Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Masakan Khas Makassar Yang Jadi Teman Ketupat Idul Fitri

Kalau berkunjung ke Makassar, pasti saja bawaannya ingin masak. Nah, aku mendapatkan beberapa inspirasi kuliner khas Makassar yang sesuai untuk Idulfitri nanti. Nggak percaya? Coba deh intip 5 kuliner khas Makassar yang pas jadi sobat ketupat Idulfitri.


Coto Makassar


Ada yang tahu perbedaan soto dengan coto? Kalau ‘soto’ yang dibuat dari daging ‘sapi’, sedangkan ‘coto’ yang dibuat dari daging ‘capi’!


Hahaha.. Jangan dianggap serius ya. Coto Makassar terbuat dari rebusan isi perut sapi yang kemudian diiris-iris lalu dibumbui dengan racikan khusus. Rahasia dibalik kenikmatan semangkuk Coto Makassar terletak pada kuahnya yang konon memakai 39 jenis rempah. Kok banyak banget ya? Selain memberikan cita rasa yang kuat, rempah ini ampuh menetralisir wangi bau jeroan. Untuk hari Lebaran nanti, coba deh sajikan Coto Makassar sebagai teman makan ketupat Idulfitri. Unik dan nggak mainstream!


Pallubasa


Bagi mata orang awam, Pallubasa serupa dengan Coto Makassar. Padahal jelas berlainan! Meski Pallubasa dan Coto Makassar sama-sama memakai daging jeroan, kuah Pallubasa berisi kelapa parut yang telah disangrai sehingga lebih kental dan gurih. Kalau kau jenuh dengan hidangan Opor Ayam atau Rendang, yang satu ini bisa menjadi alternatif yang yummy dikala Idulfitri.


Konro


Kalau berdasarkan Chef, belum sah berkunjung ke Makassar jika belum icip-icip Konro. Masakah berbentukiga daging sapi ini memiliki kuah yang berwarna coklat kehitaman yang berasal dari gabungan aneka rempah-rempah. Biasanya konro disuguhkan dengan dua cara, kuah dan bakar. Kalau Chef sih paling suka yang sup, bumbu kuahnya itu sedap banget! Konro, baik yang berkuah atau bakar, tepat dijadikan sobat makan ketupat Idulfitri.


Pallumara


5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Selain yummy, ikan juga punya banyak protein. Pallumara ini juga tidak sulit menjadikannya. (Foto: Shutterstock)

Kalian para pecinta masakan olahan ikan, yuk merapat! Pallumara yaitu salah satu sajian lokal yang mencuri hati saya. Ikan yang umum digunakan yaitu ikan kakap, tetapi kau juga mampu memakai ikan bandeng atau ikan tongkol. Warna kuning pekat pada kuahnya berasal dari rempah kunyit yang dihaluskan. Selain rasanya yang segar, tepat banget untuk dimakan bareng ketupat Idulfitri.


Mie Titi


5 Kuliner Khas Makassar yang Jadi Teman Ketupat Lebaran
Krenyes-krenyes ketika disantap, Mie Titi ini pas dijadikan sobat makan ketupat. (Foto: Shutterstock)

Wisata masakan aku di kota Makassar diakhiri dengan menyantap Mie Titi yang mirip dengan ifumie yang umum kita peroleh di kedai makanan masakan Cina. Masih berupa mie yang digoreng kering kemudian disiram dengan kuah kental berisi penggalan sayuran, cumi dan udang. Ingin lebih kenyang? Jadikan Mie Titi ini selaku pasangan ketupat Idulfitri ketika makan siang bareng keluarga di Hari Raya nanti.