Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Masak Mie Goreng Khas Nusantara

Sebagai salah satu kuliner pokok orang Indonesia, olahan mie terlihat begitu beragam dari ujung Sumatra sampai ujung pulau Jawa. Belum lagi bila kita berbicara kepopuleran mie di banyak sekali pulau lainnya di Indonesia. Begitu fleksibelnya, mie juga cocok diolah bareng daging, sayur, atau bumbu-bumbu khas Indonesia. Berikut tim MAHI pilihkan 5 cara masak mie goreng khas Nusantara yang mampu dicoba di rumah.


1. Mie Goreng Medan


Tidak berlebihan jikalau Medan sering disebut selaku surganya kuliner lezat. Banyaknya opsi jenis makanan di negeri ini bakal menciptakan siapapun lapar mata. Untuk masakan mie, kota yang satu ini juga mempunyai versi kuah maupun goreng.


Bahan-bahan yang diharapkan: mie kuning, bawang merah, bawang putih, lada, tauge, telur ayam, saus tiram, Kecap Manis Bango, kecap asin, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara menjadikannya:



  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, lada dan tambahkan sedikit Royco Kaldu Ayam.

  2. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus sampai harum, lalu masukkan telur. Aduk sampai rata lalu tambahkan sedikit air.

  3. Masukkan mie, saus tiram, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk sampai rata dan masak sebentar. Terakhir, masukkan daun bawang dan taoge. Jika ingin lebih berkuah, tambahkan sedikit air. Aduk lagi lalu angkat dan suguhkan.


2. Mie Goreng Jawa


cara masak mie goreng
Mie Goreng Jawa ini praktis untuk meredakan lapar tengah malam. (Foto: Shutterstock)

Berkiblat pada versi terbaiknya di Yogyakarta, kini begitu mudah mendapatkan mie godog ataupun goreng di berbagai kota besar di pulau Jawa. Bahkan untuk model “jalanannya”, ribuan gerobak kaki lima meramaikan malam hari dengan mie rebus dan mie goreng beserta sobat-temannya seperti nasi goreng, kwetiau, capcay, dan lain-lain.


Bahan-bahan yang diperlukan: mie telur, sayur sawi, kol, tomat, daun bawang, telur, dada ayam, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, dan bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, kemiri dan lada).


Cara membuatnya:



  1. Rebus mie lalu saring dan tiriskan. Masukkan ke dalam mangkuk dan tuang Kecap Manis Bango seperlunya. Aduk-aduk hingga rata.

  2. Panaskan minyak dan masak telur orak-arik. Angkat dan sisihkan.

  3. Masih di wajan yang sama, tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan sayur sawi, suwiran daging ayam dan daun bawang. Aduk dan masak hingga sayur layu.

  4. Masukkan mie dan telur. Bumbui dengan Royco Kaldu Ayam dan sedikit garam. Masak dan aduk hingga semua materi tercampur rata. Angkat dan sajikan.


3. Mie Goreng Pontianak


cara masak mie goreng
Tambahkan sayur atau tidak, seluruhnya sesuai selera kau. (Foto: Shutterstock)

Selain Tugu Khatulistiwa dan Sungai Kapuas, Pontianak juga diketahui akan karena koleksi masakan lezatnya yang tidak perlu disangsikan lagi. Jika kau berkesempatan mengunjungi Pontianak, tentunya jangan lupa menjajal mie khas dari kota ini. Sementara ini, bolehlah menciptakan dulu di rumah sebelum bertandang ke sana.


Bahan-bahan yang diperlukan: mie telur, bawang putih, kemiri, merica, Kecap Manis Bango, saus cabe, saus tomat, telur, wortel, daun bawang, Royco Kaldu Ayam, dan minyak sayur.


Cara masak mie goreng ini adalah selaku berikut:



  1. Masak mie hingga matang. Tiriskan dan sisihkan.

  2. Haluskan bawang, kemiri dan merica. Tumis bumbu bareng sedikit minyak sampai harum. Masukkan wortel aduk-aduk sebentar, lalu masukkan telur dan masak orak-arik.

  3. Ketiga, setelah telur matang masukkan sedikit air lalu tambahkan Kecap Manis Bango, saus tomat, saus sambal, dan daun seledri.

  4. Masak hingga air agak berkurang lalu masukkan mie. Aduk hingga rata kemudian masak kembali hingga panas. Angkat kemudian sajikan.


4. Mie Goreng Aceh


cara masak mie goreng
Ingin semakin Istimewa? Tambahkan beberapa buah telur puyuh rebus. (Foto: Shutterstock)

Doyan kuliner yang bumbu rempahnya besar lengan berkuasa? Kuliner Aceh mampu menjadi pilihan untuk kamu. Masakan khas Aceh diketahui akan cita rasa khas yang berasal dari paduan aneka rempah-rempah lokal. Mie Goreng Aceh ini jelas salah satunya.


Bahan-materi yang dibutuhkan: mie telur, daging sapi, udang, cumi, sayur sawi, Royco Kaldu Ayam, Kecap Manis Bango, kecap asin, daun bawang, bawang merah, tomat, minyak dan bumbu halus (bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, kunyit, jintan, adas bagus, kapulaga, ketumbar).


Cara membuatnya:



  1. Rebus mie hingga setengah matang, kemudian tiriskan. Campur mie dengan dua sendok makan minyak sayur semoga tidak lengket.

  2. Tumis bawang merah dan daun bawang sampai harum, lalu masukkan bumbu halus. Masak sampai harum.

  3. Masukkan cuilan daging, udang dan cumi. Tumis bersama bumbu dan aduk sampai rata.

  4. Masukkan Royco Kaldu Ayam yang sudah dilarutkan bareng air. Masak hingga mendidih. Masukkan sayur sawi, tomat, Kecap Manis Bango, dan kecap asin. Aduk hingga rata dan masak sampai mengental.

  5. Masukkan mie dan masak sampai kuah mengering. Aduk-aduk terus semoga mie tidak lengket di wajan. Angkat dan hidangkan.


5. Mie Magelangan


cara masak mie goreng
Tampilan Mie Magelangan ini seperti dengan dengan mie goreng mawut. (Foto: Shutterstock)

Cara masak mie goreng selanjutnya cukup unik. Ini dikarenakan Mie Magelangan beda dengan yang lainnya sebab adanya penggunaan nasi! Penasaran bagaimana cara masak mie yang satu ini?


Bahan-materi yang diperlukan: mie kuning, nasi putih, bawang putih, fillet daging ayam, telur, sayur sawi, minyak sayur, Kecap Manis Bango, dan Royco Kaldu Ayam.


Cara masak mie goreng ini yakni sebagai berikut:



  1. Panaskan wajan bersama sedikit minyak sayur. Masukkan ayam, tumis sebentar lalu masukkan bawang putih. Setelah bawang harum, masukkan telur dan masak orak-arik.

  2. Masukkan mie yang sudah direbus, lalu bumbui dengan Royco Kaldu Ayam. Aduk sampai rata.

  3. Masukkan nasi dan Kecap Manis Bango, aduk sampai rata. Masukkan sayur sawi dan daun bawang dan masak hingga sayur layu. Angkat dan suguhkan.


Semakin lengkap bukan perbendaharaan kita akan kekayaan masakan Indonesia yang memakai bahan dasar mie? Selanjutnya, giliran kita mencoba memasaknya bersama-sama di dapur rumah!