Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Resep Masakan Jawa Timur Yang Legendaris

Masyarakat Indonesia pasti mengenal yang namanya rawon, tahu telur, tahu campur, ataupun lontong balap. Ya, inilah empat di antara sekian banyak kuliner Jawa Timur yang legendaris. Di video kali ini, keempatnya mampu kita pahami cara menjadikannya. Ternyata tidak sesulit itu, kok, dan bahan-bahannya jelas gampang untuk ditemukan.


Nah, tak perlu menanti lebih lama lagi. Simak sedikit dongeng dan keempat resepnya berikut ini!



1. Rawon, masakan Jawa Timur yang khas


Memasak rawon mengharuskan kita untuk mengolah dagingnya biar empuk. Selebihnya, kita perlu mengolah kuahnya agar kian lezat. Siapkan bumbu rawon yang bercampur dengan kluwek sehingga warnanya menghitam. Gunakan Royco Kaldu Sapi dan Bango Kecap Manis biar mengolah masakan menjadi lebih mudah. Hidangkan bareng nasi hangat, siapkan materi pelengkap seperti taoge, dan akhir telah sajian makan yang menggembirakan untuk hari ini!


Berikut ialah resep rawon untuk kamu coba!


2. Tahu campur, favoritnya di waktu malam


Seporsi tahu campur dalam piring putih tengah dinikmati.
Nikmatnya tahu campur yang tersaji hangat! (Foto: MAHI)

Masakan yang umumnya muncul di aneka macam tenda kuliner Jawa Timur di malam hari ini memang istimewa. Berteman baik dengan tetangganya seperti tahu telur ataupun tahu thek. Meskipun hadirnya di malam hari, bukan memiliki arti kamu dilarang menikmatinya di siang hari, lho. Apalagi sebab resepnya gampang untuk diikuti.


Yuk, coba resep tahu campur yang satu ini!


3. Tahu telur, cocok dengan sajian apa saja


Sebuah menu yang sederhana tetapi begitu kaya akan kisah. Apalagi jikalau bukan tahu telur. Bahan-bahannya mudah dicari dan  cara membuatnya sungguh gampang. Serunya lagi, tahu telur selalu cocok dengan banyak sekali kuliner Indonesia lainnya. Rasanya yang enak dan berpadu dengan saus kacang yang dilengkapi Bango Kecap Manis ini memang memanjakan lidah. Bahkan dengan bermodalkan nasi hangat saja, lengkap sudah kebahagiaan yang didapat dari sini.


Simak resep tahu telur a la MAHI berikut ini!


4. Lontong balap, lengkap dengan lentho makin yummy


lontong balap
Menu klasik khas Surabaya ini kaya dengan rasa gurih dan anggun juga pedas. Seru! (Foto: MAHI)

Berbeda dengan kerabat-saudaranya mirip kupat tahu ataupun ketoprak, lontong balap punya beberapa hal yang menjadikannya unik. Salah satunya ialah lentho atau semacam perkedel yang yang dibuat dari singkong dan kacang tolo. Ketika dipadukan, maka lontong balap makin sempurna. Tambahkan sambal ataupun sate kerang, sajian khas Surabaya yang satu ini bakal jadi favorit barumu.


Cari tahu cara mengolah makanan lontong balap, yuk!


Bagaimana keempat resep tadi? Pasti tertantang untuk menjadikannya sendiri di rumah, bukan? Yuk, siapkan bahan-bahannya dan mulai memasak!