Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Masak Ayam Tanpa Minyak Untuk Hidup Lebih Sehat

Masakan yang serba digoreng memang enak, tetapi kadar lemak dan kolesterolnya itu bisa tinggi banget! Menggoreng memang yaitu satu metode mengolah makanan yang paling gampang. Tapi demi mempertahankan kesehatan kamu dan keluarga, ada baiknya kau mendengarkan5 kiat masak ayam tanpa minyak berikut ini. Makan lezat tidak harus mengorbankan kesehatan kok sahabat-sahabat.


1. Memasak menggunakan rice cooker


tips masak ayam
Kamu belum sah jadi anak kost, kalau belum memiliki rice cooker! (Foto: Shutterstock)

Alat masak yang satu ini wajib dimiliki siapapun meski tidak memiliki dapur sama sekali. Banyak orang yang terkejut ketika mengenali bahwa rice cooker mampu mengolah makanan aneka kuliner dengan mudah tanpa minyak sedikit pun! Terlepas dari namanya, rice cooker bisa dipakai untuk mengolah kuliner mulai dari ayam, daging, sayur, hingga kudapan manis.


Memasak ayam tanpa minyak dengan rice cooker akan membutuhkan waktu antara 1-2 jam. Kalau bosan menunggu, lebih baik lagi kalau kamu mengolah makanan di malam hari saja agar bisa dikonsumsi untuk sarapan. Mudahnya mengolah masakan memakai rice cooker mirip dengan mengolah makanan nasi — masukkan saja semua bahan dan tekan tombol ‘Cook’. Tinggal tunggu deh kuliner jadi matang.


2. Menumis tanpa minyak


tips masak ayam
Ingin hidup tanpa minyak? Kalau kamu inovatif, bisa kok! (Foto: Shutterstock)

Teknik mengolah masakan yang satu ini telah semakin bersahabat di pendengaran orang Indonesia. Sautéeing atau menumis dengan memakai sedikit bahkan tanpa minyak bisa dijalankan dengan bermodalkan wajan dan api besar. Kalau kau mengajukan pertanyaan, memangnya bisa menumis tanpa minyak? Bisa! Kuncinya adalah mengganti minyak dengan air biasa atau air kaldu. Jangan lupa tekun-rajin mengaduk masakan kamu secara terjadwal agar tidak cepat gosong.


3. Membuat pepes ayam


Yang satu ini yaitu cara mengolah makanan tradisional Indonesia yang menggunakan teknik mengukus. Tips masak ayam ini dijamin lebih enak sebab ayam dibalut memakai beragam rempah khas Indonesia. Ayam kemudian dikemas dengan daun pisang kemudian dikukus. Selain menjadi wangi dan rasa lebih meresap, teknik mengukus ini menjaga keutuhan nutrisi ayam yang lazimnya hilang alasannya adalah proses penggorengan atau pemanggangan.


4. Memanggang ayam


Zaman kini, teknik memasak dengan cara memanggang biasanya cuma memakai oven. Cara ini tidak membutuhkan minyak atau air sebagai medium perpindahan panas. Selain cara mengukus yang tadi aku jelaskan, ayam yang sudah dibumbui mampu dimasak saja apalagi dulu dan lalu dibungkus daun pisang. Selanjutnya kamu mampu panggang memakai grilling pan ataupun wajan anti lengket saja. Selain lebih yummy, dapat juga rasa smoky-nya!


5. Mengganti minyak dengan materi lain


tips masak ayam
Meski rasanya elok, pure apel tidak akan mengganti rasa kuliner kau. (Foto: Shutterstock)

Banyak yang tampaknya susah lepas dari betapa vitalnya minyak goreng dan mentega dalam keseharian kita. Padahal bantu-membantu ada alternatif-alternatif lainnya yang lebih sehat, mirip:



  1. Puree apel

    Pure apel dibuat dari apel yang direbus dan dihaluskan. Pure apel ini memiliki tekstur seperti dengan mentega yang dilelehkan. Rasanya yang cukup ringan tidak akan banyak memengaruhi rasa kuliner yang kamu masak.

  2. Puree pisang

    Pisang matang yang dihancurkan juga cocok dijadikan pengganti minyak atau mentega. Gunakan ¾ cangkir puree pisang untuk setiap 1 cangkir minyak.


Setelah menguasai kiat masak ayam tanpa minyak tadi, tentu kamu ingin coba resep-resep dariku yang lain bukan? Untuk sajian sehat lainnya, saya sarankan untuk menjajal juga resep sup ayam bening. Selamat mengolah masakan!