khusus soal itu. Meskipun berasal dari ibukota yang terkenal akan keberagaman dunia kulinernya, kuliner khas Betawi rupanya masih perlu dikenal orang Indonesia. Padahal jika bicara soal rasa dan keunikannya, jujur, aku selalu ingin tau dengan yang satu ini.


Nah, alasannya adalah kita masih belum mampu jalan-jalan jauh untuk berkuliner, bagaimana jikalau mengolah masakan saja di rumah? Sesuai yang tadi kubilang itu, saya punya 4 lagi resep makanan khas Jakarta yang layak dicoba. Nyok, kita simak bersama!


1. Asinan sayur Betawi, kuliner khas Jakarta paling menyegarkan



Untuk hidangan ini, mulai dahulu dari merencanakan kuahnya yang merupakan paduan air, gula merah dan Bango Kecap Manis. Kemudian, tambahkan dengan paduan bumbu halus. Siapkan sayuran dan tahu, tata dalam mangkuk lalu siram dengan kuah. Untuk bahannya, siapkan tahu putih, mi kuning, mentimun, kol, daun selada, serta sawi asin dan lokio. Jangan lupa bubuhkan kacang goreng serta sajikan dalam keadaan sejuk. Simak resep lengkap asinan sayur ini, nyok!


2. Pecak ikan gurame, kombinasi resep ikan kesukaan


Pecak ikan gurame tersaji di atas piring beralaskan daun pisang.
Pecak ikan gurame khas Betawi ini membuatngiler! (Foto: MAHI)

Selain ikan gurame, sajian ini juga dikenal menggunakan ikan mas. Untuk ikan gurame, selain tulangnya tidak terlalu banyak, rasanya juga sungguh enak. Prosesnya gampang, cukup goreng ikannya dan lumuri dengan bumbu pecak yang yang dibuat dari cabai rawit, bawang merah, kencur, kunyit, cabai merah keriting, bawang putih, dan jahe. Untuk bumbu pecak ini sebelum dilumuri pada ikan, perlu ditumis dulu dengan serai, daun jeruk, tomat, air asam jawa, air jeruk limau serat Royco Kaldu Ayam, gula dan merica. Wah, membayangkannya saja sudah ngiler! Cari tahu cara menciptakan pecak ikan gurame, yuk!


3. Nasi goreng kambing, jawara di malam hari


Racikannya terinspirasi dari salah satu penjaja masakan Nusantara yang populer dengan nasi goreng kambingnya. Agar simpel, gunakan racikan Bango Nasi Goreng Kambing Khas Jakarta. Bumbu jadi yang sedap ini mampu kamu manfaatkan untuk mengolah stok daging kambing yang berlimpah nanti dikala Idul Adha. Cari tahu juga cara mengolah daging kambing sebelum memasaknya, yuk!


Pilih nasi dari beras berbulir panjang yang tidak pulen kemudian dalam suhu ruang atau hindari memasaknya dalam kondisi panas. Siapkan acar mentimun dan bawang merah beserta kerupuk, taburan bawang goreng. Selamat mencoba resep nasi goreng kambing ini!


4. Soto tangkar, paling nikmat dikala makan siang


Menikmati soto tangkar.
Sudah pernah mencoba resep Betawi yang sangat khas ini? (Foto: MAHI)

Soto tangkar menggunakan bab daging sapi sisaan yang tidak dikonsumsi oleh orang Belanda di jaman Kompeni dahulu, tetapi orang Betawi mampu mengolahnya dengan lihai. Itulah mengapa lahir masakan ini ataupun bermacam-macam hidangan yang lain mirip tumis genjer, misalnya. Menariknya sekarang soto tangkar memakai iga sapi yang punya nilai ekstra. Ini seperti dengan dongeng perut ikan tuna yang dahulunya tidak dimanfaatkan oleh orang Jepang. Namun kini, tuna belly yang lembut dan berlemak ini yakni salah satu belahan termahal di sajian sushi ataupun sashimi!