Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Masak Semur Jengkol Tanpa Busuk

Jengkol oh jengkol, makanan rakyat yang satu ini mengakibatkan dilema tersendiri bagi yang ingin menyantapnya. Dibalik rasanya yang sedap, jengkol dikenal akan baunya yang menyengat. Jangan ciut dulu, Chef Panji punya 5 cara masak semur jengkol tanpa anyir. Sekarang, tidak usah takut bau lagi!


1. Pilih jengkol yang sempurna


cara masak semur jengkol
Semakin mulus, kualitas jengkol semakin baik. (Foto: Shutterstock)

Ada pepatah yang mengatakan, “Jangan menganggap orang dari performa luarnya saja”. Nah, hal ini tidak berlaku dikala kamu memilih jengkol. Justru penampilan luar memilih semuanya!


Jengkol yang berkualitas memiliki kulit mulus bebas lubang. Selain itu, bentuk jengkol juga ikut menghipnotis rasa. Di pasaran kau akan menemukan dua bentuk — lingkaran dan gepeng. Saya sarankan pilih jengkol dengan bentuk bundar, karena biasanya jengkol jenis ini tidak pahit dan gampang dihilangkan baunya.


2. Rendam jengkol dalam air es


cara masak semur jengkol
Sebelum direndam, kuliti dan belah jengkol menjadi dua bab. (Foto: Shutterstock)

Berbeda dengan cara mengolah buah atau sayur pada umumnya, jengkol membutuhkan sedikit perhatian ekstra. Salah satu cara masak semur jengkol tanpa amis yaitu dengan merendam jengkol dalam air sebelum dimasak.


Pertama, basuh bersih dan kupas jengkol kemudian belah menjadi dua bab. Rendam jengkol di dalam mangkuk berisi air dan es semalam suntuk. Saat akan diolah, tiriskan kemudian cuci sampai bersih. Cara ini akan membantu memininalisir busuk jengkol tanpa mengganti rasanya.


3. Rebus dengan daun jeruk purut


Kamu punya pohon jeruk purut di rumah? Ambil setidaknya tiga atau empat lembar, cuci bersih, dan rebus bersama jengkol yang sudah dibelah. Daun jeruk purut tidak cuma enak dijadikan adonan rempeyek, tapi juga cocok untuk menghilangkan busuk jengkol yang biasanya “betah” bersarang di lisan.


4. Gunakan air beras


cara masak semur jengkol
Rebus jengkol dalam jumlah yang banyak lalu masukkan ke dalam freezer agar mampu kamu pakai di lalu hari. (Foto: Shutterstock)

Tidak punya daun jeruk purut? Jangan cemberut dahulu, masih ada alternatif yang mampu kamu temukan di dapur. Selain cara yang tadi, kamu mampu merendam jengkol dengan air bekas cucian beras. Tapi dengan cara ini, kamu membutuhkan waktu setidaknya dua sampai tiga hari untuk menghilangkan bau jengkol. Oleh alasannya adalah itu sekalian rendam jengkol dalam jumlah yang agak banyak. Setelahnya, persediaan lebihnya mampu kamu simpan dalam freezer untuk dimasak lain waktu.


5. Rebus dengan daun jambu


Cara lainnya untuk menetralisir wangi jengkol ialah dengan memakai daun jambu batu. Daun yang satu ini diketahui ampuh menetralisir wangi verbal yang kurang sedap, jadi tak aneh kalau mampu dipakai untuk menghemat bacin khas jengkol. Bersihkan dan belah jengkol kemudian rebus bareng empat atau lima lembar daun jambu biji selama sekitar 1 jam atau sampai jengkol lunak.