Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membuat Salad Sayur Untuk Sarapan Sehat Sehari-Hari

Ada banyak cara membuat salad sayur untuk hidangan sarapan sehari-hari, khususnya bagi kau yang punya misi mulia ingin menyehatkan badan. Berikut aku bagi beberapa formula mudah membuat salad sayur yang mampu kau sesuaikan dengan kebutuhan. Disesuaikan, karena ada kalanya kau ingin menyertakan daging ataupun juga bagi mereka yang vegetarian semoga bisa mencicipinya.


Cara membuat salad sayur sebagai masakan bernutrisi


Pemilihan sayuran dalam menciptakan hidangan salad besar lengan berkuasa pada kandungan nutrisinya. Sedapat mungkin gunakan sayuran organik dan juga segar. Kualitas sebuah produk bergantung pada kesejukan dan ini akan terefleksikan pertama kali dari rasanya. Dengan bahan bermutu, kamu mendapatkan nutrisi sarat dan kenikmatan maksimal dari sebuah masakan – tak terkecuali tentunya salad.


Yuk, simak apa saja salad sayur yang perlu kamu buat akhir pekan ini! Dengan menciptakan masakan bernutrisi, kita akan membantu menjaga nutrisi serta metode imun badan sendiri maupun keluarga tersayang.


1. Caesar Salad Vegetarian


Cara membuat salad sayur Caesar.
Caesar Salad ialah salah satu salad paling berkelas sepanjang periode. (Foto: MAHI)

Cerita asal mulanya yang unik justru mengakibatkan Caesar Salad sebagai salah satu sajian salad sayur yang legendaris. Konon menu klasik ini tercipta alasannya adalah habisnya materi-materi di kedai makanan milik imigran Italia, Caesar Caldini, yang terletak di Meksiko pada tahun 1920an.


Lazimnya, Caesar Salad mempunyai beberapa macam protein hewani, ialah anchovy (sejenis ikan asin), telur rebus, dan ayam panggang serta keju Parmesan. Kalau kamu ingin menjadikannya tanpa komponen hewani, maka cukup merencanakan selada Romaine, minyak zaitun, bawang putih, garam, merica hitam, air jeruk lemon serta pastinya – crouton. Sisanya kau bisa menyiapkan kecap Inggris (Worcestershire Sauce) serta Dijon mustard selaku  dressing-nya.


2. Salad kale mudah


Sebagai superfood kontemporer, kale populer karena nutrisinya yang sangat tinggi. Beruntungnya, sekarang kita makin mudah menemukan kale di berbagai swalayan di Indonesia. Karena bentuknya yang seperti selada, kale juga cocok dijadikan selaku salad bahkan sup dan minuman.


Salah satu formula gampang untuk membuat salad kale adalah dengan memadukannya bersama bawang bombay merah, cuka, gula, minyak zaitun, garam, dan merica hitam. Bila kau tidak keberatan dengan datangnya keju Parmesan, maka gunakanlah sebagai topping.


3. Cara menciptakan salad sayur a la Yee Sang


Cara membuat salad sayur Yee Sang.
Kamu bisa juga berkreasi membuat salad seru seperti yang satu ini! (Foto: Shutterstock)

Sajian Yee Sang lazimnya dirasakan pada permulaan tahun oleh etnis Tionghoa, tetapi dalam kesehariannya bisa saja kamu mencoba memadukan banyak sekali elemennya untuk membuatnya sebuah hidangan sehat. Yang terperinci kamu hanya perlu berepot-repot membeli beberapa bahan hasil cara menciptakan salad sayur ini kian istimewa.


Gunakan materi-bahan seperti lobak putih, paprika merah, wortel, ketumbar, jeruk limau, jahe merah, cabai, kacang, dan biji wijen. Opsional kalau kau mengharapkan hadirnya protein hewani, maka perlu juga menyediakan irisan ikan salmon yang sushi-grade. Aslinya bahkan ada juga penambahan ubur-ubur serta ebi. Siapkan saus buah plum jikalau tak mau repot, sebab aslinya paduan saus untuk Yee Sang jauh lebih bermacam-macam.


4. Salad kacang almond dan quinoa


Inilah beliau perpaduan dua materi yang sangat kekinian. Kita tahu bahwa kacang almond begitu banyak digunakan di aneka macam resep dan bahkan sudah diperas sampai menjadi susu sehat bagi para penganut vegetarian. Sementara quinoa ialah opsi karbohidrat sehat pengganti nasi yang semakin terkenal . Kali ini, keduanya mampu digabungkan dengan apik dan menjadi makanan bernutrisi!


Caranya yaitu masak apalagi dulu quinoa. Kemudian padukan bareng sayuran seperti mentimun Jepang, bayam, brokoli, serta daun rocket atau arugula. Gunakan mentega yang dibentuk dari almond jika ada, atau bubuhan kacang almond yang telah dihancurkan. Tambahkan minyak zaitun serta perasan lemon dan abu cabe untuk rasa sedikit pedas.


5. Salad sayur suka-suka


Cara membuat salad sayur dengan buah apel.
Di lain kesempatan, buatlah salad dengan menggunakan kacang walnut dan buah apel. (Foto: Shutterstock)

Terakhir, kau juga mampu mengkreasikan berbagai materi yang kau miliki atau kau ketahui dengan saus kesukaanmu. Biasanya salad bisa terbentuk dari berbagai macam materi yang tersedia dan pastinya kita telah kian paham apa-apa saja yang perlu dikombinasikan.


Sebagai proposal terakhir, bagaimana bila kamu padukan materi-bahan berikut ini? Siapkan dressing berbentuksaus mayones atau cukup minyak zaitun. Kemudian, gabungkan bareng selada keriting, selada iceberg, tomat, mentimun Jepang, dan jagung cantik. Praktis, bukan?




Jangan lupa bahwa kamu juga mampu mempergunakan resep-resep khas Indonesia selaku cara menciptakan salad sayur yang sehat sekaligus membuat kuliner bernutrisi. Masak Apa Hari Ini pernah menyebarkan resep Gado-Gado, Urap Sayur Manis Pedas, serta Karedok. Rasanya yang nostalgia selalu saja mampu menemani hari-hari kita menikmati pola hidup yang semakin sehat ini!