Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aneka Tajil Tanpa Santan Untuk Buka Puasa

Bulan puasa yaitu bulannya kita bisa mengkonsumsi makanan lezat sesudah seharian menahan haus dan lapar. Hidangan bukaan di bulan ampunan biasanya lebih Istimewa dan banyak macamnya. Dimulai dari es campur, es teler, kolak, cendol, dan sebagainya. Khusus kamu yang doyan makanan bersantan, ‘rem’ dulu hasrat ini, ingat santan mampu mengakibatkan kolesterol, lho! Berikut aku bagi 5 aneka tajil tanpa santan untuk buka puasa.


Asinan Betawi


Di tengah gempuran aneka takjil serba kekinian yang menghiasi lini era media umum kita, masakan lokal seperti asinan Betawi tetap masih banyak penggemarnya. Mirip dengan asinan yang lain, asinan Betawi ini terbuat dari aneka sayuran yang disajikan dengan guyuran saus kacang yang khas. Kuah dari asinan Betawi ini menyimpan sensasi pedas, asin, cantik, dan asam.


Karena tidak menggunakan santan, masakan ini kondusif dimakan untuk seluruh anggota keluarga. Abang-abang penjual asinan Betawi keberadaannya memang mulai langka, namun kau bisa dengan mudah membuatnya di rumah. Untuk menciptakan asinan Betawi kamu memerlukan: selada, sayur asin, tauge, tahu, mentimun, kacang tanah, mie kuning, air, gula merah, kacang tanah goreng, cabai merah, cabe rawit, udang kering sangrai, cuka, dan garam.


Cara membuatnya:



  1. Rebus gula merah bareng air sampai mendidih dan gula larut.

  2. Tambahkan bumbu yang sudah dihaluskan (kacang tanah, cabe merah, cabai rawit, ebi sangrai, cuka, dan garam). Rebus sampai mendidih. Dinginkan.

  3. Tata aneka sayuran dan tahu yang sudag dipoting di dalam mangkuk. Siramkan bumbunya.

  4. Langkah keempat, sajikan bersama kerupuk, mie kuning, dan taburan kacang goreng.


Puding Matcha


aneka takjil
Sajikan bareng anko (pasta kacang merah) dan kinako (abu kacang kedelai). (Foto: Shutterstock)

Di gerai-gerai kopi ibu kota, minuman berbasis matcha masih menjadi top seller. Perpaduan rasa cantik dan sedikit pahit dari matcha justru membuatnya mudah berpadu dengan aneka tajil atau resep kuliner. Pernah menjajal lezatnya puding matcha? Tekstur puding yang halus dan lembut dengan rasa pahit-elok dapat menjadi pilihan menu tajil saat berbuka puasa. Untuk menciptakan puding matcha kamu membutuhkan: debu semoga-supaya, abu matcha, susu cair, gula pasir dan sedikit garam.


Berikut ketiga langkah membuatnya:



  1. Larutkan abu matcha dengan beberapa sendok air hangat. Sisihkan.

  2. Masak susu bersama semoga-biar, garam, dan gula dengan api kecil. Terus aduk dengan kecepatan konstan agar susu tidak pecah. Setelah mendidih, masukkan larutan matcha dan masak kembali hingga mendidih.

  3. Masukkan campuran ke dalam cetakan dan dinginkan di dalam lemari es.


Kembang Tahu Kuah Jahe


Aneka takjil
Sajikan bersama bagian kacang pistacchio untuk performa yang lebih manis. (Foto: Shutterstock)

Jajanan yang satu ini menyimpan nostalgia era kecil bagi kau yang hobi jajan. Kembang tahu yang lembut disuguhkan bersama siraman kuah gula merah yang dimasak bersama belahan jahe. Hangat dan bikin tenggorokan adem! Untuk membuat takjil ini kamu membutuhkan: susu kedelai, abu supaya-agar, jahe, gula merah, air, daun pandan dan garam.


Berikut adalah langkah-langkah membuatnya:



  1. Masak kembang tahu. Kemudian masukkan susu kedelai, semoga-semoga, dan sedikit garam di dalam panci dengan api rendah. Masak sampai mendidih. Tuang ke dalam mangkuk dan dinginkan.

  2. Masak kuah jahe. Siapkan air di dalam panci, kemudian masukkan gula merah, jahe, daun pandan, dan sedikit garam. Masak sambil terus aduk-aduk hingga mendidih. Dinginkan kemudian saring kuah.

  3. Sajikan kembang tahu bareng kuah jahe.


Smoothie Bowl


aneka takjil
Sebelum disantap, wajib foto dulu! (Foto: Shutterstock)

Dari semua aneka tajil kekinian, kau belum resmi menjadi anak millennial jika belum mencoba smoothie bowl! Hidangan yang sedang nge-musim ini selain sehat juga estetik dan instagrammable.


Yuk, kita buat smoothie bowl dari buah naga! Untuk menciptakan tajil ini kamu memerlukan: buah naga, pisang, susu kedelai, air kelapa. Haluskan seluruh materi ke dalam blender dan hidangkan di dalam mangkuk. Hiasi smoothie bowl dengan aneka buah atau kacang-kacangan sesuai cita-cita kau.


Es Buah Selasih


Yang segar-segar tidak selalu sulit dibuatnya kok. Misalnya es buah selasih yang satu ini. Untuk ini kamu membutuhkan: buah melon, pepaya, kelapa muda, biji selasih, sirup dan air.


Cara menjadikannya:



  1. Potong-potong buah dalam bentuk menawan sesuai selera kamu.

  2. Masukkan sirup ke dalam gelas. Masukkan bagian buah bareng kelapa muda dan selasih. Tuang air masbodoh dan es watu. Aduk dan hidangkan.


Selesai telah beberapa pandangan baru untuk aneka tajil tanpa santan dariku. Jangan lupa untuk cek resep-resep dan bumbu-bumbu yang sudah kubagi juga ya. Semoga jadi ide untukmu!