Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Resep Kuliner Ayam Fillet Yang Simpel Untuk Keluarga

Masakan ayam fillet jadi salah satu alternatif hidangan praktis di rumah. Kita mampu membelinya eksklusif di supermarket dengan gampangnya. Bahkan bisa juga kita memotong sendiri di rumah. Jika ingin lebih sehat, pilih fillet bagian dada. Tapi, jikalau kau lebih senang tekstur yang juicy dan gurih, pastinya paha menjadi opsi yang sempurna.


Tak hanya mudah dimasak, ada banyak variasi bumbu dan proses masak yang mampu kita aplikasikan untuk fillet ayam. Berikut ini ialah opsi resep kuliner ayam fillet yang pernah tayang di MAHI. Yuk, kita simak satu per satu!


1. Resep ayam teriyaki


Siapa yang tak kenal ayam teriyaki? Makanan khas Jepang ini memang sudah mendunia. Salah satu ciri khasnya ialah memakai daging fillet. Tak hanya tersedia di banyak kedai makanan, hidangan ini juga bisa kamu buat sendiri di rumah.


Meski terkesan Istimewa, cara membuatnya tak terlalu ribet, lho. Fillet ayam kita potong dan balut dengan tepung. Setelah digoreng, kepingan ayam tepung kita tumis lagi memakai bumbu teriyaki. Lihat penjelasan lengkapnya di resep ayam teriyaki ini, ya!


2. Resep chicken popcorn


Chicken popcorn di atas piring kayu dan saus sambal di belakangnya dengan buah lemon dan saus tartar mengelilinginya.
Chicken popcorn, resep yang tepat untuk pemula. (Foto: Shutterstock)

Kamu juga mampu membuat menu yang lebih simpel, ialah chicken popcorn. Sesuai namanya, chicken popcorn berisikan ayam fillet tepung berpotongan kecil-kecil yang bisa disantap dengan sekali suap.


Bagian fillet yang digunakan bisa dada atau paha, sesuai selera. Cara memasaknya tak memerlukan waktu lebih dari satu jam, lho. Lihat resep chicken popcorn yang gampang di sini, hidangkan bersama saus sambal yang lezat.


3. Resep tumis ayam kemangi


Masakan ayam fillet tak senantiasa bercita rasa internasional. Kamu juga mampu membuat olahan fillet ayam dengan kearifan setempat, yaitu dengan memakai kemangi. Langkah pengerjaan tumis ayam kemangi ini seperti dengan resep ayam teriyaki, perbedaannya terletak pada bumbu tumisannya.


Bumbu kemangi terdiri dari rempah khas Indonesia seperti daun salam, lengkuas, dan bawang putih. Rasanya elok pedas alasannya adalah ada pelengkap Bango Kecap Manis dan belahan cabe. Tak sabar ingin menjadikannya? Yuk, simak resep tumis ayam kemangi ini!


4. Masakan ayam fillet pedas


Hasil masak resep ayam pedas saus merah dalam mangkuk dan berlatar kayu serta sumpit.
Resep ayam pedas bersaus kental yang lezat dihidangkan ketika malam maupun siang. (Foto: Shutterstock)

Jika kamu pecinta masakan pedas, resep dengan bumbu pedas ini wajib dicoba. Nah, ayam pedas ini tidak kita lumuri tepung apalagi dahulu. Kaprikornus sehabis dimarinasi, bagian ayam digoreng dulu setengah matang.


Baru setelah itu kita tumis menggunakan bumbu pedas. Agar terasa lebih segar, kau bisa menyertakan perasan air jeruk nipis serta jahe. Lihat resep ayam pedas ini dan sajikan untuk keluarga tersayang!


5. Resep ayam katsu kari


Berbicara ayam fillet tak lengkap rasanya jika tak memasukkan resep ayam katsu kari. Ya, masakan Jepang ini juga menggunakan dada atau paha ayam . Hidangan yang sering timbul di film-film Jepang ini mampu kita buat sendiri di rumah.


Agar bumbunya menyerap sempurna, kita marinasi dulu fillet ayam dengan bumbu. Baru setelah itu kita goreng menggunakan tepung roti. Penasaran ingin membuat kuah kari yang bercita rasa Jepang orisinil? Yuk, intip resep ayam katsu kari satu ini!


Lima kuliner fillet ayam di atas tidak memerlukan waktu usang untuk memasaknya. Jika kamu tergolong newbie di dapur, kamu bisa menjajal resepnya satu per satu. Selamat mengolah masakan!