Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Resep Soto Untuk Menghangatkan Suasana Sahur Di Rumah

Mencari pandangan baru menu sahur memang cukup menantang. Kita perlu makanan yang mengundang selera tetapi tetap bernutrisi untuk menjadi bekal selama berpuasa seharian. Salah satu hidangan yang bisa kau racik adalah resep soto. Sajian berkuah ini, punya rasa yang lezat dan menyegarkan untuk dimakan meski dini hari.


Menariknya, Indonesia punya banyak sekali jenis soto. Beda daerah, beda pula ciri khasnya. Sebut saja soto Kudus, soto Lamongan, sampai soto Madura. Apa saja perbedaannya? Sebelum menetapkan mau masak resep soto yang mana, kita intip satu persatu yuk cara menjadikannya!


1. Resep Soto Kudus


Makanan yang berasal dari Jawa Tengah ini punya kuah yang cukup ringan dibanding soto lainnya. Bumbu wajibnya hanya terdiri dari bawang merah, kemiri, merica, bawang putih, jahe, dan jintan. Kuahnya pun cenderung lebih gelap sebab memakai kecap. Biasanya soto Kudus disajikan dengan aneka sate mirip sate usus, telur puyuh, dan ati ampela.


Kamu mampu menyiapkan resep soto Kudus di malam hari sebelum tidur, agar di waktu sahur tinggal menghangatkannya saja. Siapkan kuah kaldu, taoge rebus, suwiran ayam, dan telur rebus. Sebelum sahur tiba, hangatkan kaldu lalu siram soto sampai menjadi suguhan yang nikmat.


2. Resep Soto Ayam Lamongan


Semangkuk sajian hasil dari resep soto ayam lamongan di meja cokelat siap disantap.
Resep soto ayam Lamongan orisinil Jawa Timur yang berkuah gurih mampu dibentuk sendiri di rumah. (Foto: Shutterstock)

Masih dari daerah Jawa, soto yang tak kalah populernya adalah Soto Ayam Lamongan. Perbedaan paling tampakdari soto ini ialah komposisi kunyit yang lebih banyak, sehingga warnanya kuning dan khas.


Agar rasanya makin nikmat, gunakan ayam kampung. Olah kaldu dan ayam di malam hari, biar ketika sahur kita cuma tinggal menyiapkannya saja. Selain ayam, isi soto Ayam Lamongan yakni soun, kol, dan telur rebus. Yuk, simak resep soto Ayam Lamongan.


3. Resep Soto Ayam Banyumas


Soto atau sering juga disebut sroto asal Banyumas ini punya ciri khas dimakan bersama ketupat. Soto Ayam Banyumas punya kuah yang lebih berempah. Beberapa rempah yang hadir pada kuahnya ialah biji pala, ketumbar, bawang putih, dan serai.


Sama mirip ayam Lamongan, sebaiknya gunakan ayam kampung untuk sajian ini. Intip resep lengkap soto Banyumas untuk hidangan sahur yang membangkitkan selera.


4. Resep Soto Madura



Beralih ke Madura, hidangan sotonya memang tak boleh dilewatkan. Berbeda dengan tiga resep sebelumnya, kali ini kita menggunakan daging sapi sebagai sumber proteinnya. Agar tetap sehat, gunakan daging has dalam yang minim lemak. Kandungan zat besi pada daging sapi juga baik dapat menghalangi munculnya anemia ketika berpuasa.


Warna pekat pada Soto Madura berasal dari kecap yang kental. Pilih kecap bermutu seperti Bango Kecap Manis agar gurih manisnya makin pas. Yuk, simak resep lengkap soto Madura ini!


5. Resep Soto Pekalongan


Daging has dalam juga mampu kita racik menjadi soto Pekalongan. Kamu mampu menggunakan bagian daging yang lain mirip sandung lamur atau brisket. Kuah kaldunya akan lebih pekat dan lezat.


Kekhasan yang lain dari resep komplet soto Pekalongan yakni penggunaan taoco. Ini menjadi keunikan tersendiri karena imbas Peranakan yang hadir di sejarah sajian ini. Keberadaan kota Pekalongan di pesisir utara Jawa memungkinkan akulturasi ini terjadi dan melegenda.


6. Resep Soto Bandung


Tak lengkap rasanya jika membahas topik ini tanpa soto Bandung yang sangat unik. Berbeda dari lima resep di atas, kuahnya terasa lebih ringan dan menyegarkan. Rempahnya memang tidak sekuat soto Madura, tapi meski begitu rasanya tak kalah lezat. Kehadiran lobak menjadi ciri tersendiri soto yang kuahnya bening ini.


Kuah yang cenderung lebih ringan ini tidak akan menciptakan perutmu kaget ketika mesti menyantap makan dikala dini hari. Lihat resep lengkap soto Bandung lengkap dan suguhkan untuk keluarga tersayang.


Waktu sahurmu jadi lebih berselera dengan sajian soto khas Nusantara. Selamat mencoba dan selamat berpuasa!