Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan Yang Bisa Ditiru Menjelang Simpulan Bulan

Berbeda dengan pada umumnya orang Indonesia, orang Korea punya kebiasaan keren yang menciptakan mereka lebih mudah menabung. Yuk simak dan tiru 6 kebiasaan makan orang Korea Selatan yang bisa ditiru menjelang selesai bulan.


Awal bulan memang paling cocok dirayakan dengan makan siang di mall bersama sobat-sobat kantor. Mau makan apa dan di mana? Bebas, kan gres gajian. Dompet masih ‘gendut’ jadi aman-aman saja mau makan mahal sekali pun. Kebiasaan makan di luar ini biasanya akan terus berlanjut sampai beberapa hari ke depan, sesudah itu dompet mendadak kempes dan kau tidak mempunyai sisa duit untuk menabung.


Jadi, mau tahu belakang layar orang Korea Selatan yang bisa kau tiru semoga gampang menabung dan gak pernah cekak lagi? Berikut yakni kiat-kiatnya.


Lebih menentukan masakan setempat


Sama mirip di Indonesia, di Korea Selatan, masakan yang bernuansa western biasanya lebih mahal dibandingkan masakan lokal. Berdasarkan kebiasaan makan orang Korea, mereka lebih memilih makan di restauran atau tempat makan yang menghidangkan masakan lokal. Di Korea, satu pizza mampu menghabiskan sekitar 30.000 won dan sirloin steak sekitar 50.000 won. Lumayan mahal kan? Apalagi kalau jumlah ini kau konversikan ke dalam rupiah, niscaya eksklusif bikin sesak nafas.


Perbanyak makan ayam dibandingkan daging


6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Ayam Goreng Korea rasanya tidak kalah lezat dengan hidangan olahan daging. (Foto: Shutterstock)

Di Korea Selatan, kau bisa menemukan aneka masakan ayam, baik di resto fast food atau kedai makan sederhana. Mengingat harga kuliner olahan daging lebih mahal dibandingkan masakan olahan ayam, orang Korea lebih memilik untuk memakan ayam sebagai lauk makan mereka.


Memasak Sendiri


Kebiasaan makan orang Korea berbanding lurus dengan cara mereka mengurangi uang. Menabung di Korea yakni hal yang penting, bahkan mereka punya Hari Tabungan Nasional yang tertera di kalendar tahunan. Untuk orang Korea, makan di luar ada saja yang harganya terjangkau, tetapi akan lebih hemat biaya bila memasak dan makan sendiri di rumah.


Banchan


6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Percaya nggak bila kamu mampu makan Banchan sebanyak ini gratis! (Foto: Shutterstock)

Kalau kamu pernah makan di restoran Korea, pasti tidak gila lagi dengan yang satu ini. Banchan yakni bermacam-macam masakan pendamping yang mampu diisi ulang secara gratis. Kalau kau berkunjung ke Korea Selatan bareng sobat dan ingin berhemat, jangan aib-aib untuk meminta banchan yang banyak!


Tidak Doyan Nyemil


6 Kebiasaan Makan Orang Korea Selatan yang Bisa Ditiru Menjelang Akhir Bulan
Kamu umumnyemil gorengan? Orang Korea Selatan lebih menentukan buah dibanding gorengan! (Foto: Shutterstock)

Selama ini kita nyaris tidak pernah melihat orang Korea Selatan yang kelebihan berat tubuh. Rata-rata mereka mempunyai bentuk badan yang langsing dan ideal. Rahasianya? Kebanyakan dari mereka makan tiga hari sekali dan jarang nyemil. Kalau pun nyemil, mereka lebih senang makan buah atau segelas kopi. Selain itu, mereka juga terbiasa jalan kaki loh. Biarpun Indonesia panas, sempatkanlah jalan kaki supaya lebih sehat.


Lebih Memilih Air dari Soda


Minum soda sih boleh-boleh saja, tapi kalau dalam satu hari kamu minum satu kaleng soda, berapa rupiah yang kamu habiskan dalam satu tahun? Orang Korea lebih menggemari air putih dibandingkan soda karena selain lebih sehat, harganya lebih murah. Air putih juga menjadi rahasia dibalik kulit orang Korea yang mulus dan higienis. Soda pasti mengandung banyak gula. Nah kalau dikonsumsi terlampau banyak, gula akan menyebabkan penuaan dini. Kamu tidak mau renta terlalu cepat kan?


Siap mencoba gaya hidup baru yang sehat mirip orang Korea? Bisa juga dengan mengawali dari masak bermacam-macam menu sehat di rumah ataupun mencoba kiat-tips gaya hidup sehat yang lain. Selamat menjajal !