Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Jadi Tuan Rumah Jago Saat Jamuan Makan Lebaran

Setelah 30 hari berpuasa, tibalah hari yang sungguh dinanti-nantikan untuk berkumpul bareng keluarga besar. Acara jamuan makan Idulfitri akan menjadi momen yang berarti sepanjang tahun, apalagi jika dipersiapkan dengan niat lapang dada dan terpola.


Berani dong tahun ini untuk mengajukan diri dan berkata, “Saya siap menjadi ketua panitia halal bihalal Lebaran!” Kapan lagi kamu mampu menguji kemampuan berorganisasi sekaligus mengajak keluarga merasakan hasil jerih payahmu memasak di dapur — walaupun itu baru sebatas masak mi yamin jamur dan ayam goreng saus mentega.


Tim MAHI telah menyusun beberapa poin penting yang pastinya bisa segera kamu praktekkan:


Perencanaan hidangan jamuan makan Lebaran


jamuan makan lebaran
Rencanakan menu semenjak dini supaya persiapan Idulfitri lebih gampang. (Foto: Shutterstock)

Makanan Idulfitri khas di Indonesia sangat dikenal dengan kuliner-masakan berkuah, seperti opor ayam, Kari Kentang, Tahu Cabe Ijo, sampai Semur Daging. Tak hanya itu, hidangan-sajian ini biasanya didampingi dengan sambal goreng ati, acar, beraneka kerupuk, atau pun ketupat dan lontong. Ini artinya, kamu juga perlu merencanakan makanan pelengkap serta kondimen yang hendak dicari orang ketika makan, mirip sambal kecap.


Selebihnya yang perlu dipikirkan untuk jamuan makan Idulfitri ialah sajian pencuci mulut. Kue Lebaran hingga dessert kekinian kini bisa mudah dibeli sehari sebelum hari raya. Variasi mirip pillow cake khas Jepang atau pencuci lisan khas Indonesia seperti cendol atau bahkan nastaar tetap akan dicari-cari. Dengan memadukan antara masakan Indonesia yang telah menjadi semacam tradisi dan cemilan terbaru yang sering menciptakan orang ingin tau alasannya antrian kasirnya senantiasa panjang, kau mampu menghibur tamu dari segala umur.


Jika merasa sedikit tertantang, pilih saja satu atau dua dari beberapa hidangan yang telah kau pastikan untuk kau masak sendiri.  MAHI sudah mempersiapkan banyak video dan resep kuliner yang bisa eksklusif kamu praktekkan, di halaman resep.


Estetika penyuguhan makanan


Satu hal yang kadang terlewat sehabis antisipasi makanan adalah gaya penyajiannya. Padahal, bekerjsama kita mampu melaksanakan sedikit usaha untuk membuat tampilan visual kuliner terlihat lebih menawan dan memberikan nilai tambah disamping rasanya yang yummy. Bangga kan, kalau tampilan hidanganmu terlihat manis dikala nampang di halaman Instagram sepupu atau tantemu yang berjiwa hipster.


Berhubung sajian Idulfitri beragam — dan secara umum dikuasai berkuah, MAHI sarankan sih kamu sudah mempersiapkan meja makan panjang yang ditutupi oleh table runner berwarna gelap atau memberi ganjal semacam taplak bambu semoga acara cuci-mencuci seusai program menjadi lebih gampang seandainya terjadi pertumpahan kecap di kawasan. Dekorasi khas Idulfitri mampu kamu pakai untuk mewarnai rumah sekaligus meja makan, contohnya daun janur, bunga segar, lampu hias, dan lain sebagainya.


Seandainya kau malas mencuci piring, gelas dan perlengkapan makan setelah acara final, pilih saja peralatan makan dari plastik yang masih tampakberkelas. Kamu juga mampu kok mengundang pasukan pembersih melalui aplikasi mobile seandainya merasa kewalahan.


Pengaturan budget


jamuan makan lebaran
Perencanaan acara yang baik berawal dari pengaturan budget yang tepat. (Foto: Shutterstock)

Perencanaan keuangan yang baik dan tertata akan memudahkan kita dalam mempersiapkan banyak sekali program keluarga. Khususnya untuk jamuan makan Lebaran tahun ini, ada baiknya seluruh keluarga mendiskusikan ihwal pendanaan program serta jumlah yang mesti disumbang per keluarga. Salah satu yang tidak memberatkan adalah dengan menarik iuran bulanan yang dananya juga bisa dimanfaatkan untuk aktivitas silaturahmi yang lain di luar Idulfitri.


Khusus untuk program ini, kamu selaku panitia wajib menyusun perkiraan pengeluaran serta berapa dana yang hendak diharapkan. Setelah itu, kelompokkan seluruhnya dalam skala prioritas dan memutuskan budget. Beberapa hal yang harus diantisipasi contohnya kenaikan harga daging dan penambahan jumlah tamu yang datang. Sebaiknya kau telah menyiapkan budget ekstra untuk hal-hal tidak disangka-sangka mirip ini.


Yang perlu diingat, jangan hingga planning ini memberatkan keluargamu atau keluarga lain. Jadikan Idul Fitri sebagai ajang membuatkan, sehingga dana yang kurang mampu ditutupi dan semua mampu hadir untuk merayakan Lebaran tanpa beban.


Mengadakan aneka macam aktivitas seru


jamuan makan lebaran
Jadikan acara keluarga saat Lebaran seseru perayaan 17 Agustusan! (Foto: Shutterstock)

Tidak salah lagi, ini ialah tugas yang paling menggembirakan untuk jamuan makan Lebaran tahun ini! Coba pikirkan permainan yang sesuai untuk segala usia. Seandainya di lokasi tersedia halaman luas, maka anak-akan mampu dengan mudah diajak berpartisipasi dalam kontes-lomba tradisional, seperti balap karung, makan kerupuk, makan kue, perang pistol air, atau pukul guling di atas kolam renang.


Untuk para akil balig cukup akal, ajak mereka bergabung dalam permainan seru yang menciptakan mereka berpaling dari gadget di tangan Permainan board games, kuis, atau olahraga fisik yang tidak berbahaya bisa menarik minat mereka. Kamu mampu lebih inovatif dengan menyembunyikan grand prize paling spesial dan mengajak seluruh keluarga untuk menemukannya. Intinya, gunakan seluruh imajinasimu supaya program Lebaran tahun ini lebih seru dari tahun sebelumnya.


Semoga wangsit-ide dari MAHI kali ini mampu menciptakan perayaan Idulfitri kamu lebih berkesan. Selamat merayakan Idul Fitri dengan keluarga tercinta!