Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kreasi Masak Telur Di Microwave Yang Praktis Buat Anak Kost

Buat kau yang bahagia mengolah masakan, program masak telur dengan kompor telah biasa. Tapi, pernah terpikir untuk masak telur di microwave, nggak? Berhubung perlengkapan elektronik ini kini lebih praktis dan gampang dibeli di department store, tidak ada salahnya kamu mencar ilmu cara mengoptimalkan penggunaan alat pemanas kuliner yang satu ini.


Kalau kau ingin tahu cara kerja microwave, gelombang mikro yang dipancarkan melalui kuliner membuat molekul air bergerak cepat dan saling bertumbukan sehingga menciptakan panas. Singkatnya, pematangan dimulai dari dalam masakan menuju luar. Nah, jika kau merasa selama ini microwave di daerah kos atau kantor nganggur, coba aja iseng-iseng masak telur di microwave. Tidak punya banyak waktu? Cukup luangkan beberapa menit, dan kau telah mampu menikmati beberapa hidangan serba telur lezat mirip ini. 


Eggs Benedict


Eggs Benedict biasa ditemukan di restoran yang memasarkan sajian sarapan khas Barat. Untuk resep ini kau memerlukan telur segar, mayonnaise, Dijon mustard, air perasan lemon, garam, dan lada secukupnya. Kamu cuma perlu tiga langkah untuk merencanakan resep ini!


Langkah pertama, campur mayonnaise, air perasan lemon, dan mustard di mangkuk kecil, kemudian sisihkan. Langkah kedua, masukkan telur ke dalam mangkuk tahan panas, lalu masukkan air sebanyak sepertiga gelas. Tutup mangkuk dengan piring tahan panas. Masak telur di microwave selama 35 detik hingga 1 menit, tergantung selera kau. Jangan lupa untuk menusuk kuning telur berulang kali dengan garpu terlebih dahulu agar telur tidak meledak di dalam microwave. Langkah terakhir, hidangkan telur bersama saus.


Broccoli quiche


masak telur di microwave
Makin nikmat alasannya ada keju mozzarella yang gurih. (Foto: Shutterstock)

Quiche, sajian yang lebih dahulu populer di Inggris ini adalah salah satu hidangan sarapan yang paling nggak ribet buatnya. Untuk resep ini kamu membutuhkan telur segar, brokoli yang sudah direbus, keju mozzarella, susu, bawang bombay, garam dan lada seperlunya. Cara menjadikannya: kocok telur bersama susu, bawang bombay, garam dan merica. Lalu, tuang adonan telur ke dalam gelas atau mangkuk tahan panas. Masukkan broccoli dan keju mozzarella, ratakan. Masak dengan microwave selama 3 menit lalu angkat.


Green pepper scrambled eggs


masak telur di microwave
Telur orak-arik ini semakin elok dengan penggalan paprika. (Foto: Shutterstock)

Masak telur orak-arik di microwave? Ternyata lebih gampang dari yang sebelumnya kubayangkan! Untuk resep ini, kau membutuhkan telur segar, paprika hijau, susu, Royco Kaldu Ayam, dan merica. Cara membuatnya: Masukkan telur ke dalam mangkuk tahan panas bareng paprika hijau, susu, setengah sendok teh Royco Kaldu Ayam, dan merica. Kocok telur hingga rata. Masak telur di microwave selama 90 detik, dan kocok telur setiap 30 detik agar telur tidak menggumpal.


Chawanmushi Seafood


masak telur di microwave
Teksturnya lembut dan meleleh di ekspresi. (Foto: Shutterstock)

Nah, jika resep chawanmushi ini terinspirasi dari kegemaran aku makan di restoran Jepang. Untuk resep ini kau membutuhkan kaldu ayam, telur, jamur shitake, udang kupas, daun bawang, garam dan lada. Cara membuatnya: Campur telur dengan air kaldu, aduk, kemudian saring agar akhirnya lembut. Masukkan adonan telur ke dalam mangkuk tahan panas. Setelah itu, masukkan penggalan udang dan jamur shiitake, serta tambahkan daun bawang ke dalam mangkuk. Siram dengan sisa air kaldu. Terakhir, masak dengan microwave selama 40-50 detik. Sajikan hangat-hangat. Hmmm…


Potato frittata


Kali ini kita terbang ke negara Italia untuk sarapan frittata! Untuk menu ini, kamu memerlukan telur, kentang kukus, bawang putih, bawang bombay, bayam cincang, keju mozzarella, air kaldu, Royco Kaldu Ayam dan lada.


Cara membuatnya: tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, aduk dan sisihkan. Di mangkuk besar, masukkan air kaldu, bayam dan kentang tumbuk. Aduk hingga rata kemudian bumbui dengan satu sendok teh Royco Kaldu Ayam dan lada. Masukkan tumisan bawang dan kocokan telur, aduk semua materi kembali sampai rata. Setelah semua tercampur, masak dengan microwave selama 2-3 menit lalu sajikan selagi masih hangat.  


Dijamin sesudah mengetahui lebih banyak food hack untuk memasak dengan microwave, kamu tidak lagi membiarkan barang elektronik rumah tangga yang satu ini menganggur. Simak terus resep-resep mudah dan tip mengolah makanan yang lain ya.