Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wangsit Menu Buka Puasa Sehat Nan Yummy Untuk Keluarga Tercinta

Beduk maghrib jadi yang ditunggu-tunggu sesudah berpuasa seharian. Tapi, seharusnya jangan asal makan, sajian buka puasa perlu kita rancang supaya tak hanya mengenyangkan perut tetapi juga menyehatkan tubuh.


Selama berpuasa, kita membutuhkan cadangan energi yang diperoleh dari makanan baik saat berbuka maupun sahur. Untuk itu, kali ini Tim MAHI berbagi inspirasi sajian buka puasa sehat nan lezat dari mulai hidangan pembuka sampai makan besar. Yuk, intip resepnya satu per satu!


1. Jus mangga yoghurt, pembuka yang segar


Buka puasa memang nikmat dimulai dari yang bagus dan segar. Jangan sembarangan minuman yang manis-bagus, ya. Sertakan buah-buahan yang kaya serat untuk memenuhi keperluan nutrisimu. Salah satu sajian yang bisa kita coba ialah jus mangga yoghurt.


Menurut US Department of Agriculture (USDA) dalam 100 gram mangga terdapat 342 kcal. Mengonsumsi buah-buahan ini dikala berbuka puasa dapat mengembalikan energimu. Mengolahnya menjadi jus, diaduk dengan buah beri dan yoghurt pastinya akan lebih spesial. Lihat resep jus mangga yoghurt yang pernah kita bagikan sebelumnya, ya!



2. Semur ayam, menu buka puasa favorit


Masuk ke menu makan besar, lauk pauk apa yang jadi favoritmu untuk berbuka puasa? Salah satu sajian praktis dan enak yang bisa dicoba yakni semur ayam. Proses pembuatannya pun tak meraih waktu satu jam.


Ayam juga mengandung protein dan energi yang bisa jadi andalanmu untuk kembali segar sehabis berpuasa sepanjang hari. Agar lebih sehat, pilih bab dada ayam tanpa kulit, ya! Intip resep semur ayam dan sajikan selagi hangat.


3. Ikan mujair bakar, pilihan penggugah selera


Ikan mujair bakar dengan topping sambal dabu-dabu.
Ikan mujair bakar dengan tambahan sambal dabu-dabu? Semakin yummy! (Foto: Shutterstock)

Selain ayam, kita juga bisa memilih ikan tawar dan salah satunya yaitu mujair. Ikan yang mudah ditemui di pasar tradisional ini mampu digoreng maupun dibakar. Jika galau mengolahnya, lihat saja resep mujair bakar ini.


Untuk menyingkir dari wangi lumpur pada ikan tawar, kita harus membersihkannya dengan maksimal. Jangan hingga ada insang atau jeroan yang tertinggal alasannya adalah mampu menyisakan anyir tak sedap. Gunakan jeruk lemon atau jeruk nipis dikala membersihkannya.


4. Tumis sawi udang, menu aksesori andalan


Tak lengkap rasanya jika membahas hidangan buka puasa tanpa menu sayur. Saat berpuasa, kita membutuhkan asupan serat yang cukup agar pencernaan tanpa hambatan. Ada banyak olahan sayur yang bisa kita buat, dari sayur bening, sop, sampai tumisan.


Jika lebih senang tumisan, kami mengusulkan tumis sawi udang yang praktis ini. Sawi cenderung lebih mudah matang. Agar rasanya tidak dingin, tambahkan udang kupas. Hidangan buka puasa pun jadi semakin Istimewa.


5. Sayur daun kelor, sajian yang sehat


Meski telah lama dikonsumsi penduduk Indonesia, popularitas daun kelor makin booming final-selesai ini. Alasannya tak lain dan tak bukan alasannya adalah kandungan gizinya. Daun kelor bahkan sering disebut sebut sebagai superfood! Ia mengandung vitamin C, potassium, kalsium, dan protein yang tepat untuk menjadi “modal” kita untuk berpuasa.


Ada banyak cara mengolah daun kelor. Salah satu sajian termudah yakni resep sayur daun kelor. Proses menjadikannya hanya butuh waktu sekitar 30 menit saja. Jangan lupa untuk menyajikannya selagi hangat, ya.


Demikian lima sajian buka puasa yang bisa diseleksi untuk bulan puasa tahun ini. Yuk, intip juga menu sahur dan menu iftar lainnya yang tak kalah menggiurkan.