Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Masak Rendang Asli A La Minang

Ini beliau masakan yang terus menjadi idola baik di negeri sendiri atau di negara lain. Rendang! Kalau sudah ketemu rendang, wah bisa-bisa saya kalap dan menghabiskan tiga piring nasi. Kelezatan rendang memang tidak ada yang mencurigai, tapi hanya sedikit orang yang mampu dan mau mengolah masakan rendang. Kalau ingin tahu tips masak rendang yang asli, yuk ikuti kisah saya berikut ini!


Pertama coba bayangkan dulu deh. Untuk mengolah makanan rendang yang optimal akibatnya, setidaknya kau memerlukan waktu selama delapan jam! Perlu ketabahan dan ketekunan tingkat tinggi untuk kuliner khas Minangkabau ini. Bagi saya, rendang ini ialah kuliner istimewa yang tepat menjadi sajian Idulfitri nanti bersama keluarga tersayang.


Sesuai kesepakatan, saya bagi-bagi ya tips masak rendangnya.


Pilih Bagian Daging yang Tepat


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak semua bab daging sapi cocok dipakai untuk membuat rendang. (Foto: Shutterstock)

Tidak semua bab daging sapi mampu dipakai untuk memasak rendang. Menurut para ahli dan mereka yang berpengalaman puluhan tahun dalam mengolah makanan rendang, bab paha ialah yang terbaik. Kenapa paha sapi? Paha sapi tidak terlalu lunak sehingga tidak gampang hancur saat dimasak.


Bagian daging yang mengandung banyak lemak mirip sandung lamur juga sebaiknya tidak kau gunakan. Meski gurih, lemak pada daging akan berkurang atau menjadi keras.


Siapkan Waktu Setidaknya 8 Jam


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Sisihkan waktu kamu setidaknya 8 jam. Tangan kamu juga mesti telaten mengaduknya! (Foto: Shutterstock)

Dari pagi sampai malam terus menunggu dan menanti. Begitulah suka murung mengolah makanan rendang. Makanya, kalau ada seseorang yang akan memasakkan rendang untuk kau, wah pasti dia sayang banget sama kamu!


Meski berlainan, banyak orang yang membandingkan rendang Minangkabau dengan rendang Malaysia. Karena diolah selama 8 jam, rendang Minang bertekstur kering dan gula dalam santan menjadi terkaramelisasi dengan bumbu-bumbunya. Saking lamanya, warnanya malah menjelma hitam. Rendang Malaysia di sisi lain lazimnya berwarna kemerahan dan lebih berair.


Masak Daging Terlebih Dulu


Menjaga tekstur daging untuk tetap utuh ialah salah satu tantangan tersulit dalam mengolah makanan rendang. Tips memasak rendang lainnya yang aku peroleh pribadi dari orang Minang adalah menggoreng daging apalagi dulu sebelum mencampurnya dengan bumbu rendang. Ingat, tidak perlu memakai minyak, cukup menggunakan panci anti lengket dan masak hingga permukaan daging berwarna kecokelatan.


Potong Daging dengan Ukuran yang Pas


4 Tips Masak Rendang Otentik ala Minang
Tidak terlalu kecil, juga tidak terlampau besar. Ukurannya harus pas! (Foto: Shutterstock)

Kesalahan yang paling sering dilakukan ketika mengolah masakan rendang ialah memotong daging terlalu kecil atau terlalu besar. Ada satu tips masak rendang suplemen nih. Jika tidak pede dikala memotong daging semestinya minta potongkan terhadap tukang daging. Jika ukuran daging kau terlalu kecil maka akan hancur dikala proses mengolah makanan. Jika terlalu besar, akan lebih lama matang dan kurang mempesona saat disuguhkan.


Jangan lupa cek resep rendang ataupun dendeng balado mudah dari saya yang bisa kau coba di rumah!