Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Masak Sayur Semoga Anak Doyan Makan

Pilih-pilih kuliner yaitu fase wajar di masa tumbuh kembang bawah umur. Selama kita tidak menyerah dan terus menghidangkan sajian masakan yang beragam, lambat laun belum dewasa bisa menggemari apa yang tersaji. Berikut aku pilihkan 4 kiat masak sayur supaya anak doyan makan.


1. Ajak satria kecilmu untuk memasak


Namanya juga anak kecil, bawaannya selalu penasaran akan apa yang ibunya lakukan di dapur. Nah, ajak mereka untuk menyaksikan atau membantu mempersiapkan hidangan di rumah. Menurut beberapa jago, si kecil telah lebih aman ikut ke dapur ketika sudah berumur di atas dua tahun.


Agar si kecil lebih semangat, berikan peran yang mudah tetapi terlihat mengasyikkan mirip mencuci sayur, memeras jeruk, atau memasukkan bahan-materi ke dalam panci. Semuanya mesti dijalankan di bawah pengawasanmu. Kalau masih cemas, minta mereka untuk menolong menyiapkan makanan saja dulu. Ajari cara menyusun dan menata peralatan makan serta hidangannya di atas meja.


2. Sulap sayur menjadi smoothie


tips masak sayur
Manis dan segar, si kecil tidak akan menduga bila smoothies ini yang dibuat dari sayur. (Foto : Shutterstock)

Susah membujuk anak untuk menyukai sayuran? Bagaimana kalau menciptakan smoothie? Sajian penuh vitamin dan nutrisi ini cocok untuk anak. Dengan membuat smoothie yang bagus dengan berbagai pilihan warna, si kecil bakal semangat menyantap sayuran dan buah-buahan tanpa pakai acara mogok makan.


Untuk kreasi smoothie yang enak, padukan yoghurt atau susu dengan pecahan buah dan sayur yang apalagi dahulu telah dibekukan agar tidak perlu menyertakan es watu lagi. Selain itu, kau bisa mengombinasikan pisang, nanas, bahkan bayam.


3. Kreasikan menu sate sayur


tips masak sayur
‘Rakit’ sate dengan pilihan sayur yang mereka suka. (Foto: Shutterstock)

Anak-anak gampang jenuh dengan sesuatu yang berulang-ulang. Mereka lebih kesengsem untuk memakan kuliner yang tampakmenarik dan unik. Di sinilah kreativitas kamu diharapkan! Salah satu kreasi makanan mempesona namun sehat dan bergizi yaitu sate sayur. Kamu mampu ‘merakit’ cuilan sayuran mirip zucchini, paprika, tomat, jagung, dan brokoli yang lalu disatukan oleh tusukan sate. Voila! Hasilnya terlihat mirip sate warna-warni yang cantik.


4. Buat saus celupan yang seru


tips masak sayur
Sajikan sayuran dengan lelehan keju seperti fondue. (Foto: Shutterstock)

Makan sayur tidak mesti membosankan, kau mampu mencontoh kiat masak sayur dengan mengikuti tren kuliner yang sedang diminati oleh anak-anak. Coba aplikasikan konsep tersebut dengan materi-materi yang ada di rumah.


Salah satu contohnya adalah tren kuliner yang dihidangkan dengan saus lelehan keju alias fondue. Tidak cuma cara ini akan menciptakan si kecil mau makan sayur, pengalaman makan mereka juga akan menjadi menyenangkan.


Butuh wangsit-ilham keren lainnya? Yuk, simak artikel 7 Cara Memasak Brokoli Jadi Menu Kesukaan Anak berikut ini!